Comscore Tracker

Agar Memiliki Pemikiran yang Kreatif, Kamu Wajib Membiasakan 5 Hal Ini

#IDNTimesLife Apakah kamu kesulitan mengasah kreativitas?

Semua orang yang ada di dunia ini dilahirkan untuk memiliki kreativitas dengan gayanya masing-masing. Namun sebagian orang tidak mau mengasah kreativitas tersebut sehingga malah menyebabkan kebuntuan dalam berpikir. Jika kamu adalah salah satunya, mulai sekarang cobalah untuk berbenah.

Sejatinya pemikiran kreatif itu haris diasah agar tetap terjaga kualitasnya. Ada beberapa hal yang harus dijadikan kebiasaan agar kreativitasmu bisa terus meningkat. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, cobalah untuk simak pembahasannya berikut ini.

1. Ikutlah forum-forum diskusi yang berisikan orang-orang kreatif 

Agar Memiliki Pemikiran yang Kreatif, Kamu Wajib Membiasakan 5 Hal Inipexels.com/matheus bertelli

Forum diskusi merupakan sebuah wadah berisikan orang-orang yang haus akan pengetahuan baru. Dengan mengikuti diskusi, kamu akan mengasah mindset-mu karena di situ akan ada banyak sudut pandang yang sebelumnya tidak terpikirkan olehmu.

Selain itu, kamu juga akan mengetahui pengalaman banyak orang yang berhasil terbebas dari struggle dalam memunculkan kreativitas. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk mengikuti berbagai macam forum diskusi meskipun itu mengeluarkan biaya.

2. Jangan pernah lelah untuk melakukan "trial and error" secara berkala 

Agar Memiliki Pemikiran yang Kreatif, Kamu Wajib Membiasakan 5 Hal Inipexels.com/andrea piacquadio

Seseorang yang memiliki kreativitas tinggi, pastinya dia melakukan trial and error sebanyak mungkin. Hal itu dilakukan agar ide-ide yang muncul dapat menyempurnakan karyamu. Melakukan hal tersebut memang membutuhkan sebuah kesabaran karena kamu perlu mencobanya satu persatu.

Namun percayalah bahwa hal tersebut akan membuatmu menemukan ide kreatif sesuai gayamu. Jika ide-ide itu telah muncul, tidak dapat dimungkiri bahwa akan ada banyak karya yang akan terus terbentuk. Dengan adanya hal tersebut, kualitas kemampuan berpikir kreatifmu pasti akan bertambah secara signifikan.

3. Bacalah berbagai macam referensi karya dari banyak orang 

Agar Memiliki Pemikiran yang Kreatif, Kamu Wajib Membiasakan 5 Hal Inipexels.com/vlada karpovich

Jika memiliki kebuntuan dalam mendapatkan ide, cobalah untuk membaca referensi karya-karya milik orang lain. Pasti akan ada celah yang bisa kamu perbaiki sehingga dapat menyempurnakan karya sesuai versimu. Namun ingatlah bahwa kamu tidak boleh menirunya semirip mungkin karena hal itu dilarang.

Ketika melakukan hal tersebut, percayalah bahwa kamu akan lebih kreatif dalam berpikir. Kamu tidak akan mengalami kebuntuan lagi perihal mendapatkan ide. Gunakanlah pola ATM atau singkatan dari Amati, Tiru, dan Modifikasi agar karya-karya barumu bisa terbentuk.

Baca Juga: Jadi Support System, 6 Zodiak Ini Selalu Memberi Motivasi Hidup 

4. Jangan lupa untuk refreshing jika pikiranmu sedang buntu

Agar Memiliki Pemikiran yang Kreatif, Kamu Wajib Membiasakan 5 Hal Inipexels.com/artem beliaikin

Tidak dapat dimungkiri bahwa energi manusia itu sangatlah terbatas. Ketika rasa lelah melanda pikiranmu saat berusaha menemukan ide kreatif, cobalah untuk beristirahat sejenak. Otak dan tubuhmu itu perlu istirahat agar ide-ide cemerlang bisa muncul dengan sendirinya.

Jika terlalu memaksakan diri, yang terjadi hanyalah kebuntuan sehingga waktumu akan terbuang sia-sia. Cobalah untuk lebih sayang terhadap diri sendiri jika kamu memang benar-benar kelelahan. Mulai sekarang, istirahatlah jika hal itu memang diperlukan saat mengalami kebuntuan dalam berpikir.

5. Tetaplah meningkatkan kualitas kemampuan meskipun banyak hal telah dikuasai 

Agar Memiliki Pemikiran yang Kreatif, Kamu Wajib Membiasakan 5 Hal Inipexels.com/julia m cameron

Saat kamu telah menemukan bagaimana gayamu dalam berpikir kreatif, jangan pernah lelah untuk terus mengasahnya. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kebuntuan yang bisa saja terjadi suatu saat nanti. Percayalah bahwa sekali kamu buntu, maka untuk membangkitkan gairah kreatif lagi itu sangat sulit.

Lagipula kamu juga harus bersifat adaptif terhadap perkembangan zaman. Ingatlah bahwa orang lain lah yang menilah kreativitasmu agar bisa terus dihargai. Dengan adanya hal tersebut kamu dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan sesuatu yang lagi tren saat ini.

Itulah kelima hal yang bisa dilakukan agar kamu bisa meningkatkan kreativitas. Tetaplah berlatih karena kreativitas merupakan sebuah kemampuan yang tidak bisa didapatkan dengan cara instan.

Baca Juga: 5 Motivasi yang Harus Kamu Hindari Ketika Ingin Meraih Sesuatu

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya