Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Selalu 'Ringan Tangan', Gak Boleh Serakah!

Berani coba?

Apakah kamu merupakan seseorang yang suka membantu antar sesama? Memang tak semua orang memiliki jiwa yang mulia seperti itu. Namun hal tersebut banyak menghasilkan dampak positif yang tentunya bisa menunjang kehidupan sehari-harimu. Salah satu contohnya adalah menghindari sifat serakah.

Memang setiap orang pada hakikatnya selalu ingin mendapatkan apapun yang diinginkan. Tetapi semua hal tersebut bisa terkendali jika kamu membiasakan diri untuk berbagi. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang mengapa kamu harus memiliki sikap ringan tangan, simak pembahasannya berikut ini.

1. Sering berbagi kebaikan dapat membuat hati merasa tenang

5 Alasan Kamu Harus Selalu 'Ringan Tangan', Gak Boleh Serakah!pexels.com/daniel xavier

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin sering berbagi kebaikan, maka hatimu pasti akan terasa lebih tenang. Hal itu terjadi karena rasa iba antar sesama pasti akan muncul. Kamu akan berubah menjadi seseorang yang lebih dermawan hanya untuk membantu teman yang kesusahan.

Meskipun sulit untuk menginisiasinya, tetapi kamu harus berani mempraktikannya dari sekarang. Ingatlah bahwa semua hal itu pasti akan terjadi jika kamu terbiasa melakukannya. Jadi intinya adalah jangan pernah ragu untuk berbuat kebaikan meskipun hanya secuil.

2. Aura positif pasti akan selalu keluar dalam dirimu

5 Alasan Kamu Harus Selalu 'Ringan Tangan', Gak Boleh Serakah!pexels.com/caio resende

Meskipun tidak tampak secara nyata, tetapi orang-orang yang memiliki sifat dermawan lebih cenderung terlihat menawan dari luar. Hal itu karena kebaikan yang dilakukannya secara ikhlas demi membahagiakan orang lain. Teman-temanmu pasti akan menganggap bahwa dirimu adalah orang yang baik.

Dengan stigma tersebut, maka siapapun yang melihatmu pasti akan terpana melihat sikap yang cukup mulia itu. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untukmu dalam memulai tebar kebaikan dengan membiasakan diri untuk selalu ringan tangan kepada sesama.

3. Semua orang pasti akan segan terhadapmu

5 Alasan Kamu Harus Selalu 'Ringan Tangan', Gak Boleh Serakah!pexels.com/ELEVATE

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa banyak orang pasti akan merasa senang untuk melihatmu karena sifat dermawan yang kamu lakukan. Tapi ada banyak rintangan yang harus kamu lewati karena bisa saja mungkin beberapa orang yang iri terhadap kebaikanmu.

Semua hal itu harus dijadikan pecutan semangat untukmu agar tidak goyah meskipun banyak dicaci dalam berbuat kebaikan. Lambat laun, orang-orang tersebut pasti akan lebuh segan terhadapmu karena sebagian besar dari masalah hidupnya dapat terselesaikan dengan bantuanmu.

Baca Juga: 5 Perilaku Serakah Pasangan dalam Hubungan, Pernah Merasakan?

4. Jika sedang kesusahan, kamu pasti memiliki banyak teman untuk membantu menyelesaikan

5 Alasan Kamu Harus Selalu 'Ringan Tangan', Gak Boleh Serakah!pexels.com/ELEVATE

Apakah kamu percaya bahwa hukum timbal balik itu berlaku? Tak sedikit orang yang meragukan hal tersebut karena mereka percaya bahwa semua hal baik pasti akan dibalas dengan setimpal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mulau membiasakan diri untuk ringan tangan tergadap sesama.

Percayalah bahwa jika suatu saat nanti kamu sedang kesusahan, orang-orang di sekitarmu itu pasti tidak akan segan-segan untuk menolong. Mereka pasti ingat tentang jasa-jasa yang telah kamu berikan kepadanya. Semua itu pasti akan terjadi jika kamu bisa konsisten dalam berbuat baik.

5. Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial

5 Alasan Kamu Harus Selalu 'Ringan Tangan', Gak Boleh Serakah!pexels.com/pixabay

Semua orang pasti setuju bahwa pada hakikatnya manusia itu adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Terkadang banyak problematika hidup yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Namun percayalah bahwa ketika memiliki banyak teman, semua beban yang kamu tanggung pasti akan terasa ringan.

Hal tersebut terjadi karena banyak otak pasti berpikir untuk menyelesaikan sebuah perkara. Tetaplah berbuat baik kepada sesama jika kamu ingin merasakan hal yang bersifat positif suatu saat nanti. Ingatlah bahwa di dunia ini kamu hidup itu tidak sendirian. Banyak orang di luar sana yang akan menolong ataupun butuh bantuanmu.

Itulah kelima alasan mengapa kamu harus ringan tangan kepada sesama. Konsistenlah dalam berbuat baik agar hal-hal positif selalu menyertai hidupmu.

Baca Juga: 5 Hal Buruk Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Dikuasai oleh Sifat Serakah

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya