Comscore Tracker

5 Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Sering Menutup Diri

#IDNTimesLife Apakah kamu sering menutup diri?

Sebagai makhluk sosial, kita memang diwajibkan untuk membangun hubungan baik antar sesama. Namun pada kenyataannya tidak semua orang itu memiliki kemampuan beradaptasi di dalam kehidupan sosial dengan baik. Ada yang cenderung menutup diri karena tidak terbiasa bertemu orang baru.

Apakah kamu termasuk seseorang yang sering menutup diri? Jika iya, cobalah untuk hilangkan kebiasaan semacam itu karena nantinya akan berdampak negatif bagi hidupmu. Ada beberapa hal buruk yang pasti akan terjadi jika sering menutup diri. Simak pembahasan ini baik-baik agar kamu bisa lebih terbuka!

1. Kamu akan susah beradaptasi di lingkungan baru

5 Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Sering Menutup DiriIlustrasi merenung (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa seseorang yang sering menutup diri akan kesusahan dalam beradaptasi di lingkungan baru. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah kerugian sebab ketika berada di lingkungan baru, seseorang perlu menyesuaikan diri agar bisa hidup.

Coba bayangkan ketika terlalu sering menutup diri, lantas apakah kamu akan tetap bisa hidup bahagia meskipun tanpa hadirnya seorang teman?

2. Kamu akan kesusahan mencari teman baru untuk membantu keseharianmu

5 Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Sering Menutup DiriIlustrasi merenung (pexels.com/bruno salvadori)

Seorang teman merupakan sebuah hal yang wajib dicari karena mereka adalah malaikat penolongmu ketika kesusahan. Jika tidak memiliki seorang teman baru, maka hidupmu pun akan dihabiskan dengan menyendiri. Padahal kehadiran seorang teman pasti akan membuat hidupmu lebih asyik.

Jika terlalu menutup diri di lingkungan baru, tidak akan ada orang yang mau mendekatimu. Kamu pasti akan dianggap aneh sebab tidak mau menyesuikan di lingkungan sosial. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk stop melakukan hal buruk tersebut, ya!

Baca Juga: 10 Meme Kebiasaan Insecure Ini Sebaiknya Dihilangkan, Wajib Lawan! 

3. Segala urusan yang harus kamu hadapi akan susah diselesaikan

5 Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Sering Menutup DiriIlustrasi merenung (pexels.com/anastasiya vragova)

Dalam menjalani hidup, setiap orang pasti akan dihadapkan dengan yang namanya permasalahan. Tidak semua orang mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri karena membutuhkan bantuan. Coba bayangkan jika kamu terlalu sering menutup diri, lantas siapa yang akan menolongmu saat susah?

Jangan terlalu mempertahankan idealisme untuk tetap menutup diri. Ingatlah bahwa segala urusan tidak akan terselesaikan jika kamu menghadapinya dengan seorang diri. Cobalah untuk mau membuka diri agar banyak orang yang bisa menolongmu di kala susah.

4. Kamu akan lupa cara bersosialisasi di kehidupan yang nyata

5 Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Sering Menutup DiriIlustrasi merenung (pexels.com/dids)

Seseorang yang cenderung menutup diri itu biasanya sering menghabiskan waktunya dengan bermain gawai. Mereka menghabiskan waktunya di media sosial karena hal tersebut tidak membutuhkan kemampuan sosialisasi yang andal.

Jika terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia maya, maka kamu akan lupa caranya bersosialisasi yang sebenarnya. Kamu pasti akan melupakan bagaimana cara menjadi pendengar yang baik saat sedang mengobrol.

5. Hidupmu akan menjadi hampa sebab tidak ada yang menghibur

5 Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Sering Menutup DiriIlustrasi merenung (pexels.com/MBADRO)

Hidup itu hanya sekali, lantas kamu gak boleh menyia-nyiakannya dengan menyendiri. Terkadang kamu perlu membuka diri di lingkungan luar sebab ada banyak hal menarik jika mau dijelajahi. Namun jika memutuskan untuk tetap menutup diri, mska hidupmu pun akan terasa hambar.

Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk tidak terlalu menutup diri sebab hal tersebut gak ada gunanya. Kamu hanya akan mendapatkan kesunyian dan kesepian sehingga hidup menjadi hambar. Bangkitlah dan mulai memberanikan diri untuk berkenalan dengan orang-orang baru, ya!

Tidak ada gunanya terlalu menutup diri sebab pada hakikatnya kamu adalah makhluk sosial. Sebelum terlambat, berubahlah menjadi pribadi yang asyik sehingga kehidupan sosialmu bisa berangsur pulih.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihentikan agar Hidupmu Lebih Baik

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya