Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Memerhatikan Situasi sebelum Mengambil Keputusan

Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan

Dalam mengambil sebuah keputusan, membaca situasi adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan begitu, kamu akan bisa mengetahui aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan sebelum keputusan itu diambil.

Lagi pula, setiap situasi yang terjadi tentunya bakal memberikan pengaruh besar terhadap ke depannya. Berikut beberapa alasan mengapa kamu wajib memerhatikan situasi sebelum mengambil keputusan.

1. Jika tidak dilakukan, kamu akan mendapatkan hal buruk

5 Alasan Kamu Wajib Memerhatikan Situasi sebelum Mengambil Keputusanilustrasi stres (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Percayalah bahwa kamu pasti akan mendapatkan hal buruk jika tidak memerhatikan situasi sebelum mengambil sebuah keputusan. Sebelumnya telah disinggung bahwa pada dasarnya sebuah keputusan akan dipengaruhi oleh keadaan di sekitarmu.

Maksudnya, situasi-situasi tertentu dapat menjadi penyebab apakah keputusanmu itu bakal berakhir baik atau tidak. Dengan kata lain, jika hal itu tidak dilakukan, kamu pasti bakal mendapatkan keburukan setelahnya.

2. Tanpa riset, keputusan yang kamu ambil hanya bersifat "gambling"

5 Alasan Kamu Wajib Memerhatikan Situasi sebelum Mengambil Keputusanilustrasi bersedih (pexels.com/Arina Krasnikova)

Boleh dibilang bahwa keputusan yang kamu ambil itu bersifat gambling jika tidak melalui riset terlebih dahulu. Gambling berarti spekulatif atau hanya menebak-nebak apakah keputusan tersebut bakal berakhir baik atau tidak.

Itu tentunya memberikanmu risiko yang lumayan tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan untuk gagal. Maka dari itu, mulai sekarang jangan pernah ragu untuk melakukan riset dengan cara melihat situasi di sekitar sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga: 5 Keputusan Bijak saat Keadaanmu Dikuasai Emosi Memuncak

3. Ada banyak hal yang bisa memberikan pengaruh terhadap keputusanmu

5 Alasan Kamu Wajib Memerhatikan Situasi sebelum Mengambil Keputusanilustrasi bekerja (pexels.com/Sam Lion)

Di awal sudah disebutkan bahwa segala aspek bisa memberikan pengaruh terhadap keberhasilan keputusanmu. Coba bayangkan jika hal itu sama sekali tidak dilakukan, lantas bagaimana kamu bisa mencapai keberhasilan?

Lagi pula, melihat situasi sekitar bukanlah sesuatu yang susah. Kamu hanya perlu ketelitian dan rasa empati agar bisa menilai apakah keputusan tersebut layak diambil atau tidak. Berani coba?

4. Itu dilakukan agar kamu bisa mencari solusi jika terjadi masalah untuk ke depannya

5 Alasan Kamu Wajib Memerhatikan Situasi sebelum Mengambil Keputusanilustrasi merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Nantinya kamu pasti akan menghadapi berbagai macam permasalahan yang berakar dari keputusanmu. Hal itu sejatinya wajar terjadi sebab sebuah keputusan pasti memiliki risikonya sendiri. Saat hal itu terjadi, kamu harus segera menyelesaikannya.

Maksudnya, kamu harus bisa mendapatkan solusi dengan segera agar tidak menyebabkan efek domino yang buruk untuk ke depannya. Salah satu cara untuk gampang mendapatkannya adalah dengan melihat situasi yang ada di sekitarmu.

5. Kamu bisa menghindari hal-hal yang dapat mengacaukan keputusanmu nanti

5 Alasan Kamu Wajib Memerhatikan Situasi sebelum Mengambil Keputusanilustrasi merenung (pexels.com/Liza Summer)

Selain solusi, kamu bisa mencari berbagai macam hal-hal yang dapat mengacaukan proses pengambilan keputusanmu jika mau melihat situasi terlebih dahulu. Hal ini tidak kalah pentingnya sebab juga punya andil besar.

Ketika hal-hal tersebut sudah dikantongi, nantinya kamu akan dengan mudah menghindarinya. Dengan begitu, keputusan yang kamu ambil pun bakal berjalan dengan sangat mulus.

Apakah kamu mendapatkan insight baru usai membaca kelima hal di atas? Mulai sekarang cobalah untuk terbiasa memerhatikan situasi sedetail apa pun agar keputusanmu bisa merujuk ke arah yang positif.

Baca Juga: 5 Tips Selamatkan Diri dari Pengambilan Keputusan yang Impulsif

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya