Comscore Tracker

5 Alasan Kuat Mengapa Menyembunyikan Kesedihan Itu Tidak Dianjurkan

Meluapkan kesedihan akan menimbulkan kebahagiaan

Semua orang pasti akan pernah mengalami kekecewaan dalam hidupnya yang disebabkan oleh banyak faktor. Kekecewaan tersebut pastinya akan menimbulkan kesedihan yang berlarut-larut karena telah gagal mencapai tujuannya.

Namun, kebanyakan orang ketika mengalami kekecewaan akan cenderung menyembunyikannya. Hal itu terjadi karena mereka menganggap bahwa dia akan mampu untuk melewati masa krisis itu sendirian.

Padahal di belakang mereka masih ada teman-teman yang siap menampung segala keluh kesahnya. Hal itu harus dihilangkan karena hanya akan merugikan diri sendiri. Jika tidak percaya, simak penjelasannya berikut ini.

1. Hanya menambah beban pikiran

5 Alasan Kuat Mengapa Menyembunyikan Kesedihan Itu Tidak Dianjurkanpexels.com/nathan cowley

Sebuah kesedihan yang muncul akan menambah beban pikiran. Beban tersebut seharusnya cepat-cepat untuk dihilangkan karena demi kebaikan diri sendiri. Hal itu terjadi karena dalam hidup itu tidak hanya satu masalah saja yang muncul, melainkan masalah lain akan bertubi-tubi muncul seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, menyelesaikan satu masalah harus segera dilakukan, jangan ditunda. Yang terpenting adalah kesehatan mentalmu, jangan sampai egomu itu mengambil alih semua kebahagiaan yang harusnya didapat.

2. Masalah akan susah terselesaikan

5 Alasan Kuat Mengapa Menyembunyikan Kesedihan Itu Tidak Dianjurkanpexels.com/rafael barros

Ketika ada masalah, ceritalah kepada orang-orang terdekatmu agar maslaah cepat terselesaikan. Memendam kesedihan hanya akan menghambatmu dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Semua hal ketika dipikul bersama-sama pastilah akan menjadi ringan, begitu pula sebuah permasalahan. Hal itu juga akan sangat mempengaruhi berakhirnya kesedihan yang kamu rasakan di dalam hatimu. Oleh karena itu, berusahalah untuk membuka diri terhadap orang lain dan rasakan manfaatnya.

3. Hanya membohongi perasaan saja

5 Alasan Kuat Mengapa Menyembunyikan Kesedihan Itu Tidak Dianjurkanpexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Setiap kekecewaan pasti ada perasaan tidak ikhlas untuk menerima kenyataan yang telah terjadi. Semua itu harus berhasil kamu lalui karena bisa menjadi langkah untuk mendewasakan diri. Memendam sebuah kesedihan sama saja membohongi perasaanmu sendiri.

Selain itu, hal tersebut akan menimbulkan perasaan kecewa yang berlarut-larut. Hal itu akan sangat berdampak bagi ketenangan hatimu. Terkadang, menerima sebuah kegagalan merupakan jalan terbaik untuk menuju kebahagiaan diri.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sedang Menyembunyikan Kesedihan

4. Hanya akan menjadi penyakit hati

5 Alasan Kuat Mengapa Menyembunyikan Kesedihan Itu Tidak Dianjurkanpexels.com/Segopotso Makhutja

Mau sampai kapan kamu akan bertahan untuk memendam segala kesedihan? Hal itu jika dilakukan secara terus menerus hanya akan menjadi penyakit hati yang bisa merugikanmu. Kerugian tersebut biasanya berupa mental yang down dan juga membentengi diri akan datangnya kebahagiaan.

Semua orang pasti sepakat jika penyakit hati merupakan salah satu penyakit sangat buruk yang diderita oleh manusia. Hal itu terjadi karena tidak ada obat yang pasti untuk bisa menyembuhkannya. Sebelum semuanya terlambat, lebih baik hindari hal tersebut agar tidak menjadi bumerang bagimu kelak.

5. Kamu memiliki hak untuk berbahagia

5 Alasan Kuat Mengapa Menyembunyikan Kesedihan Itu Tidak Dianjurkanpexels.com/kat jayne

Kebahagiaan adalah hak semua orang. Oleh karena itu jika ada pilihan untuk bisa bahagia, mengapa memilih hal lain yang akan merugikanmu? Komunikasikan masalahmu kepada orang di sekitarmu maka kebahagiaan akan muncul dengan sendirinya.

Banyak mimpi yang harus kamu raih daripada hanya termenung dan berlarut terhadap kesedihan yang kamu rasakan. Waktumu terlalu berharga jika digunakan untuk meratapi kekecewaan. Ungkapkanlah semua kesedihan dan jangan dipendam lagi.

Itulah kelima alasan mengapa memendam kesedihan itu memiliki dampak buruk bagi kehidupan. Oleh karena itu, masihkah kamu akan tetap memendam kesedihan tersebut?

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Melihat Hantu yang Terkait Kesedihan & Penyesalan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya