Comscore Tracker

5 Alasan Gak Boleh Mudah Mengeluh Soal Perjuangan saat Masih Muda

Berjuang sekarang, rasakan manfaatnya di masa depan

Waktu muda merupakan masa-masa yang cukup berpotensi bagi setiap orang. Meskipun begitu, banyak anak muda atau millennial yang memutuskan untuk tetap berada di zona nyaman. Dengan kata lain, mereka lebih condong untuk bermalas-malasan.

Hal tersebut sejatinya wajib diubah jika kamu ingin punya masa tua yang benar-benar mentereng. Ada beberapa alasan mengapa kamu gak boleh banyak mengeluh dan bersedia untuk berjuang selagi masih muda. Simak pembahasan berikut ini agar kamu tergolong jadi millennial yang sukses di kemudian hari.

1. Masa muda itu cerminan bagaimana kehidupanmu saat tua nanti

5 Alasan Gak Boleh Mudah Mengeluh Soal Perjuangan saat Masih Mudailustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Percayalah bahwa apa yang kamu lakukan di masa muda itu cerminan bagaimana nanti dirimu ketika tua. Hal itu terjadi sebab masa muda merupakan saat-saat paling krusial seseorang dalam menentukan perjalanan hidupnya.

Terlebih, kamu di hadapkan kepada banyak pilihan sehingga harus memutuskan untuk menentukan salah satunya. Dengan adanya hal itu, cobalah untuk lebih bersemangat dalam berjuang dan kurangi mengeluh saat masih muda.

2. Kamu masih memiliki kondisi fisik dan semangat yang prima

5 Alasan Gak Boleh Mudah Mengeluh Soal Perjuangan saat Masih Mudailustrasi bersalaman (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa seseorang yang masih muda itu kebanyakan punya kondisi fisik oke. Selain itu, kamu juga masih punya pola pikir yang jernih sehingga dapat memunculkan ide-ide fresh ketika sedang berjuang.

Semangat yang prima semacam itu wajib dimanfaatkan sebaik mungkin karena tidak terjadi dua kali. Jangan sampai semangatmu yang membara ketika masih muda disia-siakan begitu saja. Ingatlah kamu punya mimpi yang harus diraih.

Baca Juga: 5 Hal yang Setidaknya Kamu Lakukan Selagi Usia Masih Muda, Bepergian?

3. Bermalas-malasan tidak akan membuatmu sukses

5 Alasan Gak Boleh Mudah Mengeluh Soal Perjuangan saat Masih Mudailustrasi kaget (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebuah keberhasilan sejatinya bisa didapatkan jika kamu bersedia untuk berjuang. Jika hanya bermalas-malasan, kesuksesan pasti akan kabur darimu. Kendati demikian, setiap orang punya jalan yang berbeda-beda dalam memperjuangkan mimpi.

Kamu harus bisa fokus terhadap apa yang kamu ingin gapai saat ini. Cobalah untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang mendorongmu menjadi malas seperti gim dan lainnya. Dengan begitu, kamu pasti akan terpacu untuk berjuang.

4. Kamu masih punya potensi untuk merealisasikan mimpimu

5 Alasan Gak Boleh Mudah Mengeluh Soal Perjuangan saat Masih Mudailustrasi bekerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Sebelumnya telah disinggung bahwa masa-masa muda merupakan waktu yang cukup potensial. Kamu punya banyak pilihan mimpi yang bakal menjadi bekal hidup di masa tua nanti. Potensi semacam itu sejatinya wajib kamu gali secara mendalam.

Jangan sia-siakan hal tersebut sebab kamu akan menyesal nantinya. Ikutilah berbagai macam upaya untuk membantu menggapai potensimu yang mungkin kini masih belum muncul. Hal tersebut pasti akan membuatmu gampang merealisasikan mimpi suatu saat nanti.

5. Ada orang terkasih yang harus kamu buat bangga

5 Alasan Gak Boleh Mudah Mengeluh Soal Perjuangan saat Masih Mudailustrasi istirahat (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Kamu pasti memiliki orang terkasih yang menunggu kesuksesanmu. Entah itu orangtua ataupun pasangan, mereka pasti akan sangat gembira ketika kamu sukses menorehkan impian. Meskipun begitu, jangan anggap hal itu sebagai tekanan.

Semua keputusan tetap ada di tanganmu. Jadikan hal tersebut sebagai suntikan semangat agar kamu enggan menyerah walaupun situasinya cukup sulit. Lagipula, dengan membuat mereka bangga, kamu pasti akan merasa ikut bahagia.

Berhentilah mengeluh soal perjuangan selagi masih muda sebab itu bakal menghambatmu. Gunakan tenaga dan pikiran seoptimal mungkin agar mimpi-mimpi indahmu bisa terlaksana.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Ubah Kebiasaan Mengeluh jadi Bersyukur

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya