Comscore Tracker

Agar Gak Mudah Mengeluh, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Merefleksi Pencapaian

Apakah kamu sudah merefleksi pencapaianmu selama ini?

Di dunia ini tidak jarang orang yang mengalami kegagalan dalam meraih mimpinya. Hal itu pasti membuat hati menjadi sedih tak karuan karena rasa kecewa yang begitu mendalam. Namun pernahkah kamu kecewa terhadap diri sendiri karena tidak bisa meraih mimpi-mimpi itu? Jika iya, tidak apa-apa lakukan sajalah.

Banyak orang yang gak menyadari bahwa dengan merefleksi semua pencapaian dapat membuat perjalanan hidup lebih tertata. Hal itu karena akan ada banyak pelajaran hidup yang kamu peroleh dari pengalamanmu. Ada alasan lain yang menyebutkan bahwa merefleksi pencapaian itu perlu. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Dengan merefleksi pencapaian kamu akan dimudahkan dalam melakukan introspeksi diri

Agar Gak Mudah Mengeluh, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Merefleksi Pencapaianunsplash.com/胡 卓亨

Setiap orang pasti ingin dirinya bisa lebih baik dari sebelumnya. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan banyak-banyak melakukan introspeksi diri. Introspeksi diri seperti itu bisa kamu lakukan pada saat merenung memikirkan tentang bagaimana perjalananmu hingga kini.

Hal itu terjadi karena kamu pasti beranggapan untuk tidak ingin kegagalan itu bisa terulang kembali. Cobalah tenang dan rileks, rasakan segala kebahagiaan maupun kekecewaan yang dirasakan selama ini agar kamu bisa mengetahui bagaimana langkah terbaik.

2. Merefleksi pencapaian dapat meminimalisir kegagalan yang sama terulang kembali 

Agar Gak Mudah Mengeluh, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Merefleksi Pencapaianunsplash.com/Zachary Nelson

Kamu pasti tidak ingin kegagalan yang sama bisa terulang lagi, bukan? Salah satu cara yang paling ampuh dan tidak banyak diketahui orang adalah dengan terbiasa merefleksi pencapaian. Pasti kamu akan memikirkan bagaimana proses kegagalan maupun keberhasilan yang telah terjadi pada saat itu.

sering merefleksi pencapaian akan membuatmu menjadi pribadi yang suka belajar dari kesalahan masa lalu. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah mulai membiasakan diri untuk selalu merefleksi semua perjalanan hidup. Hal tersebut akan membantumu dalam meminimalisir kegagalan yang pernah terjadi.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Menyerah, Kegagalan Bukanlah Akhir Kisah!

3. Mengetahui seberapa kuatnya dirimu dalam menjalani hidup  

Agar Gak Mudah Mengeluh, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Merefleksi Pencapaianunsplash.com/Eli DeFaria

Setiap orang pasti memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda dalam hal menjalani hidup. Ketika merefleksi pencapaian, kamu pasti akan memikirkan tentang dirimu sendiri secara menyeluruh. Mengetahui kekuatan hati sangatlah penting untuk keberlangsungan hidupmu.

Salah satu contohnya adalah ketika dihadapkan dalam suatu pilihan, kamu harus menentukan untuk berpikir secara idealis atau realistis. Orang yang realistis akan lebih diuntungkan karena mereka mengetahui kekuatan dirinya sendiri dan lebih cenderung mudah berhasil.

4. Mendorongmu untuk menjadi orang yang mudah mengikhlaskan sesuatu

Agar Gak Mudah Mengeluh, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Merefleksi Pencapaianunsplash.com/ernest brillo

Kegagalan demi kegagalan pasti kamu raih ketika berjuang dalam menggapai mimpi. Dengan kegagalan tersebut, kamu pasti akan terbiasa dalam merefleksi semua pencapaian. Kamu pasti akan bingung bagaimana usahamu itu bisa sia-sia begitu saja. Namun hal tersebut bisa saja membantumu untuk menjadi seseorang yang lebih ikhlas.

Dengan banyaknya pengalaman hidup yang telah dilewati, kamu pasti akan belajar bahwa keberhasilan atau kegagalan itu perihal momen. Kamu pasti percaya bahwa roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Hal tersebut akan membuatmu menjadi tidak terlalu berlebihan dalam menghadapi takdir.

5. Ingatlah bahwa kamu juga memiliki hak untuk bersedih

Agar Gak Mudah Mengeluh, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Merefleksi Pencapaianunsplash.com/bruce mars

Pasti akan ada banyak kesedihan ketika sedang merefleksi pencapaian. Namun banyak orang tidak setuju dengan kesedihan yang muncul tersebut karena dianggap sebagai racun untuk mematikan semangat perjuangan. Ingatlah bahwa semua orang pasti memiliki hak dalam mengekspresikan kesedihan.

Jangan termakan omongan orang lain yang dapat membuatmu tidak nyaman. Ingatlah bahwa tolak ukur kebahagiaan itu tidak ditentukan dari omongan orang lain terhadapmu. Kamu bisa menciptakan kebahagiaanmu sendiri meskipun berawal dari kesedihan. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk melakukan refleksi terhadap pencapaian.

Merefleksi pencapaian dapat membuatmu menjadi lebih tangguh dalam melakukan perjuangan. Berhentilah sejenak untuk melakukan refleksi terhadap setiap pencapaian karena kamu juga perlu istirahat.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Justru Butuh Kegagalan untuk Bisa Sukses

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya