Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ingat Waktu Istirahat, Meski Lagi Berjuang

Jangan terlalu memaksakan diri untuk berjuang tanpa henti

Setiap orang pasti ingin mimpi-mimpinya dapat terealisasi. Tetapi untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan sebuah perjuangan dan pengorbanan yang cukup banyak. Lagipula akan ada banyak rintangan yang harus kamu hadapi dengan ketangguhan hati.

Dalam berjuang, terkadang kamu perlu meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Hal itu dilakukan agar rasa suntuk yang didapatkan ketika sedang berjuang dapat terminimalisir. Ada beberapa alasan lain yang menunjukkan bahwa kamu perlu meluangkan waktu istirahat. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Ingatlah bahwa kamu adalah manusia, bukan robot

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ingat Waktu Istirahat, Meski Lagi Berjuangunsplash.com/jens lindner

Satu prinsip yang harus menjadi patokan ketika berjuang yaitu bahwa kamu adalah manusia, bukan robot. Kamu pasti memiliki rasa lelah yang dapat membuat semangat dan stamina menjadi berkurang. Dengan adanya hal tersebut, kamu perlu istirahat untuk melakukan recovery.

Cobalah untuk lebih realistis dalam memperjuangkan sesuatu agar kamu tak mudah ditunggangi oleh ekspektasi berlebih. Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu mengedepankan self love  dalam berjuang agar tidak ada keburukan yang menaungi dirimu.

2. Istirahat sejenak dapat meminimalisir stres yang bisa muncul

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ingat Waktu Istirahat, Meski Lagi Berjuangunsplash.com/yoann boyer

Ketika memperjuangkan mimpi, kamu akan rentan untuk merasakan stres. Hal tersebut sebenarnya harus dapat dikelola dengan baik agar tidak malah memberikan dampak buruk bagi kehidupan sehari-harimu. Beristirahat sejenak adalah salah satu hal yang bisa dilakukan.

Ingatlah bahwa terkadang kamu harus tetap merasakan kenyamanan dalam berjuang. Lagipula rasa stres yang timbul juga dapat menghambat kinerjamu untuk merealisasikan semua mimpi. Maka dari itu mulai sekarang jangan pernah ragu untuk meluangkan waktu istirahat meskipun hanya sejenak.

3. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ingat Waktu Istirahat, Meski Lagi Berjuangunsplash.com/DESIGNECOLOGIS

Tidak dapat dimungkiri bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu akan berdampak buruk. Begitupula dalam memperjuangkan sesuatu, kamu harus melakukannya sesuai porsi agar tidak ada rasa lelah yang dapat mengancam kebahagiaan hidupmu.

Bukankah istirahat sejenak merupakan sebuah hal yang cukup membuat nyaman? Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu membuat diri sendiri nyaman agar tak ada tekanan yang berarti. Jangan pernah lupa untuk berjuang menggunakan rasionalitas.

Baca Juga: Mau Kerja Efektif? Ini Waktu yang Tepat untuk Istirahat

4. Beristirahat sejenak tidak akan menganggu jalan suksesmu

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ingat Waktu Istirahat, Meski Lagi Berjuangunsplash.com/jeremy perkins

Meskipun kelihatannya membuang-buang waktu, beristirahat sejenak ketika sedang berjuang sejatinya tak akan menganggu jalan suksesmu. Waktu istirahat sejenak tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah sandaran untuk menyokong stamina dan semangat agar tetap terjaga.

Hal itu perlu dilakukan agar pikiranmu tidak menjadi kalut sehingga tak ada hambatan berarti yang tiba-tiba muncul. Jangan pernah was-was untuk beristirahat sejenak karena hal tersebut akan membantumu dalam menjaga dorongan moral ketika berjuang.

5. Semangat dan tenagamu pasti akan penuh kembali jika beristirahat sejenak

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ingat Waktu Istirahat, Meski Lagi Berjuangunsplash.com/sunyu kim

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ketika memutuskan untuk beristirahat, semangat dan tenagamu pasti akan penuh kembali. Hal tersebut dapat membantumu dalam mengoptimalkan usaha pencapaian mimpi. Kamu akan lebih fokus dan teliti karena tidak ada rasa lelah yang membebani diri.

Cobalah untuk berlibur di suatu tempat yang dapat membuat pikiran dan semangatmu segar kembali. Buang semua beban yang harus dipikul ketika sedang beristirahat. Fokuslah pada usaha recovery semangat dan tenagamu agar semua mimpi bisa mudah terealisasi.

Tidak perlu ragu untuk memutuskan istirahat sejenak dari hiruk pikuk perjuangan yang cukup memberatkan. Ingatlah bahwa sejatinya dirimu adalah manusia yang memiliki rasa lelah.

Baca Juga: Jadi Sulit Istirahat, 5 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Sebelum Tidur

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya