Comscore Tracker

5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan agar Rasa Mindermu Hilang

Kepercayaan diri adalah aspek penting yang wajib dimiliki

Kepercayaan diri adalah aspek utama agar kamu bisa bertahan hidup. Hal itu karena kepercayaan diri sangat memengaruhi keberlangsungan hidup setiap orang baik dalam bersosialisasi maupun pemenuhan jenjang karier. Namun banyak orang yang tak memiliki masalah terhadap kepercayaan dirinya yang kalah rasa minder.

Mau tidak mau kamu harus berani berubah menjadi seseorang yang lebih terbuka agar bisa menunjang kehidupanmu sendiri. Ada beberapa cara yang sangat efektif agar kamu bisa menghapus rasa minder yang berlebihan dalam diri. Untuk penjelasan yang lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Memperbanyak kosa kata dengan membaca buku

5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan agar Rasa Mindermu Hilangunsplash.com/christian wiediger

Semua orang pasti setuju bahwa buku merupakan sumber dari segala ilmu yamg ada di dunia ini. Selain menambah ilmu, dengan membaca buku dapat bermanfaat bagi jumlah kosa kata yang kamu miliki di dalam dirimu. Hal tersebut sangat berguna agar kamu tak mudah minder dalam berbincang-bincang.

Memiliki kosa kata yang cukup banyak adalah salah satu hal wajib bagi orang yang selalu percaya diri. Maka dari itu alangkah lebih baik jika kamu mulai sekarang rajin-rajin membaca apapun topiknya supaya rasa minder yang ada di dalam dirimu bisa hilang seketika.

2. Kurangi kebiasaan overthinking terhadap sesuatu yang belum terjadi

5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan agar Rasa Mindermu Hilangunsplash.com/luis villasmil

Salah satu penyebab seseorang memiliki kepercayaan diri yang kurang adalah mereka cenderung overthinking terhadap sesuatu yang belum terjadi. Padahal pada kenyataannya mungkin tak seburuk itu, bahkan lebih baik. Jika kamu ingin menghilangkan rasa minder, maka buang jauh-jauh terlebih dahulu kebiasaan overthinking.

Cobalah untuk menghadapi sesuatu dengan persiapan yang cukup matang. Kamu tak perlu memikirkan apapun yang seharusnya tidak dipikirkan. Alangkah lebih baik jika kamu cukup fokus terhadap apa yang dihadapi saat ini. Buang semua pikiran buruk yang belum tentu terjadi.

3. Praktikkanlah prinsip hidup "let it flow"

5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan agar Rasa Mindermu Hilangunsplash.com/arun sharma

Prinsip hidup "let it flow" dapat diartikan ketika kamu selalu menerima apapun yang ditakdirkan untukmu. Tidak perlu berhenti dan menyerah ketika kebosanan terus melanda rutinitasmu. Satu hal yang harus diingat segalanya akan terus berubah seiring berjalannya waktu.

Jika saat ini kamu berada di titik jenuh, cobalah untuk bersikap sewajarnya dan tetap melakukan yang terbaik. Percayalah bahwa suatu saat nanti kamu akan mendapatkan apa yang diinginkan olehmu. Terima saja jika keadaannya seperti saat ini namun dengan catatam kamu harus berusaha untuk keluar dari zona tersebut.

Baca Juga: Dunning-Kruger Effect: Penjelasan Mengapa Orang Bodoh Percaya Diri  

4. Jadikanlah dirimu untuk selalu haus akan pengetahuan

5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan agar Rasa Mindermu Hilangunsplash.com/wes hicks

Terkadang rasa minder itu muncul ketika kamu merasa bahwa dirimu memiliki kemampuan yang cukup kurang di antara orang lain. Untuk menghilangkan ketidakpercayaan diri seperti itu alangkah lebih baik jika kamu mengubah pola pikir untuk selalu haus akan pengetahuan. Menjadi seseorang yang open-minded akan membantumu untuk lebih percaya diri.

Kamu pasti tidak akan ragu lagi untuk mengemukakan pendapat di depan umum karena semua pengetahuan telah didapatkan olehmu. Lagipula hal tersebut juga akan berdampak baik untukmu karena kamu pasti lebih mudah mendapatkan teman baru karena obrolan yang berkualitas.

5. Paksakaan diri untuk bisa keluar dari zona nyaman

5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan agar Rasa Mindermu Hilangunsplash.com/brooke cagle

Terkadang setiap orang lebih memilih untuk menjauhkan diri dari keramaian karena merasa kurang nyaman. Jika kamu adalah salah satu dari orang yang seperti itu, alangkah lebih baik hilangkan mindset tersebut mulai dari sekarang. Kamu harus bisa keluar dari zona nyaman meskipun dengan keterpaksaan.

Ingatlah bahwa kepercayaan dirimu itu harus selalu diasah agar bisa menunjang kehidupanmu. Cobalah untuk melangkah lebih maju dan jangan jadi orang yang tertutup. Percayalah bahwa lambat laun kamu pasti akan merasakan bagaimana nikmatnya memiliki relasi yang banyak.

Itulah kelima hal positif yang bisa dilakukan agar rasa minder di dalam dirimu dapat berkurang. Tak usah overthinking, cukup jalani hidup sesuai semestinya!

Baca Juga: Jangan Minder Dulu, 6 Alasan Kenapa Pasangan Smart Layak Dipertahankan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya