Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk yang Biasanya Membuat Seseorang Kurang Percaya Diri

Hindari kebiasaan buruk ini, agar kalian bisa percaya diri

Percaya diri itu kebiasaan yang harus dan wajib dimiliki setiap orang. Percaya diri adalah keyakinan dalam diri sendiri, membuat seseorang ketika melakukan sesuatu yakin hal itu bisa berhasil. Tentu dengan memiliki kepercayaan diri, kita bisa semakin lebih memiliki kebiasaan positif dan sehat buat tubuh.

Seseorang dengan percaya diri yang tinggi, tentu akan yakin pada diri sendiri pasti bisa berhasil menyelesaikan segala tantangan yang ada. Mereka selalu berpikir positif dalam segala sesuatu pasti akan selalu memiliki manfaatnya.

Di sini ada kebiasaan buruk yang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Berikut beberapa kebiasaan, yang seharusnya kamu hindari.

1. Selalu membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Kebiasaan Buruk yang Biasanya Membuat Seseorang Kurang Percaya Diripexels.com/Andrea Piacquadio

Secara tidak langsung mungkin kita sering melakukan kebiasaan buruk ini. Kebiasaan ini membuat kita tidak bersyukur akan diri sendiri, karena kita selalu melihat adanya kekurangan diri kita dengan orang lain, hingga akhirnya membuat kita depresi. Inilah yang membuat kita tidak yakin akan adanya kemampuan diri sendiri yang dimiliki. Padahal setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda.

Untuk itu kita harus menghilangkan kebiasaan ini, percayalah bahwa setiap orang itu berbeda, dan juga memiliki jalan hidup dan proses yang berbeda juga. Hal inilah yang membuat kita berbeda dari orang lain. Untuk itu lebih baik kita tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain, tetapi fokuslah membentuk diri menjadi lebih lagi dari sebelumnya.
 

2. Memikirkan perkataan orang lain terhadap kita

5 Kebiasaan Buruk yang Biasanya Membuat Seseorang Kurang Percaya Diripexels.com/August de Richelieu

Ketika kita hendak melakukan sesuatu yang kita inginkan, dan sudah mulai yakin. Kadang ada orang lain yang mulai mengomentari kita, ada komentar yang mendukung, maupun yang tidak mendukung. Ketika mendukung, tentu saja kita dapat membuat kita termotivasi.

Tapi komentar yang buruk, kadang membuat kita mulai menjadi tidak percaya diri. Hal inilah yang membuat timbulnya keraguan. Kita tidak perlu memikirkan apa yang orang lain katakan. Kita hanya perlu menjadi apa yang terbaik dalam diri kita, karena apa yang dipikirkan orang lain belum tentu sesuai dengan diri kita. 

Baca Juga: Ketahui 5 Penyebab Umum Mengapa Banyak Millennials Kurang Percaya Diri

3. Selalu berpikir negatif pada diri sendiri

5 Kebiasaan Buruk yang Biasanya Membuat Seseorang Kurang Percaya Diripexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam melakukan segala sesuatu, tentu kita pasti memikirkan hal yang positif dan negatif. Jika kita berpikir hal yang positif tentu hal itu baik. Tetapi ketika berpikir hal yang negatif, banyak membuat terkena penyakit depresi, kecemasan, dan khawatir. Hal ini justru membuat kita memunculkan banyaknya penyakit.

Jadi tidak ada untungnya berpikir negatif, karena hal yang kita pikirkan itu belum semuanya tentu pasti akan terjadi. Jadi ada baiknya kita berpikir positif dan yakin akan pada kemampuan diri sendiri, karena biasanya kebanyakan hal akan terjadi sesuai yang kita pikirkan. Maka dari itu berpikirlah positif pada segala hal, agar terjadi pula hal yang positif.

4. Merasa takut pada kegagalan

5 Kebiasaan Buruk yang Biasanya Membuat Seseorang Kurang Percaya Diripexels.com/Nathan Cowley

Pada kebiasaan ini orang cenderung takut melakukan sesuatu yang baru. Biasanya tidak percaya pada diri sendiri bahwa bisa berhasil, tetapi malah memikirkan hal yang buruk yaitu kegagalan. Berpikir gagal itu wajar, tapi jangan sampai itu membuat kita takut dalam melakukan sesuatu.

Jika kalian mungkin mengalami kegagalan itu, terimalah kegagalan itu. Setelah mengetahui apa itu kegagalan, belajarlah agar tidak jatuh pada lubang yang sama. Ubahlah kegagalan menjadi keberhasilan. Dari sini kita belajar agar dapat menyempurnakan diri menjadi lebih baik lagi. Tidak ada manusia yang sempurna.

5. Berpikir rendah diri sebelum memulai sesuatu

5 Kebiasaan Buruk yang Biasanya Membuat Seseorang Kurang Percaya Diripexels.com/mentatdgt

Orang yang selalu melihat ke bawah, cenderung diibaratkan orang yang merasa dirinya rendah. Tidak pernah memikirkan hal yang tinggi, juga selalu berpikir rendah dalam melakukan segala sesuatu. Hal inilah yang membuat seseorang susah untuk berkembang.

Akhirnya apa yang kita lakukan menjadi terhenti oleh karena pikiran rendah diri. Hal ini tentu saja membuat kita tidak bisa mengeluarkan seluruh potensi diri yang ada.

Itu semua adalah contoh dari kebiasaan buruk yang bisa mengurangi kepercayaan diri di dalam dirimu. Jika kebiasaan kalian memiliki kebiasaan ini, sebaiknya harus dihilangkan.

Baca Juga: Coba Dicek, Ini 5 Ciri Kamu Adalah Orang yang Tidak Percaya Diri

Alexander rrr Photo Writer Alexander rrr

Halo saya ingin menjadi penulis yang handal dan mahir.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya