Comscore Tracker

5 Alasan Membangun Habit Berbagi Itu Gak Perlu Nunggu Kaya

Sudahkah kamu berbagi kebaikan hari ini?

Pada dasarnya, setiap orang itu harus saling berbagi antar sesama. Hal ini merupakan wujud dari hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Kendati demikian, banyak orang yang enggan membangun kebiasaan atau habit berbagi ketika dirinya belum memiliki kekayaan.

Padahal, hal itu sejatinya hanyalah alasan untuk menunda dalam memiliki sikap baik dalam diri. Ada beberapa alasan masuk akal mengapa membangun habit berbagi dengan sesama itu gak perlu menunggu jadi orang kaya. Simak pembahasan berikut ini agar kamu bisa menemukan insight baru.

1. Ingatlah bahwa berbagi itu gak melulu soal uang

5 Alasan Membangun Habit Berbagi Itu Gak Perlu Nunggu Kayailustrasi berbuat baik (pexels.com/Ron Lach)

Jika kamu menganggap bahwa berbuat baik itu harus mengeluarkan uang, bisa dikatakan kalau pola pikirmu itu salah. Pada dasarnya, kamu bisa berbagi kebaikan dengan berbagai macam cara. Entah itu berbagi tenaga ataupun senyuman, kedua hal itu sama-sama dapat dibilang sebagai perbuatan baik.

Berangkat dari hal tersebut, boleh dibilang bahwa kamu gak harus kaya terlebih dahulu jika ingin memiliki habit berbagi. Cobalah untuk membagikan hal-hal baik yang masih berada di batas kemampuanmu. Dengan begitu, hal tersebut pasti akan membuatmu lebih dermawan.

2. Membangun habit berbagi itu lebih baik dilakukan sebelum menjadi orang kaya

5 Alasan Membangun Habit Berbagi Itu Gak Perlu Nunggu Kayailustrasi berbuat baik (pexels.com/Julia M Cameron)

Ingatlah bahwa tidak akan ada yang tahu kapan seseorang bakal meraih kesuksesan. Hal semacam ini wajib dijadikan acuan bahwa kamu gak perlu nunggu kaya untuk bisa memiliki habit berbagi. Maksudnya di sini adalah kamu harus segera membangun hal tersebut di dalam diri agar jika sudah punya banyak materi nanti, tidak ada yang perlu disesuaikan.

Sederhananya, nantinya jika sudah kaya kamu gak akan lupa untuk peduli dengan orang lain sebab hal tersebut sudah menjadi kebiasaanmu sejak belum punya apa-apa. Oleh karena itu, cobalah untuk bangun habit berbagi, sebab menunda perbuatan baik sangat tidak dianjurkan.

3. Jika nunggu kaya, hal itu bakal menjadi omong kosong belaka nantinya

5 Alasan Membangun Habit Berbagi Itu Gak Perlu Nunggu Kayailustrasi uang (pexels.com/Mikhail Nilov)

Percaya, deh, kalau kamu ingin tetap nunggu kaya dalam membangun habit berbagi, hal tersebut nantinya bakal jadi omong kosong doang. Hal ini terjadi sebab kamu sudah dibutakan oleh kekayaan yang melimpah. Alhasil, kamu akan berfokus pada mencari uang dan mencari cara untuk menikmatinya.

Untuk jaga-jaga agar hal buruk semacam itu terjadi, cobalah untuk membangun habit berbagi mulai dari sekarang. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak, kamu bisa membagikan beberapa lembar rupiah jika menemukan orang yang membutuhkan di jalanan.

Baca Juga: Jangan Julid, 5 Alasan Orang Suka Berbagi Hal di Media Sosial

4. Banyak orang yang butuh tangan baikmu untuk saat ini

5 Alasan Membangun Habit Berbagi Itu Gak Perlu Nunggu Kayailustrasi berbuat baik (pexels.com/RODNAE Productions)

Cobalah untuk menyadari bahwa di luar terdapat banyak orang yang membutuhkan tangan baikmu. Entah itu orang asing  yang berada di jalanan ataupun rekan terdekatmu ketika sedang berada dalam situasi sulit, kamu harus bisa membangun kepedulian kepada orang-orang seperti mereka.

Meskipun kamu belum memiliki ekonomi yang cukup mumpuni, hal semacam itu sebenarnya bisa diatasi jika punya niat baik. Intinya, cobalah untuk memupuk niat baik dan memberikan sebuah hal-hal kecil yang bermanfaat bagi orang-orang seperti mereka.

5. Tidak ada yang pernah tahu usiamu akan sampai kapan

5 Alasan Membangun Habit Berbagi Itu Gak Perlu Nunggu Kayailustrasi berbuat baik (pexels.com/Gustavo Fring)

Selain kesuksesan, kamu juga tidak akan tahu kapan dirimu bakal menghadapi kematian. Hal semacam ini wajib digarisbawahi sebab kematian merupakan sesuatu yang tidak bisa ditebak. Coba bayangkan jika kamu mati tapi belum merealisasikan niat baik, hal tersebut nantinya bakal menyisakan penyesalan.

Dengan adanya hal itu, coba untuk membangun habit berbagi kebaikan mulai dari sekarang. Kamu bisa memulainya dengan belajar untuk memupuk rasa empati terhadap sesama. Hal tersebut akan membantumu dalam merealisasikan niat baik di dalam hatimu yang sebelumnya masih tertutup.

Setelah membaca kelima alasan di atas, apakah kamu tetap yakin untuk menunggu jadi orang kaya terlebih dahulu dalam membangun habit berbagi? Pikirkan kembali dengan bijak sebab memiliki sikap dermawan gak akan menjadikanmu miskin.

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya