Comscore Tracker

Gak Perlu Gengsi, 5 Alasan Kamu Sebaiknya Bergaya Hidup Sederhana

Gak usah neko-neko ya!

Bergaya hidup sederhana itu bukan berarti menjalani hari-hari dengan penuh kekurangan. Maksud yang sebenarnya dari hal itu adalah kamu dituntut untuk tidak berlebihan dalam menggunakan harta. Hal itu memiliki banyak manfaat yang sangat jarang orang ketahui.

Ketika memiliki banyak materi, orang-orang cenderung bergaya hidup secara berlebihan demi kebahagiaan. Padahal ada hal yang lebih membahagiakan jika kamu bisa menerapkan hidup sederhana. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Kesederhanaan akan menjadikanmu sebagai orang yang pandai bersyukur

Gak Perlu Gengsi, 5 Alasan Kamu Sebaiknya Bergaya Hidup Sederhanapexels.com/andrea piacquadio

Salah satu dampak positif yang pasti akan didapatkan ketika mengedepankan kesederhanaan adalah kamu akan lebih pandai bersyukur. Tidak akan ada kekurangan yang dirasalan olehmu karena di matamu, semuanya serba cukup. Hal itu juga akan menjauhkanmu dari seombongan.

Kamu juga percaya bahwa semua harta yang ada di dunia ini tidak dapat menciptakan kebahagiaan abadi. Roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, jangan pernah jauh-jauh untuk selalu bergaya hidup sederhana agar tak ada penyesalan di kemudian hari.

2. Kebahagiaan yang abadi pasti akan selalu menyertaimu

Gak Perlu Gengsi, 5 Alasan Kamu Sebaiknya Bergaya Hidup Sederhanapexels.com/viajero

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ketika telah mempraktikkan untuk selalu hidup sederhana, salah satu hal yang akan didapatkan adalah kebahagiaan abadi. Ingatlah bahwa materi tidak dapat membeli kebahagiaan yang ada. Materi bisa bersifat sebagai kawan ataupun lawan, tergantung kamu memperlakukannya.

Tubuh yang sehat, keluarga dan kerabat yang utuh, serta tidak merasa kekurangan merupakan aspek-aspek dari hidup bahagia. Tidak perlu dengan harta yang melimpah ruah, kamu hanya perlu orang-orang baik di sampingmu untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Renungan Sederhana Saat Kamu Merasa Sulit Dicintai Orang Lain

3. Tidak akan ada beban berlebih terkait pengelolaan uang

Gak Perlu Gengsi, 5 Alasan Kamu Sebaiknya Bergaya Hidup Sederhanapexels.com/melvin vito

Pada saat memiliki banyak uang, pasti pengeluaran akan bertambah banyak pula. Orang-orang yang bergaya hidup glamour pasti cenderung agak was-was dalam pengelolaan uang. Mereka cenderung lebih takut jatuh miskin jika tak bisa mengelola keuangan dengan baik. Hal tersebut berarti beban pikiran juga akan bertambah.

Jika dirimu selalu menerapkan prinsip hidup sederhana, percayalah bahwa tidak akan ada kepanikan yang membebani pikiranmu. Kamu akan lebih menjalankan hidup dengan apa adanya. Bukanlah hal itu sangat membahagiakan jika dibayangkan? Oleh karena itu, yuk bergaya hidup sederhana.

4. Kamu tidak akan neko-neko perihal mengikuti tren

Gak Perlu Gengsi, 5 Alasan Kamu Sebaiknya Bergaya Hidup Sederhanapexels.com/dennis leinarts

Ketika memiliki uang banyak dan selalu hidup dengan penuh kemewahan, kamu pasti akan cenderung untuk setia mengikuti tren yang ada. Semuanya pasti akan kamu beli demi gengsi semata. Hal tersebut sebenarnya tidak akan ada  manfaatnya dan mungkin malah menjadi bumerang di kemudian hari.

Alangkah lebih baik jika kamu selalu menerapkan prinsip sederhana dalam hidup. Percayalah bahwa kamu tidak akan pernah berpikiran aneh-aneh mengenai tren yang lagi viral sekarang atau semacamnya. Cobalah jalani hidup dengan apa adanya. Percayalah bahwa tidak ada hal baik yang tak menghasilkan kebaikan.

5. Kamu pasti akan disegani oleh banyak orang

Gak Perlu Gengsi, 5 Alasan Kamu Sebaiknya Bergaya Hidup Sederhanapexels.com/andrea piacquadio

Salah satu dampak positif yang paling nyata jika selalu mengedepankan prinsip hidup sederhana adalah kamu pasti akan banyak disegani oleh orang lain. Mereka pasti akan menaruh hormat kepadamu. Percayalah bahwa hal tersebut sangatlah berguna jika suatu saat nanti kamu sedang dalam kesusahan.

Orang lain pasti tidak akan segan-segan membantumu untuk keluar dari permasalahan. Bebanmu pasti akan lebuh cepat terkurangi pula dengan adanya hal tersebut. Intinya adalah berbuat baiklah di depan maupun di belakang orang lain agar kebaikan selalu menyertai hidupmu.

Itulah kelima alasan mengapa kamu harus mengedepankan kesederhanaan dalam menjalani hidup. Gak usah gengsi untuk mencobanya ya!

Baca Juga: 5 Alasan Sederhana Untuk Meredam Ego dan Mengucap Maaf, Jangan Gengsi!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya