Comscore Tracker

5 Tips Beli Baju Lebaran di Online Shop, Awas Menyesal!

Perhatikan hal ini sebelum memutuskan untuk membeli

Pemerintah resmi melarang mudik libur lebaran dikarenakan pandemi korona yang semakin parah, hal ini tentu saja menjadi kabar buruk bagi kamu yang ingin merayakan momen lebaran di kampung halaman.

Meskipun tidak bisa ngumpul bareng keluarga, kondisi ini diharapkan tidak mengurangi kekhususan dan keseruan perayaan Idulfitri. Karena pandemi korona, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah dan menghindari kerumunan.

Buat kamu yang malas belanja ke pasar karena takut tertular virus korona, berikut ini ada lima tips beli baju lebaran di online shop. Yuk, cek apa saja!

1. Pastikan kamu mengetahui ukuran baju yang pas buat tubuhmu

5 Tips Beli Baju Lebaran di Online Shop, Awas Menyesal!pexels.com

Salah satu kekurangan belanja online adalah tidak bisa melihat dan mencoba barang secara langsung, hal ini menuntut kamu untuk teliti dalam memilih ukuran baju agar tidak kegedean ataupun kekecilan. Terdapat empat ukuran pada baju jenis kemeja yang bisa kamu pilih, berikut penjelasannya: (Lebar Bahu x Panjang Lengan x Lebar dada x Panjang Kemeja).

  • M (44 cm x 21 cm x 52 cm x 74 cm)
  • L (45 cm x 22 cm x 54 cm x 75 cm)
  • XL (46 cm x 24 cm x 56 cm x 78 cm)
  • XXL (50cm x 25 cm x 58cm x 79 cm)

Ini adalah masalah yang serius, kamu harus memastikan ukuran yang sesuai dengan tubuhmu sebelum membeli. Jangan sampai salah karena bakal merepotkan!

2. Pilihlah toko yang memiliki rating tinggi

5 Tips Beli Baju Lebaran di Online Shop, Awas Menyesal!Dok.Pribadi/Sumahir Hidayanto

Kamu akan menemukan banyak sekali toko ketika mencari sebuah produk, dalam hal ini kamu harus memastikan toko tersebut memiliki rating yang tinggi. Hal ini dilakukan untuk memastikan toko yang ingin kamu beli itu terpercaya dan berkualitas produknya.

Hindari membeli produk dari toko yang memiliki rating rendah, tidak konsisten dengan apa yang dijual dan hindari juga membeli produk yang belum pernah terjual sebelumnya.

Bagaimana cara mengetahui rating toko? Hal ini tentu saja berbeda-beda tergantung pada market place yang kamu gunakan. Jangan asal-asalan, ya!

Baca Juga: Lebaran Banjir Diskon, Ini Tips Bijak Belanja Biar Gak Nyesel!

3. Jangan terkecoh dengan foto sampul. Lihat produk di kolom review para pembeli

5 Tips Beli Baju Lebaran di Online Shop, Awas Menyesal!pexels.com

Terkadang seorang seller melakukan editing yang berlebihan terhadap produk yang ingin dijualnya sehingga terlihat tidak sama dari yang asli, hal ini tentu saja sangat mengecoh dan membuat pembeli merasa tertipu.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus melihat foto produk secara langsung dari orang yang sudah pernah membelinya. Bagaimana caranya? Cukup masuk ke kolom review, di sana kamu bisa membaca dan melihat produk secara langsung dari pengalaman orang lain yang sudah pernah membeli.

4. Pilihlah produk dengan harga yang masuk akal

5 Tips Beli Baju Lebaran di Online Shop, Awas Menyesal!pexels.com

Jangan terkecoh dengan harga yang murah karena harga selalu berbanding lurus dengan kualitas, semakin berkualitas maka akan semakin mahal. Meskipun teori ini tidak sepenuhnya benar, namun tetap saja kamu harus pintar-pintar dalam memilih harga.

Jangan beli produk yang terlalu mahal karena bisa jadi itu penipuan, dan jangan pula beli produk yang terlalu murah karena bisa jadi itu produk KW yang tidak berkualitas. Lantas, pilih yang mana? Carilah produk dengan harga yang bersaing, kamu juga bisa membandingkan dari toko offline.

5. Cegah kemungkinan terburuk dengan membeli asuransi

5 Tips Beli Baju Lebaran di Online Shop, Awas Menyesal!pexels.com

Lalu tips yang terakhir adalah membeli asuransi untuk mencegah kemungkinan terburuk seperti rusak atau kehilangan barang saat proses pengiriman. Belilah asuransi pada ekspedisi yang kamu gunakan, untuk harga asuransinya sendiri tergantung pada harga produk yang ingin kamu asuransikan. Ini merupakan cara paling aman ketika belanja online karena segala jenis kerugian akan ditanggung oleh pihak ekspedisi yang kamu gunakan.

Apalagi kalau kamu membeli barang yang harganya mencapai jutaan, asuransi adalah hal yang wajib kamu gunakan. Dengan begitu maka kamu nggak perlu khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Nah, itulah lima tips beli baju lebaran di online shop. Adanya jual beli online memang sangat memudahkan, namun kamu harus tetap hati-hati agar tidak tertipu. Ayo! Persiapkan kebutuhan lebaran mulai dari sekarang.

Baca Juga: 5 Tips Cegah Kebobolan Dana Akibat Terlalu Asyik Belanja Online

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Sudahi deritamu kawan, mari mencangkul bersamaku.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya