Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Mengikuti Intuisi, Bisa Jadi Petunjuk Untukmu

Dengarkan dan ikuti intuisimu ya!

Pernahkah kamu merasa punya firasat mengenai sesuatu yang akan terjadi? Apakah kamu pernah merasa nggak enak ketika menghadapi sesuatu atau malah merasa yakin melakukannya? Anehnya, perasaan-perasaan tersebut muncul secara tiba-tiba. Nah, berarti intuisimu sedang berbicara kepadamu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), intuisi adalah kemampuan untuk mengetahui sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari, gerak hati, atau bisikan hati.  Seringkali, intuisi merupakan sebuah petunjuk mengenai urusan kehidupanmu. Banyak orang-orang sukses yang mengandalkan intuisi dalam aspek kehidupannya.

Menurut hasil penelitian tim peneliti psikologi dari University of New South Wales, Australia yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science, intuisi berasal dari informasi bawah sadar yang ada dalam otak kita. Berdasarkan penelitian tersebut, subyek yang memanfaatkan kemampuan bawah sadar dalam melihat foto emosional dapat mengambil keputusan lebih cepat dan akurat. Hal ini menandakan keandalan intuisi dalam pengambilan keputusan. Selain itu, kemampuan berintuisi juga bisa dilatih lho! Berikut ini 5 alasan kamu sebaiknya mengikuti intuisi. 

1. Intuisi mampu menyelamatkanmu dari sesuatu yang buruk

5 Alasan Kamu Perlu Mengikuti Intuisi, Bisa Jadi Petunjuk Untukmuunsplash.com/Yoann Boyer

Kamu pernah merasa sial sepanjang hari? Coba ingat-ingat, mungkin sebelumnya ada perasaan kurang nyaman atau gelisah. Bisa jadi, intuisi 'berbicara' padamu untuk menghindari hal tersebut. Ketika kamu melawan intuisimu, seolah-olah 'alam' nggak mendukung usahamu. Mengikuti intuisi bukannya mendahului takdir Tuhan, melainkan kamu mengikuti nurani dan suara batinmu. Bisa jadi hal ini merupakan jawaban dari-Nya agar kamu selamat dari bahaya dan keburukan. Yuk, pertimbangkan lagi intuisi dalam kehidupanmu!

2. Intuisi memberi petunjuk mengenai keputusan terbaik bagi kehidupanmu

5 Alasan Kamu Perlu Mengikuti Intuisi, Bisa Jadi Petunjuk Untukmuunsplash.com/Burst

Pernahkah kamu merasa nyaman, yakin, dan tenang saat mengambil keputusan? Bisa jadi kamu sedang mendapat petunjuk dari intuisimu. Apabila kamu merasakannya setelah merenung, merelaksasi diri, atau memohon petunjuk kepada Tuhan, mungkin intuisi yang kamu dapatkan adalah jawaban bagi persoalan hidupmu. Setelah mengikuti intuisi, tindakan atau keputusan yang kamu ambil akan terasa ringan dan lancar. Dijamin deh!

3. Intuisi memungkinkanmu untuk menyaring orang-orang yang dapat kamu percaya

5 Alasan Kamu Perlu Mengikuti Intuisi, Bisa Jadi Petunjuk Untukmupexels.com/Bruce Mars

Pernahkah kamu merasa benci atau enggan bertemu dengan seseorang pada pandangan pertama? Melalui intuisi, kamu bisa mengetahui mana orang yang bisa dipercaya dan mana yang tidak. Hal ini disebabkan kepekaan yang ditimbulkan oleh intuisimu. Rasa nyaman kepada seseorang menandakan orang tersebut dapat dipercaya, begitu pun sebaliknya. Seolah-olah kamu bisa membaca pikiran dan perasaan orang serta kesesuaian 'frekuensi-nya' dengan mu. Hal ini penting banget buat kamu yang mencari jodoh, sahabat, teman, dan rekan terpercaya. Jangan-jangan dia adalah orang yang terbaik untukmu, ciee...

Baca Juga: Gelisah, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Intuisi Mengusik Ketenanganmu

4. Intuisi membantumu ketika dalam keadaan terdesak

5 Alasan Kamu Perlu Mengikuti Intuisi, Bisa Jadi Petunjuk Untukmuunsplash.com/JESHOOTS.COM

Pernahkah kamu dapat pencerahan ketika dalam keadaan terdesak atau kepepet? Lagi-lagi intuisi memainkan peranannya. Tiba-tiba kamu tahu apa yang harus dilakukan saat keadaan genting, entah dalam permainan, ujian, pekerjaan, dan sebagainya. Kalau sudah begitu, nggak ada salahnya untuk mengikutinya. Wah intuisi dapat memicu the power of kepepet ya!

5. Intuisi membuatmu lebih peka dalam membaca keadaan

5 Alasan Kamu Perlu Mengikuti Intuisi, Bisa Jadi Petunjuk Untukmupixabay.com/Free-Photos

Dengan mengikuti intuisi, kamu mengasah kemampuanmu dalam membaca keadaan. Seolah-olah, kamu mengetahui kapan saat yang tepat untuk melangkah, menunggu, atau meninggalkan sesuatu. Alhasil, kamu lebih bisa menempatkan diri dari berbagai situasi, sehingga lebih siap untuk menghadapi dunia.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya mengikuti intuisimu. Bukan berarti kamu berperilaku seperti cenayang yang tahu segala-galanya. Intuisi hanyalah gerakan hati yang membuat batin dan nuranimu 'berbicara'. Kemampuan ini makin terasah dengan pengalaman dan penerimaanmu terhadap intuisi. Ayo mulai dengarkan intuisimu ya!

Baca Juga: 4 Tipe Intuisi yang Jarang Diketahui Orang. Kamu yang Mana?

Syah Deva Ammurabi Photo Community Writer Syah Deva Ammurabi

Mencerdaskan, menginspirasi, dan mencerahkan masyarakat melalui tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You