Comscore Tracker

Veronica Tan Gelar Operet Selendang Arimbi Bersama Anak Rusun Jakarta

Operet ini guna menumbuhkan toleransi sejak dini!

Seni pertunjukkan Operet Aku Anak Rusun kembali digelar untuk kedua kalinya. Setelah mendapatkan apresiasi luar biasa pada pertunjukan pertamanya di tahun 2017, pentas seni ini akan hadir lagi pada 16 November 2019 di Ciputra Artpreneur.

Operet Aku Anak Rusun Jilid 2 dengan judul 'Selendang Arimbi', akan segera digelar pada 16 November 2019 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Lalu seperti apa ya persiapannya? Yuk, kita cari tahu!

1. Pertunjukan seni Operet Aku Anak Rusun diprakarsai oleh mantan ibu Gubernur Jakarta, Veronica Tan

Veronica Tan Gelar Operet Selendang Arimbi Bersama Anak Rusun JakartaIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Sebagai bentuk kepedulian Veronica terhadap anak-anak rusun di Jakarta, ia memberikan kesempatan bagi anak-anak bertalenta untuk mengasah bakat serta kemampuan. "Saya senang dengan anak-anak. Terlebih lagi, ketika saya mulai berkenalan dengan kondisi dan situasi yang ada di rusun Jakarta," kata dia.

"Anak-anak bermain bersama tanpa beban dan jauh dari pemikiran akan keterbatasan. Dari situlah, saya berpikir bahwa anak-anak rusun juga memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki skill di luar akademik. Makanya, saya dan tim berinisiatif untuk membuat operet Selendang Arimbi," kata Veronica Tan di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (25/9).

2. Operet Aku Anak Rusun Jilid 2 melibatkan ratusan anak di tiga rusun berbeda, yang ada di Jakarta

Veronica Tan Gelar Operet Selendang Arimbi Bersama Anak Rusun JakartaIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Operet kali ini mengikutsertakan tiga rusun yang ada di Jakarta. Mereka adalah rusun Rawa Bebek, Daan Mogot, dan Pulo Gebang. Melibatkan lebih dari 130 anak sebagai penari, ada 12 anak sebagai tokoh utama serta 40 anak yang  bernyanyi selama operet berlangsung.

Operet ini juga akan mengadaptasi dan mengaransemen 20 lagu anak serta daerah. "Kami memilih lagu lagu yang mungkin belum pernah didengar atau diketahui anak zaman sekarang. Misalnya, Janger, Marilah Kemari, Padang Bulan, dan rangkaian medley lagu anak seperti Anak Kambing Saya, Naik-Naik ke Puncak Gunung, Semut-semut Kecil," kata Dovieke Angsana, Produser & Artistic Director.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Lagu untuk Didengarkan Anak-anak

3. Latar belakang cerita operet ini merupakan gambaran kehidupan nyata yang dialami anak-anak rusun atau RPTRA

Veronica Tan Gelar Operet Selendang Arimbi Bersama Anak Rusun JakartaIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Operet Aku Anak Rusun 'Selendang Arimbi' menceritakan tentang kehidupan anak rusun yang bernama Arimbi. Ia memiliki cita-cita menjadi seorang penari profesional. Namun, bukan hal yang mudah untuk mewujudkan impian tersebut. Dibutuhkan perjuangan dan konsistensi tinggi untuk meraih apa yang ia inginkan.

Beruntung, Arimbi mendapatkan dukungan dari teman-teman dan orang terdekatnya. Bila ditarik secara keseluruhan, Selendang Arimbi ini memberikan gambaran tentang perjuangan, solidaritas, dan toleransi antar sesama.

4. Dalam waktu empat bulan, anak rusun berlatih dengan keras hingga siap memberikan performa terbaik pada November mendatang

Veronica Tan Gelar Operet Selendang Arimbi Bersama Anak Rusun JakartaIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Dalam sebuah pertunjukan, hanya dibutuhkan satu hal yakni kolaborasi. Tak ada yang lebih unggul dalam pertunjukkan seni. Karena hakikat seni adalah kebahagiaan secara menyeluruh. Melalui sajian alur cerita, tokoh, lagu, dan tarian, anak-anak berlatih dengan sangat keras selama kurang lebih empat bulan.

"Kami merasa beruntung karena didukung pelatih profesional yang siap membantu dan mendampingi anak rusun untuk menampilkan pertunjukan terbaik. Tak berhenti sampai di situ, kami juga berharap drama musikal bisa memberikan banyak pelajaran bagi anak untuk berempati dan menghargai segala perbedaan," ujar Vanda Parengkuan, penulis naskah Operet Aku Anak Rusun Jilid 2.

"Karena sesungguhnya, menumbuhkan persahabatan sejak dini bukanlah suatu hal yang menyulitkan," tambah Vanda.

5. Saat ini, tiket operet tersebut sudah bisa dibeli di situs resmi Aku Anak Rusun

Veronica Tan Gelar Operet Selendang Arimbi Bersama Anak Rusun JakartaIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Untuk bisa menonton pertunjukan Operet Aku Anak Rusun Jilid 2 'Selendang Arimbi', kamu bisa langsung mengunjungi website resmi di akuanakrusun.com mulai tanggal 25 September 2019. Terdapat dua show yang bisa dipilih, yakni pada jam 14.00 dan 17.30 WIB.

Harga tiketnya dibanderol mulai Rp750 ribuan untuk kelas diamond. Ada juga harga Rp500 ribuan untuk kelas gold dan Rp350 ribuan untuk kelas silver.

Nah, itulah keseruan Operet Aku Anak Rusun Jilid 2! Jangan sampai kelewatan untuk menyaksikannya, ya!

Baca Juga: Instalasi Digital Seru dan Mengedukasi di teamLab Future Park

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya