Comscore Tracker

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Menjaga Lisan saat Mengobrol

Jangan asal nyeplos, ya!

Pada dasarnya, mengobrol dengan orang lain itu ada tata kramanya. Terkadang, tidak semua hal yang munckin kamu anggap benar itu harus diutarakan jika bisa menyinggung orang lain. Alhasil, kamu wajib banget menjaga lisan saat mengobrol.

Namun, tidak semua orang mampu melakukannya hanya karena ingin mengatakan segala hal secara seadanya. Jika kamu berpikiran semacam itu, cobalah untuk melepaskannya terlebih dahulu. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus menjaga lisan saat mengobrol. Simak pembahasannya baik-baik!

1. Setiap orang itu punya kekuatan hati yang berbeda-beda

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Menjaga Lisan saat Mengobrolilustrasi mengobrol (unsplash.com/Outcast India)

Kamu harus menyadari bahwa setiap orang itu memiliki kekuatan hati yang berbeda. Jika tidak bisa menjaga lisan, orang tersebut pasti akan merasa tersinggung karenamu. Dengan adanya hal tersebut, kamu harus belajar memposisikan diri menjadi orang lain.

Meskipun kamu termasuk manusia yang kuat, jangan anggap orang lain setara denganmu. Bisa saja mereka memiliki hati yang rapuh sehingga kamu harus memperlakukannya dengan cara berbeda.

2. Tidak semua orang bisa menerima perkataanmu yang menyakitkan

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Menjaga Lisan saat Mengobrolilustrasi mengobrol (unsplash.com/NONRESIDENT)

Ketika kamu menganggap apa yang keluar dari mulutmu benar, hal tersebut terkadang tidak sejalan dengan orang lain. Apalagi ketika kamu terbiasa berkata kasar di tongkrongan, ingatlah bahwa tidak semua orang mau menerimanya.

Terkadang, kamu harus menempatkan diri tergantung lingkungan sosial. Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah untuk lebih menjaga perkataanmu yang menyakitkan. Jika mau melakukannya, maka hubungan sosialmu akan menjadi baik-baik saja.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertua

3. Jika hidup di lingkungan sosial, kamu harus bisa menyesuaikan sikap

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Menjaga Lisan saat Mengobrolilustrasi mengobrol (unsplash.com/Priscilla du Preez)

Ingatlah bahwa kamu itu hidup di lingkungan yang dihuni berbagai macam orang. Kamu juga harus menyadari bahwa setiap orang itu memiliki pola pikir yang berbeda-beda. Dengan adanya hal tersebut, kamu harus bisa menyesuaikan sikap jika di setiap lingkungan sosial.

Salah satu caranya adalah dengan tidak memprkatikkan gaya bicaramu yang cenderung kasar di telinga orang awam. Hal tersebut harus diperhatikan agar mereka tidak merasa tersinggung sehingga lambat laun malah menjauhimu.

4. Setiap perkataan yang terlontar dari mulutmu itu harus dipertanggung jawabkan

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Menjaga Lisan saat Mengobrolilustrasi berdebat (unsplash.com/Cherrydeck)

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang harus bisa memegang omongannya sendiri. Maksudnya di sini adalah kamu wajib mempertanggung jawabkan terhadap apapun ucapan yang keluar dari mulutmu. Berangkat dari hal tersebut, kamu harus berhati-hati dalam mengucapkan sesuatu.

Jika salah satu ucapanmu menyinggung perasaan orang lain, maka hal tersebut pasti akan berdampak buruk. Maka dari itu, jagalah setiap ucapan yang kamu lontarkan karena terkadang orang lain bakal mencari celah untuk menyalahkanmu.

5. Apapun yang kamu katakan itu mencerminkan bagaimana dirimu

5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Menjaga Lisan saat Mengobrolilustrasi mengobrol (unsplash.com/Aarón Blanco Tejedor)

Terkadang, setiap perkataan yang dilontarkan oleh seseorang itu mencerminkan bagaimana dirinya. Hal semacam itu biasanya digunakan oleh seseorang untuk menilai lawan bicaranya. Jika kamu suka berkata kasar, maka orang lain pasti bakal menganggap sikapmu sejalan dengan perkataanmu.

Oleh karena itu, cobalah untuk belajar lebih bijak dalam mengatakan sesuatu. Jangan sampai orang lain menganggapmu buruk hanya karena lisanmu yang sering kelepasan. Hal tersebut tentunya bakal memberikan pengaruh besar terhadap jalan hidupmu ke depannya.

Kelima alasan di atas bisa menjadi acuanmu untuk lebih menjaga lisan saat mengobrol. Intinya, kamu gak boleh mengatakan sesuatu yang membuat orang lain tersinggung meskipun menurutmu itu benar. Mulai sekarang, cobalah untuk belajar lebih peka terhadap orang lain, ya!

Baca Juga: 5 Penyebab Sering Diacuhkan saat Ngobrol, Introspeksi, yuk!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya