Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Realistis dalam Menjalani Hidup

Apakah kamu sudah bersikap realistis?

Tidak semua orang mampu bersikap realistis dalam menjalani hidup. Hal itu karena hakikatnay setiap manusia menginginkan sesuatu yang berlebih. Setiap orang pasti ingin menjadi yang terbaik di antara manusia lainnya. Kamu pasti merasakan hal demikian, bukan?

Jangan pernah terlena dengan idealisme semacam itu. Percayalah bahwa terkadang kamu perlu bersikap realistsis demi tercapainya berbagai macam hal baik. Jika kamu gak percaya bahwa hal tersebut sangat diperlukan, coba deh simak pembahasan di bawah ini, ya!

1. Ingatlah bahwa terkadang apa yang kamu harapkan tidak sesuai realita

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Realistis dalam Menjalani Hidupunsplash.com/sayo garcia

Cobalah untuk bersikap realistis bahwa tidak semua yang kamu harapkan itu bakal terealisasi. Semua harapan yang ada di dalam diri pasti akan mengecewakan nantinya. Jika kamu berharap terlalu jauh, percayalah bahwa hal tersebut pasti akan menyakitimu. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk bersikap lebih realistsis aja, ya!

2. Bersikap realistis akan meminimalisir rasa sakit saat kecewa

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Realistis dalam Menjalani Hidupunsplash.com/Pablo Merchán Montes

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bersikap realistis akan meminimalisir kekecewaan yang mungkin saha tercipta. Ketika mimpu gagal tercapai, kamu pasti akan merasakan kecewa yang cukup mendalam akibat mengharapkannya secara berlebihan. Hal tersebut tentunya akan memberikan pengaruh besar terhadap hidupmu.

Coba deh jika kamu mulai bersikap realistis, percayalah bahwa kekecewaan itu pasti hanya kecil intensitasnya. Hal itu terjadi karena kamu paham terkait segala sesuatu yang sejatinya gak akan sesuai realita.

3. Berharap secara berlebihan hanya akan membuatmu mudah terjatuh

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Realistis dalam Menjalani Hiduppexels.com/andrea piacquadio

Tidak ada orang yang ingin mendapatkan kegagalan. Namun pada kenyataannya seseorang tidak bisa menghindari hal buruk semacam itu. Percayalah bahwa berharal terlalu tinggi akan membuatmu mudah terjatuh lho! Kamu akan mudah ditampar oleh realita sehingga semangat untuk berjuang lagi pun hilang. Oleh karena itu, coba kesampingkan sikap terlalu idealis, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Target Hidupmu Harus yang Realistis & Bisa Diwujudkan

4. Kamu tidak akan menyia-nyiakan waktu untuk melakukan hal yang gak penting

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Realistis dalam Menjalani Hiduppexels.com/andrea piacquadio

Jika sudah terbiasa bersikap realistis, percayalah bahwa kamu akan sadar terkait efektivitas waktu. Kamu akan paham bahwa setiap detik waktu itu sangatlah berharga sehingga gak boleh disia-siakan. Kamu pasti akan berhenti melakukan hal-hal yang gak penting, khususnya berharap secara berlebih.

Percaya deh bahwa pemikiran seperti itu akan membuatmu mudah meraih kebahagiaan dalam menjalani hidup lho! Gak percaya? Coba buktikan sendiri aja deh, ya!

5. Kamu akan menjadi orang yang lebih bijaksana dalam mengambil keputusan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Realistis dalam Menjalani Hiduppexels.com/christina morillo

Apakah kamu sudah bisa bersikap bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan? Jika belum, kamu bisa mempelajarinya dengan terbiasa bersikap realitsis. Dengan bersikap realitsis, kamu pasti akan terbiasa melihat bagaimana dampak baik maupun buruk sehingga perencanaan yang matang.

Ketika rencana telah matang, percayalah bahwa langkah yang kamu ambil tidak akan mengecewakan. Kamu pasti akan mengetahui potensi yang bisa membuat persentase keberhasilanmu menjadi lebih besar.

Itulah guys kelima alasan logis mengapa kamu harus bersikap realistis dalam menjalani hidup. Jangan pernah mengharapkan sesuatu secara berlebihan karena hal tersebut akan sangat mengecewakan!

Baca Juga: 5 Alasan Realistis Tak Semua Orang Bisa Bekerja Sesuai Passionnya

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya