Comscore Tracker

6 Tips Menjaga Hati Agar Gak Mudah Julid Selama Ramadan

Jagalah hati selama Ramadan

Ibadah puasa tidak hanya menahan diri dari lapar dan haus saja, melainkan juga menahan hawa nafsu seperti menahan emosi, amarah, dan yang sering terjadi di jaman now adalah julid.

Julid bisa menyerang siapa saja yang tidak bisa mengontrol diri yaitu hobi nyinyir dikarenakan iri hati dan dengki. Sehingga keluarlah kalimat-kalimat yang tidak menyenangkan untuk didengar

Julid dapat mengurangi pahala kita sehingga ibadah puasa tidak maksimal selama bulan Ramadan. Agar tidak mudah julid selama bulan Ramadan, yuk ikuti 6 tips berikut.

1. Memahami makna puasa

6 Tips Menjaga Hati Agar Gak Mudah Julid Selama Ramadanpexels.com/mentatdgt

Memahami makna puasa sebagai momentum melatih diri menahan hawa nafsu, salah satunya adalah tidak mudah julid. Dengan memahami makna puasa pasti kamu akan lebih berusaha untuk tidak mudah julid selama bulan Ramadan. Berhasil tidak mudah julid selama bulan Ramadan selain mendapatkan pahala dan berkah puasa, juga dapat membentuk kamu menjadi pribadi yang jauh lebih baik (tidak julid) untuk kedepannya.

2. Banyak istighfar

6 Tips Menjaga Hati Agar Gak Mudah Julid Selama Ramadanpexels.com/rawpixel.com

Memperbanyak istighfar artinya memperbanyak memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan salah yang telah diperbuat. Dan memohon untuk selalu dijaga dari obrolan julid dan dijauhkan dari yang tidak bermanfaat. Senantiasa menjaga hati dengan istighfar membuat kamu memiliki hati yang bersih lho.

3. Mengontrol diri

6 Tips Menjaga Hati Agar Gak Mudah Julid Selama Ramadanpixabay.com/Engin_Akyurt

Mengontrol diri adalah upaya yang dilakukan agar senantiasa menjaga diri dari perbuatan yang tidak/kurang bermanfaat, salah satunya adalah julid. Sehingga dengan selalu berusaha mengontrol diri maka kamu akan terlatih melakukan hal-hal yang baik, bermanfaat, berpikir positif dan berprasangka baik kepada siapa pun. Berpikir sebelum berucap dan bertindak. Dengan demikian hati akan selalu terjaga dari keinginan melakukan obrolan julid.

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Taklukan Cewek Galak yang Bikin Penasaran, Disimak Bro!

4. Mengikuti kajian, berkumpul dengan orang-orang shalih

6 Tips Menjaga Hati Agar Gak Mudah Julid Selama Ramadanunplash.com/@masjidmdp

Mengikuti kajian dan berkumpul dengan orang-orang shalih adalah upaya menjaga diri agar tidak mudah julid. Dengan mengikuti kajian kamu akan semakin mengenal ajaran agama islam dan memahami makna berpuasa sebagai momentum belajar menahan hawa nafsu. Berkumpul dengan orang-orang baik maka kamu juga akan ikutan baik dan memiliki akhlak yang baik. Kamu adalah rata-rata dari orang-orang di sekitar kamu. Jadi bertemanlah dengan orang-orang yang membuatmu semakin baik.

5. Unfollow semua yang mendekati julid

6 Tips Menjaga Hati Agar Gak Mudah Julid Selama Ramadanunplash.com/@nadineshaabana

Unfollow semua yang mendekati julid, baik di dunia maya maupun nyata. Jika di dunia maya maka unfollow semua akun yang hobinya julid. Dan jika di dunia nyata jaga jarak dengan orang-orang yang mempunyai kebiasaan julid. Agar kamu tidak ikut-ikutan julid lebih baik jaga jarak sebelum pahala puasa kamu hangus terbakar oleh kejulidan yang tidak bermanfaat.

6. Menyibukkan diri dengan aktivitas yang bermanfaat

6 Tips Menjaga Hati Agar Gak Mudah Julid Selama Ramadanpexels.com/mentatdgt

Menyibukkan diri dengan aktivitas yang bermanfaat adalah cara yang paling produktif dan efektif menghindari kebiasaan julid. Kamu yang semakin sibuk dengan aktivitas yang bermanfaat maka kamu tidak akan punya waktu untuk julid sepanjang hari. Karna hari-hari kamu sudah diisi dengan aktivitas yang bermanfaat.

Menjaga hati agar tidak mudah julid selama bulan Ramadan, kamu bisa lakukan 6 tips di atas. Selamat mencoba, semangat menjadi lebih baik. Memiliki hati yang bersih sepanjang hari.

Baca Juga: Tiga Amalan di Bulan Ramadan Ini Bisa Menggugurkan Dosa

Susi Yanti Nurraini Photo Community Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You