Comscore Tracker

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Kebanyakan Merenung

Sesuatu yang berlebihan itu gak baik!

Menurut sebagian orang, merenung merupakan salah satu kegiatan yang cukup bermanfaat untuk menenangkan diri. Namun ungatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidaklah baik. Terkadang kamu harus berpikir menggunakan sudut pandang yang berbeda demi kebaikan diri.

Ada beberapa hal negatif yang bisa kamu dapatkan jika kebanyakan merenung. Beberapa hal tersebut tentunya akan merugikan dirimu dan orang-orang di sekitarmu. Untuk oenjelasan lebih lanjut mengenai dampak buruk dari merenung yang dilakukan secara berlebihan, coba simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu akan rentan untuk teringat masa lalu

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Kebanyakan Merenungpexels/patti spissoto

Hampir semua orang yang ada di dunia ini pasti memiliki masa lalu, terutama dalam hal cinta. Ketika kebanyakan merenung, tidak menutup kemungkinan kamu akan rentan untuk kepikiran tentang masa lalu. Hal tersebut malah menimbulkan luka lama untuk bangkit lagi.

Cobalah untuk membuang jauh-jauh kebiasaan tersebut jika tak ingin mengingat lagi tentang dia. Alangkah baiknya kamu melakukan hal positif lain untuk meningkatkan kualitas diri agar tidak mudah makan hati.

2. Merenung hanya akan menimbulkan ketagihan

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Kebanyakan Merenungpexels.com/andrea piacquadio

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan pasti akan menimbulkan ketagihan. Jika kamu terus-terusan melakukan perenungan dan durasibya tak terkontrol, maka dapat dipastikan hal tersebut dapat menjadi kebiasaanmu dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu akan lebih banyak merenung daripada berbuat hal lain yang mungkin lebih bermanfaat. Tiada hari tanpa merenung dapat menjadi semboyan baru untukmu jika hal itu tak dapat terhindarkan. Oleh karena itu, berhentilah sebelum ketagihan.

3. Banyak waktu yang hanya terbuang sia-sia

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Kebanyakan Merenungpexels.com/ITS STRANGE

Satu-satunya dampak buruk yang secara gamblang terlihat dari berlebihan dalam merenung adalah waktumu akan terbuang sia-sia. Kamu hanya melakukan perenungan terhadap hidupmu tanpa dibarengi dengan aksi nyata. Maka dari itu, cobalah untuk berbenah agar hal tersebut tidak menjadi bumerang suatu saat nanti.

Sekali lagi ingatlah bahwa seiring berjalannya waktu usiamu akan terus bertambah. Lakukan hal-hal berkualitas yang dapat menunjang terealisasinya mimpi-mimpimu. Jangan buang-buang waktu hanya karena hal tersebut terlalu nyaman dilakukan.

Baca Juga: 5 Lagu Ini Bisa Jadi Teman Merenung Kala di Titik Terendah

4. Kamu akan lebih suka menyendiri daripada bersosialisasi

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Kebanyakan Merenungpexels.com/andrew neel

Semua orang pasti setuju bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Mau tidak mau kamu harus selalu bersosialisasi dengan orang di lingkungan sekitarmu agar bisa menjalani kehidupan sehari-hari tanpa disertai hambatan. 

Terlau sering merenung hanya akan menjadikanmu sebagai orang yang terbiasa menyendiri. Kamu akan merasa bodo amat dengan lingkungan sekitar karena tidak ada ketertarikan dalam dirimu. Oleh karena itu, cobalah membuka diri dan berhenti dari kebiasaan terlalu sering merenung.

5. Terlalu fokus dalam merenung, tak menutup kemungkinan kamu akan lupa dengan hal lain

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Kebanyakan Merenungpexels/Маша Реймерс

Tidak dapat disanggah bahwa setiap orang pasti memiliki tanggungan dalam hidupnya. Baik itu tentang pekerjaan ataupun semacamnya, semua itu wajib dilakukan supaya bisa tetap bertahan hidup. Ketika kebanyakan merenung, kamu hanya lebih terfokus pada satu titik itu saja.

Kegiatan-kegiatan lain akan kamu tinggalkan karena merenung telah membutakan mata batinmu. Alhasil, tanggung jawab yang seharusnya kamu pegang tersebut tidak berjalan dengan baik. Semuanya akan hancur dengan sendirinya, hanya tinggal menunggu waktu.

Itulah kelima alasan mengapa gak semestinya kamu kebanyakan merenung. Ingatlah bahwa semua hal yang dilakulan secara berlebihan itu tidak baik. Pikirkanlah dengan bijak ya!

Baca Juga: 5 Pesan Moral dari Film 12 Suicidal Teens, Bikin Kita Banyak Merenung

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya