Comscore Tracker

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Mengedepankan Gengsi

Jika kamu ingin bahagia, hiduplah dengan apa adanya

Semua orang pasti memiliki sikap gak pernah puas dan ingin memiliki segalanya. Namun jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan, maka dampak buruk pasti akan terjedi. Seseorang pasti akan lebih mementingkan pendapat orang lain terhadapnya daripada dirinya sendiri.

Hal itu dapat disebut dengan istilah "gengsi". Kamu pasti pernah sangat ingin dipuji orang lain terhadap pencapaian yang telah kamu raih. Hal itu sebenarnya tidak apa-apa dilakukan karena setiap perjuangan pasti butuh apresiasi. Namun jika dirimu terus-terusan mengikuti gengsi, hal itu malah menjadi bumerang untukmu suatu saat nanti. Jika gak percaya, simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu akan susah kaya

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Mengedepankan Gengsipexels.com/nathan cowley

Memiliki harta yang melimpah merupakan dambaan semua orang. Kekayaan akan didapatkan jika dirimu memiliki konsistensi dalam menabung. Tetapi kamu pasti setuju bahwa menyisakan uang untuk ditabung sangatlah susah. Balik lagi kepada sifat manusia yang selalu ingin memiliki segalanya.

Tetapi ada satu hal paling krusial yang dapat membuatmu menjadi susah kaya. Hal yang dimaksud adalah mengedepankan gengsi. Ketika kegengsian telah menguasai dirimu, maka kamu akan susah untuk menabung karena uang yang kamu hasilkan hanya digunakan untuk memenuhi hasrat ingin menjadi lebih dari orang lain.

2. Pada hakikatnya manusia memiliki sifat gak pernah puas

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Mengedepankan Gengsipexels.com/pixabay

Sebelumnya telah disebutkan bahwa pada hakikatnya manusia itu memiliki sifat tidak pernah puas. Hal itu bisa dibuktikan ketika dirimu memiliki sesuatu yang baru, namun ada salah satu produk yang lebih baru lagi keluar dan kamu ingin untuk memilikinya. Hal itu sebenarnya tidak bisa disalahkan selama gak merugikanmu.

Namun akan lebih baik jika kamu bisa bergaya sesuai isi dompetmu dan jangan mengikuti arus kehidupan orang lain yang gak sesuai dengan dirimu. Bersikaplah serealistis mungkin agar kamu bisa mengetahui bahwa uang itu begitu berharga karena sulit untuk mendapatkannya.

3. Membuatmu lalai dalam berjuang

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Mengedepankan Gengsipexels.com/hichem deghmoum

Setiap orang pasti memiliki tekad dalam dirinya untuk bisa sukses. Namun dalam meraih sebuah kesuksesan itu dibutuhkan sebuah usaha yang tidak main-main. Hal itu harus dilakukan karena banyak rintangan di depanmu yang bisa saja membuat rasa ingin menyerah muncul dalam diri.

Salah satu rintangan yang sangat bisa membunuh impianmu adalah mengikuti gengsi. Tidakkah kamu sadari jika dirimu mengikuti gengsi, semua tujuan hidup akan kabur dari pandanganmu. Dirimu pasti akan kehilangan fokus untuk meraih apa yang telah kamu rencanakan sejak awal.

Baca Juga: 8 Hal Ini Diinginkan Cowok dari Cewek, Tapi Mereka Gengsi Bilang

4. Selalu timbul rasa cemas yang berlebihan

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Mengedepankan Gengsipexels.com/kat jayne

Rasa cemas atau insecure itu pasti datang dari pikiran diri sendiri yang selalu buruk. Salah satu pikiran buruk akan kamu dapatkan jika dalam dirimu memiliki tekad untuk mengikuti gengsimu. Kamu akan merasa tidak tenang jika orang lain dalam segi style ataupun gaya hidup melebihi dirimu.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa memiliki tekad untuk selalu mengikuti gengsi pasti akan merugikanmu. Segala pikiran buruk itu akan menggerogoti ketenangan jiwamu. Ingatlah bahwa kamu hidup di dunia ini tujuannya adalah untuk bahagia. Cobalah untuk mengubah mindset bahwa hidup itu harus apa adanya dan jangan neko-neko.

5. Sumber dari segala penyakit hati

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Mengedepankan Gengsipexels.com/victoria borodinova

Selain rasa cemas yang berlebihan, menuruti gengsi akan menyebabkan sebuah penyakit hati. Semua orang pasti setuju bahwa memiliki penyakit hati merupakan sebuah hal buruk jika itu terlanjur menjadi prinsip hidup. Tidak hanya merugikan diri sendiri, orang lain di sekitarmu pasti juga akan terkena dampak buruknya.

Gengsi akan menimbulkan perasaan iri dan dengki yang dapat membuat hatimu selalu gak tenang. Kamu pasti akan berusaha untuk menjadi lebih baik daripada orang lain dengan apapun caranya. Oleh karena itu, kegengsian dalam diri merupakan salah satu penyebab dari sifat buruk di hati.

Itulah kelima alasan mengapa kamu tidak boleh mendahulukan gengsi. Hiduplah dengan apa adanya jika kamu ingin mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Baca Juga: Jangan Cuma Gengsi, Pikirkan 5 Hal sebelum Bikin Kartu Kredit!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya