Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Berdebat Itu Terkadang Diperlukan

Hayo ngaku, siapa di sini yang suka berdebat?

Dalam kehidupan sehari-hari, semua orang pasti tidak asing dengan perdebatan. Hal-hal kecil sekalipun bisa saja menjadi sebuah perdebatan jika tak ada kecocokan dalam hati. Banyak orang yang menganggap bahwa hal tersebut sangatlah buruk jika dilakukan.

Padahal ada beberapa dampak positif yang bisa didapatkan dengan berdebat. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat sebuah perdebatan, kamu bisa simak pembahasan berikut ini.

1. Menghindari dendam dalam hati

5 Alasan Mengapa Berdebat Itu Terkadang Diperlukanpexels.com/anastasiya gepp

Ketika ada perdebatan, semua orang pasti berpikiran bahwa ada terdapat ketidakcocokan di antara kedua belah pihak. Jika kamu dan teman adalah pelaku debat, jangan anggap hal itu buruk untuk hubunganmu dengannya.

Perdebatan yang telah usai akan menghasilkan solusi yang bisa disepakati bersama. Tujuan utama dari berdebat adalah mencari sebuah jalan keluar yang kedua belah pihak sama-sama cocok. Oleh karena itu, perasaan dendam tidak akan muncul karena telah bersepakat.

2. Menjaga hubungan baik sesama teman

5 Alasan Mengapa Berdebat Itu Terkadang Diperlukanpexels.com/mentatdgt

Sebuah hubungan pertemanan tidak akan bertambah lebih erat jika tidak dibumbui dengan adu argumen. Ingatlah bahwa setiap orang pasti memiliki sudut padnang masing-masing dalam melihat suatu isu dan tak bisa digeneralisir.

Perdebatan yang terjadi antara kamu dengan dia merupakan langkah baik untuk menambah kekuatan pertemanan kalian berdua. Kalian berdua pasti akan berusaha untuk mencari solusi bersama tanpa melukai perasaan satu sama lain. Dengan kebersamaan itulah dapat membuat hubungan tambah akrab.

3. Biar sama-sama intropeksi diri 

5 Alasan Mengapa Berdebat Itu Terkadang Diperlukanpexels.com/helena lopes

Setiap orang pasti ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan agar bisa menjauhkan kamu dari hal buruk adalah dengan intropeksi diri. Hal itu bisa didapatkan jika kamu dan teman memperdebatkan sesuatu yang belum pasti kebenarannya.

Kalian berdua pasti akan berusaha untuk mencari solusi yang disetujui oleh semuanya. Ingatlah bahwa di dunia ini tak ada manusia yang sempurna. Intropeksi diri akan kamu lakukan jika perdebatan itu bisa memecahkan sebuah kasus.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menjauhi Diri dari Konflik, Gak Melulu Berdebat

4. Agar kebenaran benar-benar terungkap

5 Alasan Mengapa Berdebat Itu Terkadang Diperlukanpexels/tirachard kumtanom

Mencari kebenaran yang sesungguhnya merupakan sebuah kewajiban. Kamu tidak bisa terus-terusan hidup di atas kekeliruan yang bisa saja menjadi bumerang kelak. Tujuan utama dari berdebat adalah mencari kebenaran yang sesungguhnya.

Tetapi ingatlah bahwa perdebatan yang kalian lakukan itu harus disertai dengan fakta yang sebenarnya. Jangan sekali-sekali melakukan debat kusir jika tidak ingin hubungan pertemananmu hancur karena ego masing-masing.

5. Menghindari hal buruk yang terjadi suatu saat nanti

5 Alasan Mengapa Berdebat Itu Terkadang Diperlukanpexels.com/cottonbro

Sebelumnya telah disebutkan bahwa sebuah perdebatan itu memiliki tujuan untuk mendapatkan solusi terbaik. Ketika kamu dan teman sedang dihadapkan dengan sebuah proyek pekerjaan, pastinya ada ketidakcocokan mengenai solusi yang akan di angkat.

Kalian berdua pasti akan memikirkan jalan keluar dengan cara memperdebatkan kekurangan dari pendapat masing-masing. Hal itu akan sangat bermanfaat karena kesalahan-kesalahan yang terjadi di masa depan akan terminimalisir. Proyekmu dengannya pasti akan berjalan dengan baik tanpa adanya kendala.

Itulah kelima alasan mengapa kamu perlu berdebat dengan teman jika ada sebuah ketidakcocokan. Berdebat boleh tetapi jangan lupa memakai etika, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pasangan Sering Berdebat, Artinya Saling Mencintai

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya