Comscore Tracker

5 Langkah Bijak Agar Kamu Bisa Berhenti Bergosip

Apakah kamu masih suka bergosip?

Bergosip merupakan sebuah hal yang banyak orang lakukan hanya untuk bersenang-senang. Namun tahukah kamu bahwa bergosip itu memiliki banyak dampak buruk? Hal buruk tersebut khususnya akan berdampak pada kehidupan sosialmu. Maka dari itu berhenti dari kebiasaan tersebut sangat wajib untuk dilakukan.

Apakah kamu sangat kesusahan untuk keluar dari kebiasaan buruk itu? Sebenarnya ada beberapa hal bijak yang bisa dilakukan agar kamu menghilangkan kebiasaan bergosip. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal apa saja yang dimaksud, coba simak pembahasannya berikut ini, ya!

1. Menjauhlah dari circle yang sering mengajakmu bergosip

5 Langkah Bijak Agar Kamu Bisa Berhenti Bergosipunsplash.com/logan weaver

Kebiasaan bergosip itu akan muncul jika kamu sering berada pada lingkarang pertemanan yang sering melakukan hal demikian. Agar kebiasaan tersebut bisa hilang, cobalah secara perlahan untuk menjauh dari mereka. Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu selektif dalam berteman agar tidak terjerumus pada hal buruk.

2. Senantiasa mengingat bahwa bergosip merupakan hal yang sia-sia

5 Langkah Bijak Agar Kamu Bisa Berhenti Bergosipunsplash.com/Jonathan Cosens Photography

Cobalah untuk sering mengingat bahwa bergosip merupakan perbuatam yang sia-sia. Ingatlah bahwa seiring berjalannya waktu, usiamu akan terus bertambah. Apakah kamu yakin untuk tetap ingin menghabiskan waktu dengan melakulan hal demikian?

Percayalah bahwa terkadang kamu perlu meningkatkan kualitas diri agar bisa tetap bertahan hidup nantinya. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk berhenti dari kebiasaan bergosip sebelum usiamu semakin tua!

3. Lebih sering mengajak orang lain berdiskusi terkait hal-hal berkualitas

5 Langkah Bijak Agar Kamu Bisa Berhenti Bergosipunsplash.com/toa heftiba

Ketika nongkrong dengan teman, cobalah untuk mengajak mereka berdiskusi tentang hal-hal berkualitas. Membicarakan karier maupun pendidikan merupakan salah satu topik yang bisa dilakukan daripada membicarakan keburukan orang lain.

Percayalah bahwa semakin berkualitas topik obrolanmu, maka akan pola pikirmu pasti lebih maju. Oleh karena itu selagi belum terlambat, cobalah untuk berhenti dari kebiasaan bergosip dan menggantinya dengan membicarakan sesuatu yang lebih berbobot.

Baca Juga: Rekan Kerja Suka Gibah? 5 Cara Menghindari Ajakan Bergosip di Kantor

4. Jangan terlalu mencampuri urusan pribadi orang lain

5 Langkah Bijak Agar Kamu Bisa Berhenti Bergosipunsplash.com/Fernando Brasil

Agar tidak ada keinginan untuk bergosip, cobalah untuk berhenti mencampuri urusan orang lain. Mencampuri urusan orang lain hanya akan menambah bahanmu untuk bergosip. Alangkah lebih baik kamu fokus pada hidupmu sendiri. Ingatlah bahwa banyak hal yang harus dicapai dalam hidupmu. Kebiasaan bergosipmu lambat laun pasti akan hilang jika melakukan hal tersebut.

5. Sibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan produktif

5 Langkah Bijak Agar Kamu Bisa Berhenti Bergosippexels.com/andrea piacquadio

Sebelumnya telah disebutkan bahwa banyak hal yang lebih berguna dari pada bergosip. Mengisi waktu luang dengan melakukan hal-hal produktif merupakan salah satu solusi. Kamu bisa belajar skills baru agar dapat menunjang keberlangsungan hidupmu kelak.

Lagipula kegiatan produktif tersebut akan menambah pengalaman hidupmu. Hal tersebut terdengar lebih menarik, bukan? Maka dari itu mulai sekarang coba deh untuk fokus pada self development agar nanti kamu bisa mudah mendapatkan kebahagiaan hidup.

Itulah kelima langkah bijak yang bisa dilakukan agar kamu berhenti bergosip. Mulailah kebiasaan baru dengan berhenti membicarakan keburukan orang lain di belakang.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Sebaiknya Menjauhi Teman yang Gemar Bergosip

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya