Comscore Tracker

5 Hal Pendorong Disiplin yang Harus Kamu Tahu, Modal Orang Sukses!

Cara ampuh agar konsisten disiplin

Disiplin adalah syarat mutlak untuk meraih cita-cita dan kesuksesan di masa depan, karena itu tidaklah mungkin orang yang gak disiplin dan pemalas mendapatkan apa yang dia cita-citakan. Meskipun syarat kesuksesan hanya satu yaitu disiplin, nyatanya menerapkan sifat disiplin secara konsisten bukanlah hal yang mudah, banyak orang yang semangatnya kendur dan kembali lagi ke kehidupan lamanya.

Berikut ini adalah 5 hal yang mampu mendorong kamu memiliki sifat disiplin. Semoga bermanfaat.

1. Menonton video motivasi 

5 Hal Pendorong Disiplin yang Harus Kamu Tahu, Modal Orang Sukses!pexels.com/Andrea Piacquadio

Ini adalah opsi pertama yang harus dilakukan ketika semangat dan kedisiplinan kamu mulai menurun. Jangan tunggu lama-lama, segeralah tonton video-video motivasi yang pas dengan apa yang sedang kamu hadapi. Ada banyak motivator-motivator terkenal yang sudah terbukti mampu menginspirasi banyak orang, beberapa di antaranya adalah: Merry Riana, Ippho Santoso dan Andrie Wongso. Gak hanya di televisi, video-video mereka sangat mudah ditemukan di YouTube, Facebook maupun Instagram.

Dengan menonton video motivasi diharapkan bisa mendorong kamu untuk kembali bersemangat dan bersifat disiplin karena salah satu penyebab tidak disiplin adalah rendahnya motivasi dalam diri. Sudah banyak orang yang hidupnya berubah menjadi lebih baik karena termotivasi. Buktikan sendiri!

2. Sering-sering memikirkan masa depan 

5 Hal Pendorong Disiplin yang Harus Kamu Tahu, Modal Orang Sukses!pexels.com/Andrew Neel

Gak hanya karena faktor eksternal seperti lingkungan, sifat tidak disiplin juga bisa muncul karena faktor internal seperti pola pikir serta prinsip yang kerap berubah. Lalai akan masa depan adalah salah satu penyebab seseorang tidak disiplin, hal ini kerap muncul ketika orang tersebut berada dalam zona nyaman serta memiliki fasilitas yang berlebih. Hal seperti ini akan sangat berbahaya jika selalu dituruti, lambat laun pelan tapi pasti hidupmu akan semakin terpuruk. Gak mau kan hal ini terjadi padamu?

Salah satu pendorong agar kembali disiplin adalah dengan memikirkan masa depan. Dengan memikirkan masa depan, kamu akan termotivasi untuk mewujudkannya. Tidak ada cara lain untuk mewujudkannya kecuali dengan disiplin. Disiplin adalah kuncinya, jangan biarkan kemalasan menyelimutimu!

Baca Juga: 8 Cara Untuk Berubah Menjadi Pribadi Disiplin dalam Kehidupanmu

3. Perbanyak kegiatan fisik dan olahraga 

5 Hal Pendorong Disiplin yang Harus Kamu Tahu, Modal Orang Sukses!pexels.com/William Choquette

Dengan berolahraga maka tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan bersemangat ketika beraktivitas. Dengan begitu, kedisiplinan akan tumbuh. Perlu diketahui! Kedisiplinan sulit untuk tumbuh pada tubuh yang sedang lelah, letih, lesu dan sakit. Karena itu, memperbanyak kegiatan fisik dan olahraga adalah salah satu pendorong sifat disiplin yang manjur. Nggak perlu bayar mahal-mahal untuk pergi ke pusat kebugaran, bersih-bersih rumah juga termasuk olahraga yang dianjurkan.

Bukan hanya mendorong sifat disiplin, banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan jika rajin berolahraga, di antaranya adalah menghilangkan stres dan bikin awet muda. Cobain deh!

4. Berkumpullah dengan orang-orang berkualitas

5 Hal Pendorong Disiplin yang Harus Kamu Tahu, Modal Orang Sukses!pexels.com/Jopwell

Salah satu aspek yang paling mempengaruhi kehidupan seseorang adalah pergaulan. Sekuat apa pun prinsip yang kamu pengang, pergaulan akan tetap mempengaruhimu, karena itu penting sekali untuk memilih pergaulan yang baik. Ketika sifat malas sudah mengendalikanmu, kamu bisa mengembalikan semangat dan kedisiplinan dengan berkumpul dengan orang-orang berkualitas. Diharapkan dengan berkumpulnya dengan orang-orang berkualitas, kamu jadi termotivasi untuk mengikuti perilaku mereka.

Siapa sih orang-orang yang berkualitas itu? Yaitu orang yang disiplin, jelas hidupnya dan layak dicontoh. Berbaurlah dengan mereka, jadikan mereka sahabatmu. Siap?

5. Mengendalikan diri 

5 Hal Pendorong Disiplin yang Harus Kamu Tahu, Modal Orang Sukses!pexels.com/Andrea Piacquadio

Mengendalikan diri bukanlah hal yang mudah, banyak orang yang justru lebih mendahulukan nafsu ketimbang logika. Untuk mengendalikan diri dibutuhkan niat dan tekad yang kuat. Seorang yang sanggup mengendalikan diri akan mendapatkan banyak keuntungan, di antara mampu mengontrol emosi, meninggalkan hal-hal negatif dan hanya melakukan kegiatan positif. Selain itu seorang berhasil mengendalikan diri pasti mampu mengatur waktu dan bersifat disiplin.

Mulailah dengan bersikap tenang yakni tidak tergesa-gesa dalam segala hal, selalu berpikir positif dan jangan lupa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Tetap semangat ya!

Itulah 5 hal pendorong sifat disiplin yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Diri Agar Tidak Mengulang Kesalahan yang Sama 

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Saya seorang remaja yang baru lulus SMK, belum bekerja dan masih minta makan orang tua. Tapi aku bangga!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya