Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bercerita Jika Sedang Tidak Baik-baik Saja

Jika ada masalah jangan dipendam sendirian!

Setiap orang pasti pernah merasakan kekecewaan dalam hidupnya. Hal tersebut menimbulkan beban yang harus dipikul. Akan sangat berat untuk disangga jika kamu tidak memiliki teman untuk berbagi keluh kesah. Bisa dibilang 'bercerita' itu merupakan obat penenamg hati terbaik.

Meskipun kedengarannya cukup tidak memungkinkan karena terlalu sepele, namun pada kenyataannya memang seperti itu adanya. Jik tidak percaya dengan pernyataan tersebut, alangkah baiknya kamu membaca beberapa alasan logis berikut ini dengan saksama.

1. Semua bebanmu pasti akan hilang dengan sendirinya 

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bercerita Jika Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/carlos macias

Ketika bercerita mengenai masalah hidup dengan orang terdekat, pasti kamu akan merasakan beban yang hilang dengan sendirinya. Hal tersebut terjadi karena kamu telah menyalurkan bebanmu keluar dari pikiran. Beban-beban itu akan tergantikan dengan semangat hidup yang baru.

Percaya gak percaya kamu harus melakukan hal tersebut. Jangan jadikan problematika hidupmu menjadi sesuatu yang harus dipikul tanpa tujuan yang pasti. Lepaskanlah segala kepenatanmu dengan cara mencari seseorang yang bisa diajak berkeluh kesah.

2. Banyak solusi yang akan kamu dapatkan 

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bercerita Jika Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/candice picard

Salah satu hal yang akan didapatkan ketika bercerita tentamg masalah hidup kepada orang lain adalah kamu pasti mendapatkam banyak solusi. Hal tersebut akan membuat segala sesuatu yang menjadi beban hidupmu menemukan titik terangnya.

Alangkah baiknya jika kamu tidak terus-terusan memendam sesuatu yang seharusmya diceritakan. Janganlah kamu menyiksa diri dengan memendam beban secara sendirian. Bertukar pikiran dengan teman akan memantik timbulnya solusi yang solutif.

3. Kamu pasti akan tahu bahwa banyak orang yang masih peduli denganmu 

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bercerita Jika Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/seth reese

Saat bercerita tentamg semua masalah hidup, salah satu hal yang akan keluar dari pikiran adalah kamu pasti merasa bahwa banyak orang baik di sekitarmu. Mereka masih peduli dengan keadaan yang memaksamu untuk merasa kecewa setiap saat.

Jika terus-menerus dilakukan, hal tersebut akan membantumu untuk mendekatkan diri dengan teman-teman. Ingatlah bahwa kamu itu tidak hidup sendirian di dunia yang keras ini. Buanglah rasa gengsimu dan mulai bercerita kepada teman-teman.

Baca Juga: 5 Masalah yang Justru Muncul Saat Kamu Bilang Gak Bisa Hidup Tanpanya

4. Dengan bercerita, pikiranmu akan lebih terbuka 

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bercerita Jika Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/outcast india

Pada saat memiliki masalah, pikiranmu pasti akan kalut dan semuanya serba gelap. Kamu tidak tahu mau berbuat apalagi agar masalah tersebut cepat hilang. Namun semua hal buruk tersebut akan hilang jika kamu mau mulai bercerita dengan teman.

Semula yang pemikiranmu terlalu kolot dan tidak mau menghadapi kenyataan, akan berubah menjadi lebih terbuka. Alhasil hal tersebut akan menyebabkan sebuah titik terang bisa muncul. Demi hidup tenang, mau tidak mau kamu harus melakulannya.

5. Motivasi untuk bangkit pasti akan muncul 

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bercerita Jika Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/ashkan forouzani

Ketenangan hati pasti akan ditimbulkan jika semua masalah yang dihadapi bisa menemui titik terang. Hal tersebut akan terjadi jika kamu bisa memotivasi diri untuk selalu bangkit dari keterpurukan. Cara terbaik untuk memunculkan hal itu adalah dengan cara bercerita kepada orang lain.

Sikap pantang menyerah pasti akan muncul dengan sendirinya. Tidak ada yang perlu ditakutkan lagi mengenai kehidupanmu yang dulunya kamu anggap suram. Cobalah untuk membuka diri ke teman-teman terdekatmu. Percayalah bahwa mereka pasti akan menyambutmu dengan baik.

Itulah kelima alasan mengapa 'bercerita' merupakan obat penenang hati terbaik. Yakin nih kamu masih mau memendam beban hidup sendirian?

Baca Juga: 5 Hal yang Diharapkan Pasangan Darimu saat Sedang Ada Masalah Hidup

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya