Comscore Tracker

Ini 7 Persiapan Ibadah Haji, Millennials Harus Tahu, Nih!

Bulatkan niat, kuatkan tekad agar bisa jadi haji yang mabrur

Musim Haji 2019 sudah dimulai! Menunaikan rukun islam yang ke-5 menjadi penyempurna ibadah bagi umat muslim. Tak heran, berbagai usaha dan upaya telah dilakukan demi bertamu ke Tanah Suci Makkah dan Madinah. Agar ibadah haji yang kamu jalani tidak sia-sia, ada baiknya kamu melakukan persiapan sebelum memulai perjalanan. Nah, berikut ini hal-hal paling krusial yang harus kamu persiapkan.

1. Cari tahu informasi terbaru tentang kondisi dan situasi di tanah suci

Ini 7 Persiapan Ibadah Haji, Millennials Harus Tahu, Nih!ANTARA FOTO/REUTERS/Zohra Bensemra

Ada baiknya kamu mengecek dan mencari tahu tentang keadaan yang terjadi di tanah suci. Terkait suhu dan cuaca, apakah sedang panas atau dingin, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan perlengkapan yang akan dibawa. Terlebih lagi, cuaca belakangan ini semakin tidak menentu, kamu harus betul-betul mencari tahu informasi sejelas-jelasnya.

2. Persiapkan diri dengan melakukan latihan fisik

Ini 7 Persiapan Ibadah Haji, Millennials Harus Tahu, Nih!instagram/ratu_anandita

Keadaan Indonesia dengan Arab Saudi sangat berbeda. Bila biasanya di sini kamu sering mengeluh panas, cuaca di Arab Saudi jauh lebih ekstrim. Bahkan suhunya bisa mencapai 40 derajat. Kamu juga harus mempersiapkan diri dengan melakukan aktivitas fisik, misalnya latihan jalan kaki mengelilingi komplek perumahan, berenang demi melatih pernapasan, serta memeriksa kondisi tubuh secara berkala hingga hari keberangkatan tiba.

3. Membuat daftar perlengkapan yang akan dibawa. Pilih yang pasti bermanfaat agar tidak melebihi kapasitas koper

Ini 7 Persiapan Ibadah Haji, Millennials Harus Tahu, Nih!unsplash.com/ Tucker Good

Kamu akan berada di tanah suci cukup lama, sekitar 40 hari. Artinya, dibutuhkan persiapan dan perlengkapan yang mumpuni. Kamu bisa menonton video bagaimana cara packing yang tepat, sehingga tidak perlu bawa koper berlebih. Misalnya, teknik melipat pakaian yang akan dibawa, memilih perlengkapan apa saja sih yang dibutuhkan agar tidak mubazir. Kamu juga bisa bertanya pada kerabat yang lebih dulu berangkat ke Tanah Suci. Waktu ideal untuk packing, yakni 2 minggu sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Biaya Haji 2019 Tidak Naik, Rata-rata Rp35 Juta

4. Isi pulsa telepon dan kuota internet khusus untuk jaringan luar negeri

Ini 7 Persiapan Ibadah Haji, Millennials Harus Tahu, Nih!unsplash.com/Mika Baumeister

Meski sedang beribadah di tanah suci, kamu masih tetap bisa berkomunikasi dengan kerabat maupun keluarga melalui gawai seperti biasa, lho. Kunjungi gerai provider dan mintalah bantuan agar jaringan telepon kamu diubah agar bisa digunakan saat di luar negeri. Bila dibandingkan membeli provider di Arab Saudi, lebih baik kamu sudah persiapkan sejak di dalam negeri. Selain itu, masing-masing provider juga telah menyediakan layanan paket haji dan umroh, lho.

5. Agar lebih mudah, tukarkan mata uang sebelum keberangkatan

Ini 7 Persiapan Ibadah Haji, Millennials Harus Tahu, Nih!leftovercurrency.com

Untuk menghindari kurs yang lebih tinggi, sebaiknya kamu menukarkan mata uang Arab Saudi dari jauh-jauh hari. Ada berbagai macam tempat untuk menukarkan uang, misalnya money changer atau bank. Meskipun akan melakukan perjalanan yang sangat panjang, bukan berarti kamu harus membawa uang berlebihan. Tukarkan uang secukupnya agar tidak menggangu ibadah di sana karena khawatir akibat membawa harta.

6. Calon jamaah haji wajib suntik meningitis

Ini 7 Persiapan Ibadah Haji, Millennials Harus Tahu, Nih!unsplash.com/Hush Naidoo

Alasan apa sih yang mendasari calon jamaah haji harus melakukan suntik meningitis? Ternyata peraturan wajib ini didasari perlindungan agar jamaah tidak terkena serangan penyakit meningitis meningokokus. Penyakit ini berkembang pesat di sejumlah negara berkembang seperti Afrika, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Selandia Baru. Penyuntikan ini dijadikan sebagai pencegah mengingat tanah suci didatangi oleh umat di seluruh dunia, sehingga faktor risiko terkena bakteri sangat tinggi. Biasanya, suntik meningitis dilakukan 10 hari jelang keberangkatan.

7. Cara membuat paspor Haji 2019

Ini 7 Persiapan Ibadah Haji, Millennials Harus Tahu, Nih!instagram/chrisbali.wallaby

Hal pertama yang harus kamu lakukan yakni mendatangi Kantor Imigrasi atau melalui sistem online. Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Surat Nikah (bagi yang telah menikah), Surat Rekomendasi dari Travel. Scan semua berkas dokumen tersebut dalam bentuk file .jpeg dan berwarna hitam putih. Pastikan setiap file scan memiliki ukuran maksimal 1.8 Mb agar dapat diunggah ke dalam website imigrasi. Sedangkan untuk pembuatan paspor biasa, kamu bisa mengunduh aplikasi paspor online di App Store atau Google Play. Usai melengkapi data diri, kamu harus tetap datang ke Kantor Imigrasi karena proses online hanya mempersingkat pendaftaran.

Baca Juga: Pemerintah dan DPR Sepakat Tambah Anggaran untuk Kuota Haji 2019

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida

Just For You