Comscore Tracker

5 Cara Membuang Barang Kenangan, Biar Kamu Tak Galau Berkepanjangan

bye-bye masa lalu!

Semua orang tentunya memiliki barang kenangan. Tak jarang barang pemberian dari orang istimewa akan selalu disimpan dalam kardus khusus. Walaupun sebenarnya tidaklah berguna lagi, namun ada perasaan sayang untuk membuangnya.

Sebut saja foto-foto kebersamaan, tiket nonton di bioskop, karcis masuk tempat wisata. Semua disimpan dengan dalih memiliki cerita indah didalamnya. Padahal, bila kamu mencoba untuk lebih realistis barang-barang tersebut tetap berakhir di gudang yang entah kapan akan kamu tengok lagi.

Apakah kamu masih ragu untuk membuangnya? Beberapa tips berikut bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba. Simak dan pahami, yuk!

1. Tentukan alasan yang tepat untuk tetap menyimpannya

5 Cara Membuang Barang Kenangan, Biar Kamu Tak Galau Berkepanjanganilustrasi foto kenangan (pexels.com/@octavio-j-garcia-n-703604)

Ketika kamu mengevaluasi sebuah barang, tanyakan pada dirimu sebenarnya hal apa yang mendasarimu untuk tetap menyimpannya? Sebab, kemungkinan besar alasan untuk tetap menyimpannya bukan ada pada benda tersebut. Melainkan pada orang, tempat, dan waktu yang dihabiskan.

Sebaiknya pikirkan ulang, apabila hubunganmu dengan si mantan sudah benar-benar berakhir dan tidak ada lagi kesempatan untuk balikan, lebih baik dibuang saja. Menyimpan hal-hal yang tidak perlu akan membuatmu semakin sulit untuk melepaskan kenangan masa lalu.

2. Jangan biarkan hadiah jadi beban

5 Cara Membuang Barang Kenangan, Biar Kamu Tak Galau Berkepanjanganilustrasi menerima hadiah (pexels.com/@gustavo-fring)

Banyak orang yang tetap menyimpan hadiah karena berpikir bahwa si pemberi berharap barang pemberiannya untuk dipajang atau digunakan saat mereka berkunjung. Pada realitasnya, pemberi tidak berpikir seperti itu.

Namun, bila pemberi berpikir seperti itu, sebenarnya ini tidak adil. Barang yang sudah diberikan, maka sepenuhnya menjadi hakmu untuk menyimpannya atau membuangnya. Sehingga jangan bertahan dengan alasan ini, ya.

Baca Juga: 5 Tips agar Kenangan Buruk Tak Terus Berlarut dalam Pikiran

3. Simpan dalam bentuk digital

5 Cara Membuang Barang Kenangan, Biar Kamu Tak Galau Berkepanjanganilustrasi stok foto (pexels.com/@teona-swift)

Saat kamu menyortir berkas ataupun foto-foto lawas, pertimbangkan untuk melakukan scanning. Sehingga foto dan berkas berhargamu dapat disimpan dalam bentuk digital dan tidak akan rusak termakan waktu.

Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan untuk scan instan menggunakan ponsel, tanpa harus melalui alat scan yang tidak semua orang punya. Dengan begini, foto-foto kenanganmu bisa dengan mudah kamu lihat sewaktu-waktu, deh.

4. Simpan salah satu yang paling berkesan

5 Cara Membuang Barang Kenangan, Biar Kamu Tak Galau Berkepanjanganilustrasi foto kenangan (pexels.com/@cottonbro)

Barang kenangan dari orang-orang spesial pastinya tidak hanya satu atau dua benda saja. Sehingga ketika dikumpulkan dapat memenuhi satu kardus besar. Dari banyaknya benda tersebut tentunya ada satu atau dua yang jadi favoritmu.

Nah, daripada harus menyimpan keseluruhan benda kenangan itu, sebaiknya kamu memilih satu barang yang kamu anggap sangat mewakili si pemberi beserta kenangannya denganmu. Hal ini juga demi gudang atau tempat penyimpanan yang lebih lapang.

5. Mengubah benda kenangan tanpa mengurangi nilai kisahnya

5 Cara Membuang Barang Kenangan, Biar Kamu Tak Galau Berkepanjanganilustrasi bunga kering (unsplash.com/Thea Hdc)

Untuk tetap mempertahankan kenanganmu dengan barang-barang yang tidak lagi berguna, kamu bisa membuat sesuatu yang baru yang bersifat sentimental. Contohnya seperti ketika kamu diberi buket bunga, pastinya bunga segar itu tidak akan bisa bertahan lama.

Kamu bisa mensiasatinya dengan mengeringkan buket bunga tersebut sampai benar-benar kering. Setelah itu, rangkai lagi dan masukkan dalam pigura, bisa jadi dekorasi vintage yang ngga biasa, loh.

Banyak orang yang pergi dengan meninggalkan kenangan dan tidak selamanya kita harus bertahan dengan kenangan itu. Banyak hal yang harus kamu lakukan. Perlahan, kamu bisa mulai melepasnya dengan memilah barang istimewa dengan cara itu tadi. Jangan lupa dicoba, ya!

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Mantan yang Pamer Pacar Baru, Berani Kasih Support?

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya