Comscore Tracker

Selalu Ingat 5 Hal Positif Ini Saat Kamu Merasa Pesimis

#ANGPOIN Karena tak ada gunanya bersedih terlalu lama

Sebagai manusia biasa, tentu kamu berharap untuk memiliki kehidupan yang berjalan menggembirakan dan selalu positif. Namun nyatanya selalu ada saja hal-hal yang merenggut kebahagiaanmu setiap hari dan membuatmu tidak bahagia. Tak jarang hal tersebut akan membuatmu stres hingga depresi.

Merasa sedih memang wajar. Namun jangan memanjakan perasaan tersebut ya. Setiap kali kamu merasa pesimis seakan tak lagi memiliki harapan hidup, cobalah untuk selalu mengingat hal-hal positif di bawah ini.

1. Waktu yang kamu punya

Selalu Ingat 5 Hal Positif Ini Saat Kamu Merasa Pesimispixabay.com/Avi Chomotovski

Kamu tidak akan pernah tahu sampai kapan akan menghuni dunia ini. Oleh karena itu, daripada kamu terburu-buru dalam melakukan segala sesuatu hanya agar tidak ketinggalan dengan yang lain dan membuatmu merasa kalah, mulailah untuk menikmati setiap detik yang kamu punya.

Gunakan waktumu sebaik mungkin untuk melakukan hal positif. Hidup bukanlah kompetisi. Kamu tidak harus sama dengan orang lain. Memelihara pikiran tersebut malah akan membuatmu jadi tambah sedih dan kamu tidak bisa menghargai hidupmu.

2. Hal-hal kecil di hidupmu

Selalu Ingat 5 Hal Positif Ini Saat Kamu Merasa Pesimispixabay.com/Denise Husted

Selain lebih sadar untuk menikmati masa kini, mengapresiasi hal-hal kecil yang terjadi di hidup bisa membuatmu merasa bersyukur dan bahagia. Pikiran pesimis pun akan hilang karena akan timbul keinginan dalam dirimu untuk meraih hal baik lainnya yang tak hanya berguna bagi hidupmu sendiri, namun juga untuk kebaikan dunia yang kamu tinggali.

3. Kualitas dirimu

Selalu Ingat 5 Hal Positif Ini Saat Kamu Merasa Pesimispixabay.com/Sasin Tipchai

Setiap orang yang lahir di dunia ini pasti memiliki kualitas diri yang positif karena tidak ada manusia yang dilahirkan untuk jadi buruk atau jahat. Begitu pula dengan dirimu.

Dengan menyadari bahwa kamu memiliki kualitas diri yang baik, akan timbul rasa percaya diri. Dan hal tersebut akan semakin membuatmu termotivasi untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Sering Pesimis, Pahami 5 Hal Ini Agar Bisa Membangun Rasa Percaya Diri

4. Dukungan orang sekitar

Selalu Ingat 5 Hal Positif Ini Saat Kamu Merasa Pesimisunsplash.com/Alex Holyoake

Saat kamu merasa negatif dan pesimis, ingatlah bahwa ada orang-orang di sekitarmu yang selalu mendukung dan percaya bahwa kamu cukup kuat untuk mengatasi semua permasalahan hidup. Dengan dukungan cinta yang tulus dari mereka, kamu pasti bisa mengalahkan rasa pesimis tersebut.

5. Mimpi yang ingin kamu raih

Selalu Ingat 5 Hal Positif Ini Saat Kamu Merasa Pesimispixabay.com/Shad0wfall

Mimpi adalah alasan paling kuat untuk kembali pada pikiran positif. Ayo, coba ingat lagi daftar hal-hal yang ingin kamu capai. Bayangkan jika kamu berhasil meraihnya, hal itu pasti akan bikin kamu semangat lagi. Jangan buru-buru kubur impian itu.

Demi kehidupan yang lebih baik, memanjakan rasa pesimis sangatlah tidak bermanfaat. Agar kamu tidak larut terlalu lama dengan perasaan tersebut, ingatlah hal-hal positif di atas untuk memotivasimu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Bantu Melawan Rasa Pesimismu, Catat!

Nanik Sulfita Photo Community Writer Nanik Sulfita

Penikmat senja, penyesap kopi, dan penggoreng rengginang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You