Comscore Tracker

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Menilai Orang Lain dari Luarnya Saja

Apakah kamu sering menilai orang lain hanya dari luarnya?

Setiap orang pasti memiliki sifat yang berbeda-beda. Sifat seseorang itu tidak bisa dinilai hanya dari parasnya saja. Jika belum pernah berinteraksi dengannya, jangan pernah sesekali menyimpulkan dia itu seperti apa. Terkadang kamu perlu berkenalan dan terlibat sesuatu dengannya jika ingin menentukan bagaimana sifatnya.

Menilai orang lain dari luarnya saja itu kurang akurat dan hanya menimbulkan prasangka buruk. Apakah kamu sering menilai orang lain dari luarnya saja? Jika iya, ceoat-cepatlah berhenti dalam mekakukan hal demikian. Ada beberapa hal yang didapat jika menilai orang lain dari luarnya. Untuk penjelasannya, simak pembahasannya berikut ini.

1. Kamu tidak akan tahu bagaimana sifat aslinya

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Menilai Orang Lain dari Luarnya SajaIlustrasi mengobrol (pexels.com/charlotte may)

Sifat asli seseorang itu bisa terbaca jika kamu sudah berinteraksi cukup lama dengannya. Jika menilai orang dari luarnya saja, hal tersebut hanya akan membuatmu cepat menyimpulkan sesuatu. Dengan adanya hal itu, kamu pasti akan menjauhinya sebab tidak cocok dengan pola pikirmu.

Jika hal itu terjadi, kamu tidak akan pernah tahu bagaimana dia yang asli. Maka dari itu mulai sekarang stop melakukan hal gegabah seperti demikian, ya!

2. Kamu akan susah mendapatkan teman baru

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Menilai Orang Lain dari Luarnya SajaIlustrasi merenung (pexels.com/chinmay singh)

Setiap orang memang dituntut untuk selalu mencari teman baru. Untuk mendapatkan hal tersebut, kamu harus memiliki keterampilan berkenalan dengan baik. Kamu harus mengelola cara berkomunikasi dan sikapmu agar orang lain mau berteman denganmu. Namun jika sering menilai orang lain dari luarnya saja, hal tersebut akan sulit terjadi.

Kamu pasti cenderung pilih-pilih untuk mencari teman yang satu visi denganmu. Kamu akan cenderung cepat menyimpulkan sehingga orang tersebut sudah diseleksi untuk tidak jadi temanmu. Dengan adanya hal tersebut, percayalah bahwa circle pertemanamu hanya sebatas di situ saja.

Baca Juga: 5 Penyebab Orang-orang Cenderung Menjauhi Kamu, Perlu Evaluasi Diri

3. Hidupmu akan selalu dipenuhi prasangka

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Menilai Orang Lain dari Luarnya SajaIlustrasi merenung (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Menilai orang lain dari luarnya saja hanya akan menimbulkan prasangka. Kebiasaan tersebut pasti akan terbawa dalam kehidupanmu sehari-hari. Kamu pasti akan senantiasa bertanya-tanya terkait hal yang menurutmu patut dicurigai. Padahal terkadang kamu gak selalu harus menggunakan prasangka.

Apalagi dalam menjalani kehidupan bersosial, kamu harus bersikap sopan dengan tidak mudah menyimpulkan bagaimana sifat orang lain. Mulai sekarang cobalah belajar tidak cepat menyimpulkan sesuatu jika buktinya belum jelas.

4. Kamu akan susah membaur di lingkungan baru

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Menilai Orang Lain dari Luarnya SajaIlustrasi merenung (pexels.com/ariel paredes)

Selain susah mendapatkan teman, kamu akan kesulitan untuk membaur di lingkungan baru. Hal itu karena prasangka yang terus-terusan kamu tanamkan dalam diri sehingga membuatmu enggan untuk beradaptasi. Dengan adanya hal tersebut, kenyamananmu di lingkungan baru pasti akan ditangguhkan. Lambat laun kamu pasti ingin pergi dari lingkungan tersebut karena tidak bisa beradaptasi.

5. Kamu akan menyesal jika kebenaran terungkap

5 Hal yang Terjadi jika Kamu Menilai Orang Lain dari Luarnya SajaIlustrasi mengobrol (pexels.com/keira burton)

Menilai orang lain dari luarnya saja tidak akan memberikan jawaban yang mutlak. Apalagi ketika kebenaran sifat orang lain yang sangat melenceng dari dugaanmu, kamu pasti akan menyesalinya. Kamu akan beranggapan bahwa dugaan negatifmu itu terlalu jahat.

Pasti akan terdorong munculnya rasa bersalah sehingga ada keinginan kuat untuk meminta maaf. Yang kamu dapatkan pada kejadian tersebut hanyalah rasa malu. Dia mungkin saja memaafkan penilaian burukmu namun harga dirimu akan tertangguhkan.

Dari kelima hal buruk di atas, apakah kamu masih ingin tetap menilai orang lain dari luarnya saja? Sebelum menemukan jawaban sebenarnya, jangan pernah berprasangka buruk hanya karena melihat cover-nya saja.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Orang Sering Curhat di Media Sosial

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya