Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Mengekspresikan Kesedihan, Bukan Karena Lemah!

Apakah kamu sering dianggap lemah saat bersedih?

Siapa nih di sini yang masih suka menahan beban dan tidak berani mengekspresikannya? Percayalah bahwa hal tersebut akan berdampak buruk bagi dirimu, lho! Terkadang seseorang perlu mengekspresikan kesedihannya jika hatinya sedang rapuh.

Jangan dengarkan orang-orang toxic yang menganggap bahwa bersedih itu menunjukkan bahwa kamu adalah manusia lemah. Ada beberapa alasan masuk akal mengapa terkadang kamu perlu mengekspresikan kesedihan. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini, ya!

1. Percayalah bahwa memendam kesedihan itu gak baik baik kesehatan mentalmu

5 Alasan Kamu Perlu Mengekspresikan Kesedihan, Bukan Karena Lemah!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kita memang ditakdirkan untuk menyembunyikan kesedihan di depan orang lain agar terlihat sebagai manusia kuat. Namun mau sampai kapan kamu akan terus bertahan seperti itu?

Ingatlah bahwa kesedihanmu itu sudah tertampung banyak di hati sehingga perlu dikeluarkan. Jangan ragu untuk mengekspresikan kesedihan demi kesehatan mentalmu, ya!

2. Kamu gak bisa terus-terusan membohongi diri sendiri

5 Alasan Kamu Perlu Mengekspresikan Kesedihan, Bukan Karena Lemah!unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Membohongi diri sendiri agar bisa tetap terlihat ceria di hadapan orang lain adalah hal yang keliru. Ingatlah bahwa setiap orang berhak mengekspresikan kesedihannya demi ketenteraman hatinya. Apakah kamu gak ingin menggunakan hak tersebut agar hatimu bisa plong?

Mulai sekarang cobalah untuk bersedih ataupun menangis jika ada hal yang tidak sesuai realita menurut perspektifmu. Dengan melakukan hal semacam itu, kamu pasti akan mudah untuk berbahagia.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Kesedihan Usai Putus agar Tetap Produktif

3. Dengan mengekspresikan kesedihan, bebanmu pasti akan hilang dengan sendirinya

5 Alasan Kamu Perlu Mengekspresikan Kesedihan, Bukan Karena Lemah!unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Percaya deh, kalau dengan mengekspresikan kesedihan itu akan membuat semua bebanmu bisa hilang. Hal itu karena kamu telah mengeluarkan semua uneg-uneg yang sebelumnya menggerogoti hati. Hatimu pasti akan menjadi tenang jika semuanya telah tersampaikan.

Ingatlah bahwa beban hidup itu akan terus bertambah seiring bertambahnya usia. Jangan menunda untuk melepaskan bebanmu saat ini demi ketenteraman hidup.

4. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda

5 Alasan Kamu Perlu Mengekspresikan Kesedihan, Bukan Karena Lemah!unsplash.com/ethan Sykes

Satu hal yang wajib diingat adalah setiap orang memiliki kekuatan hati berbeda-beda. Jika kamu terus-terusan membohongi diri sendiri dengan berlagak sok kuat, percayalah bahwa hal tersebut akan menjadi bumerang untukmu. Tidak ada salahnya bersedih jika ada beban yang mengganjal karena hal tersebut adalah manusiawi, kok!

5. Dengan bersedih pikiranmu pasti akan menjadi segar kembali

5 Alasan Kamu Perlu Mengekspresikan Kesedihan, Bukan Karena Lemah!unsplash.com/eli DeFaria

Setelah mengekspresikan kesedihan, hal tersebut membuat hatimu menjadi plong dan fresh kembali. Hal itu karena kamu telah berani mengeluarkan semua pikiran negatif dengan cara mengekspresikan semua rasa kecewa dari dalam hati.

Kamu pasti ingin kebiasaan overthinking bisa cepat hilang, bukan? Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk tidak membohongi diri sendiri saat sedang merasa sedih.

 

Dari kelima alasan tersebut, apakah kamu masih yakin untuk tetap membohongi diri sendiri? Yuk, mulai belajar untuk membuat emosi di dalam diri menjadi sehat. Namun jangan bersedih terlalu berlebihan, karena hal itu juga akan berdampak buruk bagi dirimu.

Baca Juga: Harus Bijak, 5 Kesedihan Ini Gak Perlu Diumbar di Medsos

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya