Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Membiasakan Diri untuk Berani Bilang "Tidak" 

Jangan mudah gak enakan ya!

Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang di sekitar kita itu kebanyakan terlahir dengan memiliki kebiasaan "gak enakan". Hal tersebut dapat membuat seseorang susah untuk menolak pertolongan orang lain meskipun sangat memberatkan. Jika dilogika, hal tersebut pasti akan merugikannya.

Apakah kamu salah satu dari orang yang seperti itu? Jika iya, maka cepat-cepatlah untuk berubah demi keberlangsungan hidupmu. Ada beberapa alasan logis mengapa kamu perlu membiasakan diri untuk bilang "tidak" jika menolak sesuatu. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu gak gampang baper 

5 Alasan Kamu Harus Membiasakan Diri untuk Berani Bilang Tidak pexels.com/min an

Salah satu manfaat yang akan didapat jika senantiasa berani untuk bilang "tidak" adalah kamu gak akan mudah baper. Kamu pasti akan lebih berpikir secara realistis sehingga senantiasa mengedepankan self-love.

Ingatlah bahwa mencintai diri sendiri melebihi apapun itu perlu dilakukan. Hal itu dapat membuatmu menjadi seseorang yanh lebih kuat tanpa dihantui perasaan mudah rapuh. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk mulai berani bilang "tidak" jika tidak cocok terhadap sesuatu.

2. Jika selalu sungkan, maka bersiaplah untuk ditindas terus 

5 Alasan Kamu Harus Membiasakan Diri untuk Berani Bilang Tidak pexels.com/renato mu

Dampak buruk yang akan didapat jika gak pernah berani untuk bilang tidak adalah kamu akan mudah ditindas. Hal tersebut terjadi karena kamu senantiasa mendahulukan kepentingan orang lain meskipun di luar kemampuanmu.

Sekali lagi ingatlah bahwa mencintai diri sendiri adalah nomer satu. Kamu gak bisa terus-terusan mengorbankan segalanya demi orang lain karena hal itu hanya akan merugikan diri sendiri. Mulai sekarang cobalah untuk mengubah pola pikir tersebut.

3. Ingatlah bahwa kamu juga memiliki harga diri yang harus ditegakkan 

5 Alasan Kamu Harus Membiasakan Diri untuk Berani Bilang Tidak pexels.com/NEOSiAM 2020

Setiap orang pasti memiliki harga diri yang harus ditegakkan. Begitupula dirimu, kamu juga harus memiliki pendirian yang cukup tegas demi tegaknya sebuah harga diri. Jika ada orang lain yang meminta bantuan padahal kamu sedang sibuk, jangan sungkan-sungkan untuk menolaknya.

Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu bersikap egois demi kebaikan diri sendiri. Tidak udah berpikiran aneh-aneh tentang perasaan orang lain yang kamu tolak permintaan tolongnya. Percayalah bahwa dia pasti akan mengerti keadaan yang kamu hadapi saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Efektif agar Kamu Bisa Terlepas dari Kebiasaan "Gak Enakan"

4. Terkadang seseorang perlu melakukan hal-hal yang ada kaitannya dengan hidupnya 

5 Alasan Kamu Harus Membiasakan Diri untuk Berani Bilang Tidak pexels.com/andrea piacquadio

Tidak semua hal yang ada di lingkunganmu itu harus kamu kerjakan. Terkadang kamu perlu memilih yang berhubungan dengan keberlangsungan hidupmu. Hal tersebut bukanlah sikap egois, melainkan lebih ke pemikiran realistis.

Sebelumnya 'kan sudah disebutkan juga bahwa kamu perlu fokus terhadap diri sendiri. Lagipula kamu juga memiliki hak untuk bilang "tidak" terhadap sesuatu yang gak menunjang kehidupanmu sama sekali.

5. Jika gak berani untuk menolak, kamu akan terus makan hati 

5 Alasan Kamu Harus Membiasakan Diri untuk Berani Bilang Tidak pexels.com/nathan cowley

Memang pada hakikatnya manusia diciptakan untuk saling tolong menolong satu sama lain. Namun kamu harus menggunakan logika jika melakukan hal tersebut. Hal itu digunakan agar kamu tidak merasa dirugikan karena berbuat baik.

Maka dari itu cobalah untuk berani bilang "tidak" kepada orang lain agar tidak terus-terusan makan hati. Kamu tidak perlu mempertahankan sikap "gak enakan" demi kebaikan diri sendiri. Meskipun susah, cobalah untuk perlahan melakukannya.

Itulah kelima alasan mengapa kamu perlu membiasakan diri untuk berani bilang "tidak". Apakah kamu masih tetap ingin mempertahankan sikap "gak enakan"? Pikirkan dengan bijaksana ya!

Baca Juga: Kelewat Baik dan Gak Enakan, 5 Zodiak Ini Sulit Berkata "Tidak"

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya