Comscore Tracker

5 Hal yang Terjadi Jika Sering Membicarakan Keberhasilan Orang Lain

Fokus ke diri sendiri saja, ya! #IDNTimesLife

Setiap orang memang berhak untuk meraih keberhasilan dalam menjalani hidup. Keberhasilan seseorang pun terkadang cenderung berbeda-beda sehingga kamu harus mencari jalanmu sendiri. Namun kebanyakan orang cenderung tidak fokus terhadap jalan perjuangannya.

Apalagi ketika orang di sekitarnya meraih keberhasilan, kamu pasti cenderung fokus ke sana. Ada beberapa hal yang akan terjadi jika kamu terlalu sering membicarakan keberhasilan orang lain. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu tidak akan fokus terhadap jalan hidupmu sendiri

5 Hal yang Terjadi Jika Sering Membicarakan Keberhasilan Orang LainIlustrasi mengobrol (pexels.com/monstera)

Jika sering membicarakan keberhasilan orang lain, kamu akan melupakan bagaimana jalan perjuanganmu. Kamu terlalu fokus ke sana sehingga banyak usaha yang tidak dilakukan. Hal tersebut tentunya akan membuat impianmu menjadi tidak terlaksana. Sebelum terlambat, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi kebiasaan membicarakan keberhasilan orang lain, ya!

2. Kamu akan mudah membicarakan orang lain

5 Hal yang Terjadi Jika Sering Membicarakan Keberhasilan Orang LainIlustrasi mengobrol (pexels.com/mary taylor)

Kebiasaan membicarakan keberhasilan orang lain memang terkadang akan memberi dampak negatif. Kamu akan cenderung termotivasi ketika melihat orang lain berhasil dan lebih bersemangat. Namun hal tersebut juga akan membuatmu terbiasa membicarakan kekurangan dan kelebihan orang lain.

Kamu pasti akan suka bergosip sehingga banyak orang yang menjauhimu. Lagipula dibicarakan di belakang oleh orang lain merupakan sebuah hal yang cukup menjengkelkan, bukan? Mulai sekarang stop kebiasaan tersebut agar tidak malah memberi dampak buruk bagi dirimu.

3. Kamu akan susah berpikir kreatif karena terlalu terpaku dengan orang lain

5 Hal yang Terjadi Jika Sering Membicarakan Keberhasilan Orang LainIlustrasi sombong (pexels.com/nikolay draganov)

Terlalu sering membicarakan orang lain akan menghambat daya pikir kreatifmu. Hal itu karena kamu akan terpaku terkait cara orang lain dalam meraih keberhasilannya sehingga sebisa mungkin ingin seperti itu. Di awal sudah disebutkan bahwa setiap orang itu punya jalan suksesnya masing-masing.

Dengan adanya hal tersebut, kamu perlu menemukan bagaimana usaha yang tepat agar bisa meraih keberhasilan. Latihlah daya pikir kreatif dalam meraih mimpi dengam cara tidak terlalu membicarakan keberhasilan oranh lain.

Baca Juga: 5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih Bahagia

4. Orang lain akan menjauhimu karena terlalu sering bergosip

5 Hal yang Terjadi Jika Sering Membicarakan Keberhasilan Orang LainIlustrasi merenung (pexels.com/alex green)

Jika terlalu membicarakan keberhasilan orang lain, percayalah bahwa mereka akan menjauh secara perlahan. Sikap yang kurang sopan seperti itu sebaiknya dihindari sebab akan berdampak buruk bagi kehidupan sosialmu. Meskipun membicarakan dalam konteks negatif, terkadang ada orang yang kurang nyaman dengan hal tersebut. Fokus ke kehidupanmu sendiri aja, ya!

5. Kamu akan tertekan sebab merasa iri

5 Hal yang Terjadi Jika Sering Membicarakan Keberhasilan Orang LainIlustrasi bersedih (pexels.com/lucas pezeta)

Ketika melihat keberhasilan orang lain, pasti akan terbesit rasa iri yang muncul dalam pikiranmu. Hal itu memang tidak bisa dihindarkan karena sejatinya setiap orang memiliki sikap ingin menjadi nomer satu. Namun kamu harus bisa mengelola rasa isi agar tidak membahayakan mentalmu.

Salah satu cara agar rasa iri bisa hilang adalah dengan berhenti membicarakan keberhasilan orang lain. Kamu berhak hidup tenang tanpa tekanan oleh rasa iri. Oleh karena itu mulai sekarang jangan pernah lelah untuk berusaha mencari jalan suksesmu sendiri.

Dari kelima hal buruk di atas, apakah kamu masih yakin untuk tetap membicarakan keburukan orang lain? Buanglah kebiasaan buruk tersebut dan diganti dengan usaha meningkatkan kualitas diri.

Baca Juga: 5 Kunci Kesederhanaan Hidup yang Membuatmu Makin Bahagia

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya