Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Tips Berkarya di Masa Pandemik ala Nadin dan Sal Priadi

Tetap produktif meski di rumah aja #IWF2020

Berkarya di masa pandemik itu gak mudah. Sulit sekali bergerak keluar untuk eksplorasi diri dalam berkarya. Kita harus tetap semangat dan pantang menyerah untuk terus berkarya, sebab di balik kesulitan pasti ada kemudahan.

Nah, pada Sabtu (26/9/20), ada dua penyanyi dari generasi millennial dan gen z yang mau berbagi tips seputar dunia musik, yaitu Sal Priadi dan Nadin Amizah. Mereka juga berbagi cerita tentang karya yang harus mereka kerjakan di era pandemik ini.

Simak tips dari Nadin & Sal Priadi yang bisa kalian terapkan saat harus berkarya di masa pandemik.

1. Mencari ide segar di media sosial

IWF 2020: 5 Tips Berkarya di Masa Pandemik ala Nadin dan Sal PriadiYoutube.com/IDN Times

Setiap seniman memiliki cara dalam menemukan ide untuk sebuah karya. Namun, di masa pandemik ini, mereka tidak bebas berkelana demi menemukan ide. Jadi, para seniman harus pandai menemukan ide selama masa pandemik.

Menurut Nadin Amizah, dirinya selalu mencari ide segar lewat postingan di beberapa media sosial. Bahkan, unggahan humor saja bisa menjadi inspirasi segar baginya. Gak cuma itu saja, petuah dari ibundanya juga kerap menjadi bagian dari ide di sebuah lagu karangannya. Wah, inspiratif banget!

2. Konsultasi secara virtual

IWF 2020: 5 Tips Berkarya di Masa Pandemik ala Nadin dan Sal Priadiunsplash.com/sickhews

Menciptakan sebuah lagu itu gak sembarangan. Sebelum karyanya terjun di pasaran, ada baiknya berkonsultasi dengan orang yang paham betul tentang musik. 

Sama seperti Sal Priadi, dia sudah terbiasa berkonsultasi secara offline dengan produser yang bertanggung jawab atas lagunya. Tetapi, pria kelahiran 1992 ini harus berdiskusi dengan sang produser via Zoom. Menurutnya, konsultasi virtual jauh lebih cepat terselesaikan dan efisien karena Sal Priadi tidak perlu pergi keluar kota untuk bertemu produsernya.

Baca Juga: IWF 2020: 7 Hal Fundamental Mengangkat Fenomena Viral Menjadi Tulisan

3. Rekaman secara mandiri di rumah

IWF 2020: 5 Tips Berkarya di Masa Pandemik ala Nadin dan Sal Priadiunsplash.com/willfrancis

Nadin merasa memiliki pengalaman tersendiri saat harus rekaman mandiri di rumah. Hal tersebut menjadi tantangan terbaru bagi para musisi di masa pandemik ini. 

Semua keperluannya harus dilakukan mandiri tanpa bantuan orang lain. Memang sangat merepotkan, namun seiring berjalan waktu, mereka akan terbiasa dengan hal ini.

4. Media sosial dijadikan perantara untuk mempromosikan karya

IWF 2020: 5 Tips Berkarya di Masa Pandemik ala Nadin dan Sal Priadiunsplash.com/austindistel

Sebelum masa pandemik datang, seorang penyanyi akan tampil dari panggung ke panggung secara online dan offline, demi memperkenalkan lagu terbarunya. Kali ini, promosi mereka hanya bisa dilakukan di media sosial.

Instagram menjadi salah satu media sosial, yang kerap dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan suatu karya. Namun, promosi di media sosial tidak mudah yang dibayangkan. Harus memiliki kesabaran dan keuletan yang tinggi untuk hasil maksimal.

5. Memanjakan penggemar lewat virtual

IWF 2020: 5 Tips Berkarya di Masa Pandemik ala Nadin dan Sal Priadiunsplash.com/kanereinholdtsen

Baik Nadin dan Sal Priadi, mereka harus manggung secara virtual demi memanjakkan para penikmat musik Indonesia. Media yang sering dijadikan perform secara virtual ialah YouTube dan siaran langsung Instagram. 

Penggemar dengan bebas menikmati musik sambil memberi pujian dan kritikan untuk idolanya yang baru saja tampil.

Wah, menarik sekali, ya. Semoga trik ala Nadin Amizah dan Sal Priadi bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin berkarya di masa pandemik. 

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips Nimbrung dalam Diskusi di Media Sosial ala Ivan Lanin

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Jangan pernah menyerah sebelum kamu mendapatkan satu titik menuju kesuksesan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya