Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Berdamai dengan Masa Lalu, Biar Hati Tenang!

Gak usah terlalu larut dalam kesedihan ya!

Menghapus ingatan tentang masa lalu adalah sesuatu yang sangat susah untuk dilakukan. Tidak semua orang bisa mudah melupakan semua yang telah terjadi. Terkadang ada juga orang yang berusaha sekuat tenaga agar masa lalu tersebut terulang lagi.

Namun mau tidak mau kamu harus bisa berdamai dengan masa lalu. Hal tersebut wajib dilakukan demi kebaikan diri sendiri. Ada beberapa alasan masuk akal mengapa kamu perlu berdamai dengan masa lalu. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Ingatlah bahwa kamu gak bisa menghapus kenangan sepenuhnya

5 Alasan Kamu Harus Berdamai dengan Masa Lalu, Biar Hati Tenang!pexels.com/engin akyurt

Tidak dapat dimungkiri bahwa kenangan masa lalu itu sangat susah untuk dihilangkan. Terkadang kamu perlu membiasakan diri untuk bisa hidup berdampingan dengannya meskipun terkadang dapat membuat hati nyesek.

Maka dari itu kamu perlu melatih diri untuk terbiasa hidup bersamanya. Percayalah bahwa segala sesuatu yang terjadi itu pasti ada konsekuensinya. Cobalah secara perlahan membiasakan untuk melakukan hal itu demi kebaikan diri.

2. Dengan melakukan hal tersebut kamu bisa belajar untuk tumbuh dewasa

5 Alasan Kamu Harus Berdamai dengan Masa Lalu, Biar Hati Tenang!pexels.com/juan pablo serrano arenas

Seiring berjalannya waktu, usia setiap orang akan terus bertambah. Dengan adanya hal tersebut, kamu dituntut untuk bisa beradaptasi perihal kepribadian maupun sikap. Kamu perlu mengembangkan pola pikir menjadi ke seseorang yang lebih dewasa.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berdamai dengan masa lalu. Kamu pasti akan belajar bahwa setiap sesuatu itu pasti memiliki masanya masing-masing. Kamu juga akan terbiasa tidak menuntut orang lain untuk senantiasa mencintai dirimu.

Baca Juga: Jika Ada 5 Tanda Ini, Berarti Kamu Masih Gak Bisa Melupakan Masa Lalu

3. Terkadang kenangan itu memberikanmu banyak pelajaran hidup

5 Alasan Kamu Harus Berdamai dengan Masa Lalu, Biar Hati Tenang!pexels.com/YURI MANEI

Jika dilihat lebih lanjut, kamu dapat memetik banyak pelajaran hidup yang cukup berharga dari masa lalu. Kamu pasti akan belajar bahwa segala sesuatu yang telah pergi memang harus diikhlaskan. Selain itu, kamu juga dapat belajar tentang apapun perihal asmara agar menjadikanmu lebih dewasa.

Ingatlah bahwa guru terbaik adalah sebuah pengalaman. Kamu tidak perlu kembali kepada masa lalu jika hal tersebut sungguh menyakitimu pada saat kemarin. Kamu hanya perlu meratapi kesalahan terhadap yang telah terjadi di masa lalu untuk dijadikan pelajaran berharga.

4. Ingatlah bahwa kamu berhak untuk tidak makan hati lagi

5 Alasan Kamu Harus Berdamai dengan Masa Lalu, Biar Hati Tenang!pexels.com/rene asmussen

Saat meninggalkan mantan kekasih, pasti ada kekecewaan yang begitu mendalam kepadanya. Hal tersebut biasanya membuat dirimu senantiasa makan hati pada setiap harinya. Kamu perlu melangkah ke depan agar tidak ada hati yang tersakiti lagi.

Berdamai dengan masa lalu dapat membuat hatimu menjadi tenang. Kamu tidak perlu terus-terusan benci kepadanya karena hal itu hanya membuat permasalahan menjadi rumit. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk melakukan hal tersebut demi kebaikan diri.

5. Ingatlah bahwa kamu gak bisa terus-terusan berada di satu titik

5 Alasan Kamu Harus Berdamai dengan Masa Lalu, Biar Hati Tenang!pexels.com/dids

Segala sesuatu itu pasti ada masanya. Begitupula masa lalu, terkadang kamu perlu melangkah ke depan demi hidup yang lebih baik lagi. Dengan adanya hal tersebut, secepat mungkin kamu perlu membiasakan diri untuk berdamai dengan masa lalu.

Kamu tidak bisa berada di satu titik di mana pikiranmu tidak bisa melepas semua kenangan yang telah terjadi. Jadikanlah hal tersebut sebagai proses untukmu agar menjadi lebih dewasa. Cobalah untuk berpikir jangka panjang agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Jangan biarkan kenangan masa lalu merusak hari-harimu. Alangkah lebih baik jika kamu melangkah ke depan serta memulai hidup dengan suasana baru.

Baca Juga: Inil 5 Tanda Kamu Masih Terikat Memori Masa Lalu, Susah Move On Ya?

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya