Comscore Tracker

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Harus Mendahulukan Kepentingan Pribadi

Bersikap egois kadang diperlukan, lho!

Mendahulukan kepentingan pribadi memang terkesan egois. Namun, terkadang kamu harus melihat sesuatu dari sudut pandang lainnya juga. Tidak selamanya mendahulukan kepentingan pribadi itu gak boleh dilakukan, lho!

Terkadang hal tersebut wajib kamu kerjakan dengan berbagai tujuan yang berpengaruh bagi keberlangsungan hidupmu. Ada beberapa alasan masuk akal mengapa terkadang kamu perlu mendahulukan kepentingan pribadi. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini, yuk!

1. Ingatlah bahwa sejatinya kamu memiliki tanggung jawab yang wajib diselesaikan

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Harus Mendahulukan Kepentingan Pribadiunsplash.com/Dylan Gillis

Coba pikir ulang deh, bukankah kamu memiliki tanggung jawab yang wajib diselesaikan? Dengan terlalu banyak membantu orang lain akan membuat pekerjaanmu itu tidak akan tersentuh.

Kamu pasti akan terlalu sibuk menolong orang lain untuk menyelesaikan urusannya. Cobalah untuk bersikap tegas bahwa terkadang kamu perlu me-time demi menyelesaikan pekerjaan, lho!

2. Terlalu sering bersikap baik kepada orang lain akan berdampak buruk bagimu

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Harus Mendahulukan Kepentingan Pribadiunsplash.com/You X Ventures

Ingatlah bahwa sejatinya gak ada manusia yang pure baik di dunia ini. Jika kamu bersikap baik kepada orang lain, cobalah untuk tidak terlalu berlebihan dalam melakukannya. Terlalu sering membantu orang lain akan membuatmu malah dimanfaatkan.

Maka dari itu terkadang kamu harus berani menolak permintaan tolong orang lain jika urusanmu benar-benar mendesak. Lagipula, segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik, bukan?

Baca Juga: 5 Situasi yang Membolehkan Kamu untuk Bersikap Egois, Apa Saja? 

3. Yang bisa menentukan jalan hidupmu adalah dirimu sendiri

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Harus Mendahulukan Kepentingan Pribadiunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Percayalah bahwa sejatinya yang bisa menentukan jalan hidupmu adalah dirimu sendiri. Orang lain hanya membantu sebagian kecil saja, sisanya itu adalah murni dari usahamu. Jika terlalu sering mendahulukan kepentingan orang lain, lantas siapakah yang akan memperjuangkan mimpi-mimpimu?

Memang tidak salah jika kamu mendedikasikan niat baik untuk orang lain, namun ingat porsinya, ya! Kamu perlu fokus terhadap diri sendiri agar mimpi-mimpi bisa terealisasi.

4. Pekerjaanmu pasti akan keteteran jika selalu mendahulukan kepentingan orang lain

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Harus Mendahulukan Kepentingan Pribadiunsplash.com/tim gouw

Di awal sudah disebutkan bahwa setiap orang wajib menyelesaikan tanggung jawabnya secara maksimal. Mendahulukan kepentingan orang lain akan membuat pekerjaanmu menjadi keteteran, lho!

Apalagi seiring berjalannya waktu pekerjaan tersebut akan terus bertambah jumlahnya. Fokus kepada diri sendiri dulu aja, deh, agar kamu gak banyak menunda pekerjaan!

5. Bebanmu akan cepat hilang jika kamu tetap fokus pada tanggung jawab diri sendiri

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Harus Mendahulukan Kepentingan Pribadiunsplash.com/Victoria Heath

Jika bisa fokus terhadap tanggung jawab diri sendiri, percayalah bahwa pekerjaan tersebut pasti akan cepat terselesaikan. Hal itu karena kamu bisa berfokus dan menghiraukan kondisi di luar yang tidak terlalu urgent demi berkurangnya beban hidup.

Meskipun terkesan cukup egois, terkadang kamu perlu melakukan hal tersebut demi kebaikan diri sendiri. Namun kamu gak boleh menolak permintaan tolong secara kasar, ya! Beri orang tersebut pengertian secara baik-baik agar dia bisa menerimanya.

 

Mendahulukan kepentingan pribadi memang tidak selamanya dipandang buruk. Selagi hal terebut tidak mengganggu ketenteraman bersama, cobalah untuk fokus kepada diri sendiri, ya! Namun jika tanggung jawabmu sudah kelar semua, cobalah untuk membangun hubungan sosial dengan orang lain lagi!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Perlu “Bersikap Egois” demi Kebaikan Diri Sendiri

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya