Comscore Tracker

6 Tips Memaksimalkan Ibadah di 10 Hari Akhir Ramadan

#RamadanMasaKini Yuk, hunting pahala di bulan Ramadan

Memasuki 10 hari di akhir Ramadan adalah momen emas untuk umat muslim hunting pahala. Ada 1 malam di 10 malam ganjil di akhir Ramadan adalah malam lailatul qadr yang memiliki kemuliaan sama dengan 1000 bulan, yang jika kita mendapatinya dengan memaksimalkan ibadah di hari itu maka akan mendapatkan pahala berlipat beserta rahmat dan berkah-Nya.

Namun, tentu dengan tetap memaksimalkan ibadah di hari-hari yang lainnya juga. Karena di hari-hari 10 akhir Ramadan Allah juga mencurahkan rahmat, berkah dan pahala untuk hamba-hamba yang bermunajat pada-Nya

Semua di hari-hari bulan Ramadan adalah kebaikan. Dan ketika 2/3 Ramadan telah pergi maka 1/3 nya adalah emas. Begitu luar biasanya sehingga diumpamakan bagaikan emas.

Gak terbayang kan betapa Allah bermurah hati membagi pahala di hari-hari 10 akhir Ramadan? Agar kamu tidak melewati 10 hari di akhir Ramadan dengan sia-sia, yuk maksimalkan ibadah kamu dengan 6 tips berikut.

1. Memahami makna 10 hari di akhir Ramadan

6 Tips Memaksimalkan Ibadah di 10 Hari Akhir Ramadanpixabay.com/Pezibear

Setiap amalan harus ada ilmunya. Begitu pula ketika ingin memaksimalkan 10 hari di akhir Ramadan. Agar bisa istiqomah dan melewati dengan full ibadah, lebih mendekat kepada Allah harus diamalkan dengan ilmu.

Memahami makna 10 hari di akhir Ramadan akan membantu kamu lebih sadar akan pentingnya di hari-hari itu. Serta menyadari betapa kamu butuh memaksimalkan ibadah bermunajat kepada Allah dan manfaat untuk diri sendiri. Sehingga baca buku-buku yang membahas tentang bulan Ramadan dan kebaikan di 10 hari akhir Ramadan itu bagus buat kamu lho.

2. Usahakan diri selalu dalam keadaan suci

6 Tips Memaksimalkan Ibadah di 10 Hari Akhir Ramadanpixabay.com/mucahityildiz

Ketika memasuki 10 hari di akhir Ramadan dan kamu ingin maksimalkan ibadah maka sangat mudah caranya. Tipsnya adalah usahakan kamu selalu dalam keadaan suci karena akan membantumu semakin mudah memaksimalkan ibadah kapan saja dan terhindar dari rasa malas.

Misalnya kamu bisa tilawah sewaktu-waktu, mengerjakan salat sunnah, zikir dan bershalawat dalam keadaan yang Allah suka yaitu bersih dan suci. Dengan selalu terjaga kesuciannya membuat kamu juga terpancar aura bercahayanya lho. Masyaallah banget kan?

Baca Juga: 5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

3. Memiliki target amalan

6 Tips Memaksimalkan Ibadah di 10 Hari Akhir Ramadanpixabay.com/freebiespic

Merasa kurang maksimal di 2/3 Ramadan membuat kamu sedih dan pesimis? Jangan sedih dulu. Kamu masih punya waktu di 1/3 Ramadan lho. Tipsnya kamu harus memiliki target amalan dan memaksimalkan di 10 hari akhir Ramadan.

Seperti target khatam al-qur'an, murojaah hafalan, dan mentadaburi setiap ayat Al-quran. Kamu bisa banget memaksimalkannya dengan melakukan itikaf di malam harinya, di waktu-waktu senggang ketika beraktivitas di siang hari. Bahkan memilih waktu memperbanyak baca Al-quran setelah makan sahur hingga menunggu waktu salat subuh menjadi pilihan yang oke juga lho.

4. Memaksimalkan ibadah wajib dan sunnah

6 Tips Memaksimalkan Ibadah di 10 Hari Akhir Ramadanpixabay.com/chidioc

Ibadah wajib hukumnya wajib didirikan. Ibadah sunnah baik untuk diperbanyak. So, di 10 hari akhir Ramadan adalah momentum buat kamu memaksimalkan itu semua. Meningkatkan kualitas salat 5 waktunya, memperbanyak salat sunnahnya seperti salat dhuha, qiyamullail. Tidak pernah melewatkan salat tarawih, witir.

Dan menambah salat-salat sunnah lainnya yang kamu butuhkan. Seperti salat hajat ketika kamu sedang sangat ingin dikabulkan kebutuhannya, salat taubah ketika kamu benar-benar ingin sekali diampuni dosa dan kesalahan yang telah lalu, salat istikharah jika sedang membutuhkan petunjuk dari Allah.

Intinya Ramadan adalah momentum kamu bisa berdekatan lekat-lekat dengan Allah, kamu bisa minta apa saja yang kamu butuhkan dan memohon ampun atas semua kesalahan. Jadi, jangan lewatkan kemurahan Allah di momen-momen Ramadan ya. Karena Allah akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang meminta dengan sungguh-sungguh.

5. Perbanyak zikir dan shalawat

6 Tips Memaksimalkan Ibadah di 10 Hari Akhir Ramadanpexels.com/rawpixel.com

Berzikir dan bershalawat adalah hal yang mudah dilakukan, tapi hanya sedikit orang yang istiqomah melakukannya. Di momen 10 hari akhir Ramadan ini kamu harus membiasakan perbanyak zikir dan shalawat yaa. Karena selain kamu akan mendapat pahalanya, kamu juga akan mendapat manfaat lainnya seperti dipermudah dalam setiap urusan dari arah yang tak disangka-sangka, serta mudah dikabulkannya doa.

6. Melakukan itikaf

6 Tips Memaksimalkan Ibadah di 10 Hari Akhir Ramadanpexels.com/vjapratama

Melakukan itikaf adalah amalan yang dianjurkan saat Ramadan. Dan banyak orang melakukannya di 10 malam akhir Ramadan. Di momen ini kamu bisa rutin melakukan itikaf agar target-target ibadah kamu segera tercapai.

Itikaf adalah bermalam di masjid yang bertujuan untuk memaksimalkan ibadah kepada Allah. Banyak kebaikan yang kamu dapat dari itikaf lho. Selain ibadah makin maksimal, kamu juga akan berkumpul dengan orang-orang shalih lainnya sehingga kamu akan terpacu memaksimalkan ibadah di 10 hari akhir Ramadan.

Seru kan? Yuk, coba 6 tips di atas agar ibadah kamu makin maksimal di 10 hari akhir Ramadan.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

SUSI YANTI NURRAINI Photo Community Writer SUSI YANTI NURRAINI

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You