Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Ini Akan Didapat Jika Kamu Masih Berharap ke Masa Lalu

Fokus ke masa depan aja yuk!

Melupakan seseorang yang pernah singgah namun tak sungguh adalah hal sulit. Ketika berusaha untuk melakukannya, terkadang kamu malah cenderung berharap kembali dan menjalin hubungan seperti sedia kala. Padahal hal tersebut tidak tentu mengembalikan kebahagiaanmu seutuhnya.

Malahan hal tersebut sebenarnya harus dihindari karena banyak dampak buruk yang akan memengaruhi kehidupanmu. Jika kamu gak percaya akan dampak buruk yang akan didapat ketika berharap kepada masa lalu, cobalah untuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Hidupmu akan susah untuk berkembang

5 Dampak Buruk Ini Akan Didapat Jika Kamu Masih Berharap ke Masa Laluunsplash.com/thought catalog

Satu hal yang akan didapat jika terus-terusan berharap kepada masa lalu adalah hidupmu pasti susah untuk berkembang. Kamu pasti terus-terusan terjebak pada perasaan yang menuntutmu untuk selalu makan hati. Tidak ada salahnya kamu berharap, namun jangan pernah lupa untuk senantiasa berpikir secara realistis.

Memang melupakan seseorang yang pernah kita cintai itu susah. Namun sejatinya kamu gak bisa bertahan dengan kondisi seperti itu. Ingatlah bahwa kamu juga memiliki kehidupan sendiri sehingga meingkatkan kualitas diri merupakan hal yang wajib. Cobalah untuk lebih fokus pada hidupmu sendiri mulai dari sekarang.

2. Kamu akan cenderung menjadi orang yang lebih pesimis

5 Dampak Buruk Ini Akan Didapat Jika Kamu Masih Berharap ke Masa Laluunsplash.com/anthony tran

Perasaan menyesal dan kecewa pasti akan senantiasa menyelimuti hatimu hanya karena dia telah tega pergi begitu saja. Hal tersebut biasanya akan membuatmu menjadi seseorang yang lebih pesimis dalam menjalani hidup. Namun ingatlah bahwa perjalanan hidupmu itu masih panjang.

Percayalah bahwa tidak ada orang ya ng bisa menghalangimu untuk bisa sukses sesuai anganmu. Cobalah untuk melupakannya secara perlahan meskipun hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat sulit. Hal tersebut akan sangat berguna untuk memunculkan kembali sikap optimismu dalam menjalani sisa hidup.

3. Kamu akan menghabiskan waktu dengan meratapi nasib

5 Dampak Buruk Ini Akan Didapat Jika Kamu Masih Berharap ke Masa Laluunsplash.com/vin stratton

Ketika masih berharap lebih terhadap masa lalu, kamu pasti akan banyak menghabiskan waktumu dengan meratapi nasib. Sebenarnya hal tersebut akan membuatmu terus-terusan diselimuti rasa bersalah sehingga tidak ada dorongan untuk bergerak maju.

Apakah kamu akan menghabiskan waktumu dengan hal yang tidak ada gunanya seperti itu? Oleh karena itu cobalah untuk bisa lebih realistis dalam menjalani hidup, terutama perihal cinta. Memang terkadang cinta akan membuat seseorang menjadi bodoh, namun jangan sampai hal tersebut terjadi pada dirimu.

Cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri agar kamu bisa paham bahwa berharap kepada masa lalu adalah hal yang gak ada gunanya.

Baca Juga: 5 Batasan saat Membahas Masa Lalu dengan Pasangan, Jangan Berlebihan!

4. Tidak ada harapan ke depan yang dapat membuat hidupmu lebih baik

5 Dampak Buruk Ini Akan Didapat Jika Kamu Masih Berharap ke Masa Laluunsplash.com/DANNY G

Hal buruk lain yang akan didapat adalah kamu tidak akan memiliki harapan ke depan sehingga cenderung stuck di titik saat ini. Ingatlah bahwa seiring berjalannya waktu usiamu akan terus bertambah. Jika masih bertahan pada situasi seperti iti, apakah ada keyakinan darimu jika kamu bisa bertahan hidup sampai nanti?

Jangan sampai rasa kecewa tersebut malah mengalahkan semangat hidupmu sehingga harapan-harapan ke depan tidak muncul di dalam pikiranmu. Mulai sekarang cobalah untuk lebih memperhatikan kebaikan diri sendiri daripada memikirkan sesuatu yang tidak bisa diharapkan lagi.

5. Kamu akan sering merasakan makan hati

5 Dampak Buruk Ini Akan Didapat Jika Kamu Masih Berharap ke Masa Laluunsplash.com/tina markova

Mengharapkan masa lalu hanya akan membuat hari-harimu dipenuhi dengan makan hati. Kamu pasti rela menghabiskan waktu hanya untuk meratapi nasib sehingga tidak ada kesibukan lain yang bisa dikerjakan. Lagipula kebanyakan makan hati akan membuat pikiranmu menjadi kalut sehingga stress.

Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri melebihi apa pun. Percayalah bahwa usahamu untuk mengharapkan dia kembali adalah sebuah hal yang sia-sia. Jangan takut kehilangan seseorang yang mengkhianatimu karena di luar sana masih ada jutaan orang baik.

Berhentilah melakukan perbuatan yang gak ada gunanya yaitu berharap kepada masa lalu. Ingatlah bahwa masa kamu juga memiliki banyak mimpi yang harus direalisasikan. Semangat move on!

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Punya Hutang Karma di Masa Lalu, Pernah Mengalami?

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya