Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Mendengarkan Orang Lain untuk Urusan Cinta

Jangan tutup telinga, ya!

Cinta bakal membuat hidup seseorang terasa lengkap. Walaupun hal itu hanya melibatkan dua orang, kamu masih perlu mendengarkan saran orang lain. Tujuannya, agar kamu tidak gampang dimainkan oleh pasangan.

Kendati demikian, tidak semua orang mau melakukan hal tersebut. Terlebih, ketika sudah menggaet sang pujaan hati, ia bisa saja langsung tutup telinga. Berikut lima alasan kamu perlu mendengarkan orang lain jika menyangkut masalah percintaan.

1. Orang yang sedang jatuh cinta itu biasanya tidak rasional

5 Alasan Kamu Perlu Mendengarkan Orang Lain untuk Urusan Cintailustrasi pasangan (pexels.com/Tan Danh)

Tidak bisa dimungkiri bahwa orang yang sedang jatuh cinta itu biasanya sungguh gak rasional dalam berpikir. Hal semacam ini terjadi karena hatinya sudah tertutupi oleh rasa cinta secara totalitas.

Jadi, tidak ada ruang berpikir secara rasional yang tersedia. Dengan begitu, kamu membutuhkan bantuan orang lain agar tidak terjerumus terlalu jauh. Lagipula, mereka pasti akan mendengarkan keluh kesahmu.

2. Kamu perlu melihat sudut pandang orang lain agar tidak mudah dibodohi

5 Alasan Kamu Perlu Mendengarkan Orang Lain untuk Urusan Cintailustrasi mengobrol (pexels.com/Helena Lopes)

Sebelumnya sudah agak disinggung bahwa seseorang yang sedang jatuh cinta bakal gampang dibodohi. Hal itu terjadi sebab sikap irasional yang kamu miliki. Padahal, cinta itu masih perlu sikap rasional agar kamu bisa tetap mengerti diri sendiri.

Jangan gampang percaya dan omongan orang yang kamu cintai di awal-awal hubungan. Terkadang, kamu perlu mendengarkan sudut pandangan orang lain untuk mengomentari perilaku. Jika mereka merasa ada yang salah, kamu harus segera memperbaikinya.

Baca Juga: 5 Tanda Introvert Jatuh Cinta padamu, Bercerita Banyak Hal

3. Agar kamu tidak kehilangan pendirian

5 Alasan Kamu Perlu Mendengarkan Orang Lain untuk Urusan Cintailustrasi mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Supaya tidak kehilangan pendirian saat jatuh cinta, kamu wajib mendengarkan orang lain. Walaupun kritikannya terasa agak mengganggu di telingamu, itu terkadang perlu didengarkan. Rasa mengganggu itu muncul sebab kamu masih bertahan pada sikap denial.

Kamu menolak atas kesalahan yang sejatinya benar-benar telah dilakukan. Justru yang ada di pikiranmu hanyalah kebenaran atas sudut pandangan dalam mencintai orang lain. Kebenaran itu sejatinya belum tentu baik untukmu.

4. Tidak semua orang itu punya cinta yang tulus kepadamu

5 Alasan Kamu Perlu Mendengarkan Orang Lain untuk Urusan Cintailustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Kamu wajib berhati-hati kepada orang yang ada di dalam hatimu. Orang tersebut masih menjalin hubungan denganmu hanya seumur jagung. Jadi, bisa saja ia belum menunjukkan bagaimana sikap aslinya kepadamu.

Bisa saja ia bersikap baik di awal saja. Di akhir nanti, ia menunjukkan kebusukan yang tidak dapat kamu toleransi lagi. Intinya, kamu masih perlu advice dari orang lain dalam hal asmara agar tidak tenggelam di dalamnya.

5. Hal itu dilakukan agar kamu dijauhkan dari sikap tidak mencintai diri sendiri

5 Alasan Kamu Perlu Mendengarkan Orang Lain untuk Urusan Cintailustrasi mengobrol (pexels.com/RF._.studio)

Seseorang yang sudah mencintai orang lain biasanya akan melupakan diri sendiri. Artinya, ia tidak akan mencintai diri sendiri sebab semuanya sudah dipindahkan ke orang yang disayangi. Hal ini merupakan suatu kemunduran yang berdampak buruk.

Meskipun mencintai orang lain, kamu harus bisa mengerti batasannya. Jangan sampai kamu mencintainya secara buta. Nantinya, kamu pasti bakal dimanfaatkan oleh orang tersebut. Jika ada sosok sahabat di sampingmu yang kamu mintai pendapat, ia bakal menjauhkanmu dari sana.

Jangan tutup telinga terhadap sahabatmu jika soal cinta. Percayalah bahwa ia pasti bakal memberikan saran terbaik agar kamu tidak jatuh ke dalam jurang keburukan.

Baca Juga: 5 Macam Reaksi Seseorang Ketika Diberi Saran, Ada yang Marah!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya