Comscore Tracker

Gak Perlu Takut! 5 Alasan Kamu Harus Berani Menegur Orang yang Salah

Namun tetap, menegurnya harus dengan sopan ya!

Setiap orang pasti tidak akan terlepas dari kesalahan. Namun ketika sedang salah, terkadang orang tersebut tidak menyadarinya karena merasa diri paling benar. Ketika kamu menemui orang seperti itu, cobalah untuk menegurnya agar tidak ada keburukan yang mungkin dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.

Tetapi hal tersebut cukup susah dilakukan karena kebanyakan orang itu bersifat egois. Namun kamu harus tetap melakukannya demi kebaikan semua pihak. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai alasan mengapa menegur orang lain ketika salah itu wajib, coba simak pembahasannya berikut ini.

1. Agar orang itu bisa sadar akan kesalahannya

Gak Perlu Takut! 5 Alasan Kamu Harus Berani Menegur Orang yang Salahpexels.com/trinity kubassek

Sebelumnya telah disebutkan bahwa tak semua orang memiliki kemampuan untuk bisa sadar diri. Mungkin saja orang-orang tersebut memerlukan dorongan dari pihak lain agar bisa berpikir mengenai kesalahannya. Menyadarkan seseorang mengenai kesalahannya memanglah cukup sulit dilakukan.

Tetapi jika kamu berhasil melakukannya, percayalah pasti ada kepuasan batin yang akan didapatkan. Cobalah untuk lebih terbuka terhadap masalah-masalah sosial seperti itu karena mungkin ada banyak kaitannya dengan kehidupanmu sendiri. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk menegur orang lain ketika dia salah.

2. Agar tidak ada orang lain lagi yang dirugikan olehnya

Gak Perlu Takut! 5 Alasan Kamu Harus Berani Menegur Orang yang Salahpexels.com/fauxels

Setiap kesalahan itu pasti ada konsekuensinya. Namun kebanyakan konsekuensi yang dimaksud lebih mengarah pada hal buruk. Ketika sedang melakukan kesalahan, orang lain pasti akan merasa dirugikan karena lebih cenderung egosentris. Mereka mungkin tidak memikirkan orang lain yang tidak ada singgungannya dengan kehidupannya sendiri.

Kerugian pasti akan didapatkan baik secara materi maupun moral. Untuk mencegah kerugian itu bisa bertambah luas, cobalah untuk selalu mengingatkan orang lain ketika salah. Percayalah bahwa hal baikmu itu pasti akan membawa kebaikan untukmu sendiri di lain waktu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Takut Mengakui Kesalahan, Jujur Saja!

3. Terkadang ketika berbuat kesalahan, seseorang perlu ditegur agar dapat berubah

Gak Perlu Takut! 5 Alasan Kamu Harus Berani Menegur Orang yang Salahpexels.com/mentatdgt

Setiap orang pasti memiliki kemampuan untuk sadar diri yang berbeda-beda. Hal itu lumrah terjadi karena memang semuanya tidak bisa digeneralisir. Meskipun orang tersebut tidak memiliki banyak pengaruh untuk hidupmu, namun cobalah untuk selalu mengingatkan tentang kesalahannya.

Bisa jadi dia merupakan seseorang yang tidak bisa intropeksi diri jika tak ada yang mengingatkan. Berbuat baiklah kepada sesama meskipun karena hal tersebut tidak ada ruginya. Ingatlah bahwa hukum timbal balik itu pasti berlaku. Maka dari itu, jangan pernah lelah untuk selalu berbuat baik dalam segala hal.

4. Agar tidak ada penyakit hati yang terus tertanam

Gak Perlu Takut! 5 Alasan Kamu Harus Berani Menegur Orang yang Salahpexels.com/christian morillo

Salah satu momok yang paling menakutkan dari setiap orang adalah timbulnya penyakit hati. Hal itu meliputi rasa dendam dan benci yang bergabung menjadi satu. Hal tersebut bersifat sangat merugikan jika tidak ada kemauan untuk menghilangkannya. Ketika orang lain berbuat salah di suatu forum atau semacamnya, cobalah untuk mengingatkan tentang perbuatannya.

Hal itu untuk mencegah timbulnya penyakit hati di dalam dirinya, dirimu, ataupun orang-orang yang ada di sekitarnya. Meskipun cukup susah, tetapi melakukan hal tersebut adalah salah satu bentuk kepedulianmu terhadap mereka. Ingatlah bahwa tidak ada kebaikan yang bersifat sia-sia.

5. Ingatlah bahwa semua orang harus bisa menyesuaikan norma di lingkungannya

Gak Perlu Takut! 5 Alasan Kamu Harus Berani Menegur Orang yang Salahpexels.com/mentatdgt

Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Setiap orang pasti memiliki lingkungan sosial yang tidak boleh dirusak ketenteramannya. Di setiap lingkungan sosial itu pasti ada norma-norma yang berlaku dan mungkin berbeda-beda. Ketika berada di lingkungan sosial, mau tidak mau setiap orang harus bisa menyesuaikan, terutama dalam hal etika dan norma.

Ketika seseorang berbuat salah, usahakan kesalahan tersebut harus bisa cepat terselesaikan agar tidak merusak image buruk di mata orang lain. Jangan pernah ragu untuk mengingatkan seseorang yang mungkin tidak sadar akan kesalahannya. Ingatkanlah juga kepada mereka bahwa semua hal di dunia ini pasti ada aturannya.

Itulah kelima alasan mengapa gak boleh ragu untuk menegur orang yang berbuat salah. Berani coba?

Baca Juga: 5 Sikap Bijak Setelah Kamu Memaafkan Kesalahan Orang

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya