Comscore Tracker

Jika 'Adu Nasib' Saat Dicurhati, 5 Hal akan Kamu Dapat!

Apakah kamu masih sering melakukan 'adu nasib'?

Curhat merupakan sebuah kegiatan yang daoat membuat seseorang menjadi lebih tenang saat menghadali permasalahan hidup. Dengan adanya hal tersebut, setiap orang harus belajar menjadi pendengar yang baik agar hubungan sosialnya bisa berjalan dengan tenteram.

Namun pada kenyataannya tidak semua orang memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Malahan sebagian orang masih sering melakukan 'adu nasib' ketika sedang dicurhati. Maksudnya adalah mereka lebih senang membandingkan permasalahan hidupnya tanpa diminta.

Hal tersebut tentunya akan membuat orang lain merasa tidak nyaman dalam bercerita. Ada beberapa dampak buruk yang akan didapat jika kamu masih sering melakukan adu nasib. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Orang lain gak akan mau curhat kepadamu lagi

Jika 'Adu Nasib' Saat Dicurhati, 5 Hal akan Kamu Dapat!pexels.com/roberto hund

Sebelumnya telah disebutkan bahwa menyikapi curhatan dengan 'adu nasib' merupakan sebuah blunder. Percayalah bahwa orang lain pasti akan tidak senang jika kamu melakukan hal semacam itu sehingga dia tak mau lagi untuk curhat denganmu. Dengan adanya hal tersebut, kemungkinan besar dia juga akan menjauhimu sebab tidak ada rasa peduli di dalam dirimu.

2. Kamu akan dicap sebaga orang yang gak punya rasa empati

Jika 'Adu Nasib' Saat Dicurhati, 5 Hal akan Kamu Dapat!pexels.com/karolima grabowska

Setiap orang memang wajib memiliki rasa empati. Apalagi ketika ada yang curhat, kamu harus mau mengeluarkan rasa empatimu untuk menghargai setiap perkataannya. Percayalah bahwa sejatinya dia hanya ingin didengarkan, bukan malah dibandingkan.

Janganlah kamu malah melakukan 'adu nasib' karena hal tersebut sesungguhnya akan melukai hatinya. Jika diajak curhat oleh orang lain, tanggalkanlah egomu dan mulai berempati terkaai apa yang dirasakannya.

3. Kamu akan cenderung memikirkan keadaan diri sendiri

Jika 'Adu Nasib' Saat Dicurhati, 5 Hal akan Kamu Dapat!pexels.com/marcelo chagas

Bisa dikatakan bahwa orang yang cenderung 'adu nasib' saat dicurhati itu memiliki pribadi egois. Dia tidak memikirkan perasaan orang lain dan lebih menekankan bahwa dirinya juga mebderita. Sekali lagi ingatlah bahwa jika ada yang curhat kepadamu, jangan sesekali melakukan 'adu nasib'.

Terkadang kamu harus mengesampingkan ego dan permasalahan hidupmu ketika sedang dicurhati. Pusatkan perhatianmu terhadap apa yang dirasakan oleh dia hingga saat ini. Dengan melakukan hal itu, dia pasti akan nyaman jika curhat denganmu.

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuatmu Kesulitan Menemukan Teman Curhat yang Pas

4. Rasa peduli yang ada di dalam dirimu pasti berkurang

Jika 'Adu Nasib' Saat Dicurhati, 5 Hal akan Kamu Dapat!pexels.com/marcelo chagas

Ketidakmampuan dalam mempertahankan kepedulian bisa dilihat ketika seseorang mulai melakukan 'adu nasib' saat dicurhati. Seseorang yang melakukan seperti itu cenderung tidak memiliki nurani dan ras apeduli dalam dirinya telah hilang. Yang ada di dalam hatinya hanyalah sebongkah ego tinggi sehingga menutupi rasa empati.

5. Saat sedang kesusahan, tidak akan ada yang mau menampung curhatanmu

Jika 'Adu Nasib' Saat Dicurhati, 5 Hal akan Kamu Dapat!pexels.com/elle hughes

Percaya deh kalau sejatinya hukum timbal balik pasti berlaku. Hal itu bisa saja terjadi jika saat inu kamu gak bisa berenpati dengan orang lain, suatu saat nanti mereka akan melakukan hal yang sama. Ketidakpeduliaan terhadap perasaannya pasti akan terbalaskan jika kamu benar-benar tempat bercerita.

Orang-orang yang meminta tolong namun kamu balas dengan respon buruk itu pasti akan dendam. Agar hal buruk itu tidak terjadi, coba deh untuk tetap menjunjung tinggi rasa empati dengan cara tak melakukan 'adu nasib' saat dicurhati.

Melakukan 'adu nasib' saat dicurhati merupakan sebuah langkah yang cukup buruk. Terkadang kamu harus menjunjung tinggi rasa empati agar orang lain bisa nyaman bila berada di dekatmu untuk bercerita.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Curhat Orang Lain, Kamu juga Untung!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya