Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Jika Mimpimu Tak Kunjung Terwujud

Jangan sesekali melakukannya!

Memperjuangkan sebuah mimpi adalah sesuatu yang cukup susah untuk dilakukan. Tidak jarang kamu menemukan sebuah kegagalan sehingga membuat pikiran menjadi kalut bahkan hingga depresi. Kamu harus bisa mengontrol hal itu agar tidak merugikan diri sendiri.

Ingatlah bahwa sebuah kegagalan adalah awal dari timbulnya kesuksesan. Ada beberapa hal yang gak boleh dilakukan jika mimli-mimpimu gak kunjung terealisasi. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, cobalah untuk simak pembahasannya berikut ini.

1. Menyalahkan diri sendiri

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Jika Mimpimu Tak Kunjung Terwujudpexels.com/sameel hassen

Ketika mimpi tak kunjung terealisasi, terkadang pasti terlintas di pikiranmu sebuah dorong untuk menyalahkan diri sendiri. Hal tersebut sangat dianjurkan untuk tidak dilakukan demi kebaikan dirimu sendiri. Ingatlah bahwa segala sesuatu pasti ada sebab akibatnya.

Kamu tidak bisa tiba-tiba menyalahkan diri sendiri tanpa melihat keadaan sekitar. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri terkait keberhasilan yang tak kunjung datang karena hal tersebut hanya membuang-buang waktu saja.

2. Tidak bersikap apresiatif terhadap diri sendiri

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Jika Mimpimu Tak Kunjung Terwujudpexels.com/pixabay

Tidak dapat dimungkiri bahwa menghargai diri sendiri adalah nomer satu. Meskipun banyak rintangan yang datang terkait pencapaian mimpi sehingga membuatmu kesal, menghargai diri sendiri wajib dilakukan agar tidak timbul rasa depresi.

Cobalah untuk lebih mengapresiasi perjuanganmu saat ini dengan cara berterimakasih kepada diri sendiri. Ingatlah bahwa tidak semua orang bisa bertahan sampai titik ini. Percayalah bahwa kamu memiliki sebuah kelebihan yaitu keinginan yang cukup kuat untuk bertahan.

3. Meratapi nasib sampai depresi

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Jika Mimpimu Tak Kunjung Terwujudpexels.com/min an

Saat keberhasilan tak kunjung datang menghampiri, terkadang rasa kecewa pasti akan terus menyelimuti. Hal tersebut sebenarnya adalah wajar terjadi karena sstiap orang pasti ingin dirinya bisa sukses. Namun kamu tidak bisa terus-terusan bertahan dengan rasa kecewa itu.

Cobalah untuk bangkit dan hadapi kenyataan dengan cara memperjuangkannya. Jangan sampai rasa kecewa dan kesedihan yang ada di dalam dirimu itu mengalahkan semuanya. Ingatlah bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha.

Baca Juga: 5 Hal Paling Fundamental tentang Harapan yang Perlu Kita Ketahui

4. Menyerah dengan keadaan

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Jika Mimpimu Tak Kunjung Terwujudpexels.com/pixabay

Hal lain yang gak boleh dilakukan adalah menyerah dengan keadaan. Jika kamu memutuskan untuk menyerah, maka tidak ada gunanya perjuangan kerasmu selama ini. Cobalah untuk berpikir secara bijaksana sebelum mengambil sebuah keputusan.

Tetaplah berada di jalan perjuangan meskipun rintangan senantiasa datang secara terus menerus. Sekali lagi ingatlah bahwa tidak ada keberhasilan yang bersifat instan. Semuanya memang membutuhkan proses yang cukup panjang.

5. Bersikap anti-kritik jika ada orang lain yang mengomentarimu

5 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Jika Mimpimu Tak Kunjung Terwujudpexels.com/david garrison

Sebuah keberhasilan memang patut diperjuangkan agar tidak ada kegagalan. Namun ketika hal tersebut tidak kunjung datang, cobalah untuk lebih terbuka kepada orang lain. Jangan dibutakan oleh kekecewaan sehingga kamu selalu tutup telinga ketika banyak saran yang masuk.

Jangan sesekali menjadi seseorang yang anti-kritik karena hal tersebut bisa membantumu untuk meraih keberhasilan. Meskipun sangatlah tidak mengenakan jika mendengarkan saran dari orang lain, namun cobalah untuk lebih terbuka demi kebaikan diri sendiri.

Itulah kelima hal yang gak boleh dilakukan jika mimpimu tidak kunjung terealisasi. Bersikaplah dengan bijak!

Baca Juga: 5 Alasan Ini Mengapa Kamu Harus Tetap Mewujudkan Mimpi 

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya