Comscore Tracker

Merasa Lelah? Ini 5 Trik Ampuh Mengatasi Introvert Hangover-mu

Biar semangat lagi!

Apakah kamu pernah merasa lelah ketika kumpul-kumpul? Apakah kamu malah pusing atau cepat marah di tengah keramaian? Kalau pernah, kamu bisa jadi terkena Introvert Hangover, yaitu kelelahan akibat aktivitas sosial.

Menurut Marti Olsen Laney dalam bukunya The Introvert Advantage, introvert sangat peka terhadap rangsangan dari luar. Rangsangan yang terlalu banyak menyebabkan tubuh jadi lelah. Hal ini disebabkan oleh kelebihan hormon dopamin pada otak seorang introvert. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak tips di bawah ini.

1. Aturlah jadwalmu untuk beristirahat

Merasa Lelah? Ini 5 Trik Ampuh Mengatasi Introvert Hangover-mumydeal.com.au

Introvert hangover bisa terjadi kalau kamu kurang istirahat. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur jadwalmu agar cukup istirahat.

Kamu bisa mengurangi kepadatan jadwal. Misalnya, sebelum ada pesta kamu kosongkan waktu untuk sekedar bersantai di rumah atau melakukan hobi yang kamu suka.

Kalau kamu merasa tidak enak, kamu bisa menolak salah satu acara apabila dalam satu hari sudah terlalu padat. Ayo, lebih bijak lagi dalam mengatur aktivitasmu!

2. Ajak orang terdekatmu ke acara yang akan dihadiri

Merasa Lelah? Ini 5 Trik Ampuh Mengatasi Introvert Hangover-murawpixel.com/384350

Coba deh kamu ajak teman, pasangan, atau anggota keluargamu ke acara yang kamu hadiri. Dijamin deh, bakal lebih nyaman. Kamu bisa ngobrol lebih banyak dengan orang-orang terdekatmu, alih-alih bertemu dengan orang-orang yang gak kamu kenal dekat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan mereka sebagai 'alarm' kalau kamu ingin menyendiri atau meninggalkan acara. Jangan lupa, pastikan orang terdekatmu diundang juga ya! Kecuali, kalau tuan rumah tidak mengizinkan.

Baca Juga: 5 Cara Biar Gampang Akrab di Tempat Kerja Baru, Introvert Harus Coba!

3. Makan dan minum sebanyak mungkin

Merasa Lelah? Ini 5 Trik Ampuh Mengatasi Introvert Hangover-muPexels/ Vincenzo Giove

Dalam suatu pesta, sering tersaji berbagai makanan dan minuman. Begitu pun pas kamu nongkrong bareng teman-teman. Untuk mengurangi rasa lelah, kamu bisa banyak makan dan minum. Dengan begitu, kamu akan lebih berkonsentrasi dengan hidanganmu dan terhindar dari situasi sosial yang gak diinginkan. Wah, jangan-jangan abis kenyang langsung pulang nih?

4. Menyendiri sejenak

Merasa Lelah? Ini 5 Trik Ampuh Mengatasi Introvert Hangover-muUnsplash/Noah Silliman

Kalau kamu sudah lelah, tak ada salahnya untuk menyendiri dulu. Kamu bisa pura-pura ke toilet, berkeliling mencari udara segar, atau menepi ke tempat sepi. Seenggaknya, kamu mempunyai waktu untuk memulihkan energimu. Kamu bisa diam sejenak, menarik napas panjang, cuci muka, atau sekedar membuka handphone. Setelah merasa segar, kamu siap kembali menuju keramaian.

5. Pulang duluan

Merasa Lelah? Ini 5 Trik Ampuh Mengatasi Introvert Hangover-mupexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Terkadang kamu merasa sangat lelah, hingga sudah merasa kewalahan dan tak sanggup lagi. Kamu bisa pulang duluan aja. Pamit ke orang-orang terdekat, ajak mereka pulang bareng, atau ikut tamu lain untuk keluar acara. Kalau udah males ketemu orang, kamu bisa pulang diam-diam di tengah keramaian.

Gimana, kamu udah tahu kan caranya biar gak cepat kelelahan setelah beraktivitas sosial? Kelola energimu sebaik mungkin. Tetap semangat bersosialisasi ya!

Baca Juga: 10 Tanda Kamu Terkena 'Introvert Hangover', Pernah Mengalaminya?

Syah Deva Ammurabi Photo Community Writer Syah Deva Ammurabi

Mencerdaskan, menginspirasi, dan mencerahkan masyarakat melalui tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You