Comscore Tracker

Agar Orang Lain Gak Sakit Hati, Setop Lakukan 5 Hal Ini Saat Ngobrol

Setiap orang itu punya sensitivitas hati yang berbeda-beda!

Gak bisa dimungkiri bahwa setiap orang memiliki sensitivitas hati yang berbeda-beda. Dengan adanya hal tersebut, kamu diharuskan untuk bisa menempatkan diri agar tindakanmu tidak malah menyakiti hati orang lain.

Apalagi ketika sedang mengobrol, kamu harus berhati-hati mengucapkan sesuatu agar tidak menyinggung perasaannya. Ada beberapa hal yang pantang dilakukan agar orang lain gak sakit hati saat ngobrol. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Berbicara blak-blakan dengan tidak mempertimbangkan perasaan orang lain

Agar Orang Lain Gak Sakit Hati, Setop Lakukan 5 Hal Ini Saat Ngobrolunsplash.com/Sam Farallon

Apakah kamu terbiasa berkata blak-blakan tanpa memperhatikan perasaan orang lain? Coba berhenti melakukan hal tersebut karena setiap orang memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda. Jangan berpatokan pada istilah "jujur itu lebih baik daripada membohongi perasaan".

Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu menyesuaikan diri agar orang lain tidak tersakiti. Jadilah orang yang lebih peka terhadap perasaan orang lain agar kehidupan sosialmu berjalan dengan baik.

2. Menghakimi kesalahan orang lain setelah dia menceritakannya kepadamu

Agar Orang Lain Gak Sakit Hati, Setop Lakukan 5 Hal Ini Saat Ngobrolunsplash.com/Ashkan Forouzani

Saat dia sedang bercerita terkait kesalahannya, cobalah untuk tidak menghakiminya. Meskipun dia memang benar-benar berada di pihak yang salah, cobalah untuk memberikan saran terbaik.Percayalah bahwa orang lain pasti akan sangat kecewa jika kamu malah menghakiminya.

Jadilah orang yang bisa menampung semua keluh kesah tanpa menghakimi meskipun itu perbuatan salah.

3. Bertubi-tubi memberikan saran padahal dia tidak meminta

Agar Orang Lain Gak Sakit Hati, Setop Lakukan 5 Hal Ini Saat Ngobrolunsplash.com/priscilla du preez

Memberikan saran tanpa diminta merupakan sebuah hal yang tidak boleh dilakukan. Sekali lagi ingatlah bahwa dia hanya membutuhkan telinga untuk mendengarkan keluh kesahnya. Kamu tidak bisa memberikan saran kepadanya jika tidak diminta.

Kamu hanya perlu mendengarkan dengan fokus agar rasa empati yang ada di dalam dirimu pun muncul. Oleh karena itu, mulai sekarang coba deh untuk tidak semena-mena dalam memberikan saran.

Baca Juga: 5 Topik Asyik Guna Mencairkan Suasana saat Kamu Ngobrol dengan Gebetan

4. Tidak berusaha untuk mau mengerti apa yang dirasakannya

Agar Orang Lain Gak Sakit Hati, Setop Lakukan 5 Hal Ini Saat Ngobrolunsplash.com/Sam Farallon

Agar orang lain gak sakit hati saat berbincang, cobalah untuk mengerti apa yang dirasakannya. Orang lain pasti akan menghargai semua usahamu yang mencoba untuk berempati itu. Dia pasti akan menganggap bahwa kamu adalah seorang pendengar yangb baik.

Hal tersebut bisa dilakukan jika kamu terbiasa mencobanya setiap kali mengobrol. Cobalah untuk belajar menjadi seseorang yang memiliki kepekaan hati tinggi.

5. Bermain smartphone ketika sedang mengobrol

Agar Orang Lain Gak Sakit Hati, Setop Lakukan 5 Hal Ini Saat Ngobrolunsplash.com/Alexis Brown

Siapa nih yang masih suka bermain smartphone saat sedang ada perbincangan? Jika kamu termasuk orang yang seperti itu, coba deh untuk berhenti mulai dari sekarang. Percayalah bahwa hal tersebut termasuk perilaku yang kurang sopan.

Dia pasti akan merasa tersinggung karena kelakuanmu yang tidak mendengarkannya. Ingatlah bahwa dia datang kepadamu untuk mendapatkan teman mengobrol. Letakkan smartphone-mu di meja jika sedang mengobrol, ya!

Untuk menjaga perasaan orang lain saat sedang berbincang memanglah susah-susah gampang. Teruslah berusaha menjadi orang yang bisa mengerti perasaan orang lain, ya! 

Baca Juga: 5 Bagian dari Pribadimu Ini Bikin Orang Betah Ngobrol Sama Kamu Lho!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya