Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Memang Tak Ada Kata Terlambat untuk Berbuat Baik

Berubah yuk!

Setiap orang memang diwajibkan untuk senantiasa berbuat baik kepada sesama. Hal itu dilakukan agar setiap orang bisa saling menguntungkan satu sama lain. Namun tidak sedikit orang yang tak pernah mau berbuat baik karena terjerumus dalam keburukan. Hal itu akan sangat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Jika saat ini kamu telah tersadar dan ingin memperbaiki diri, maka lakulanlah dengan bijak. Tak usah dengarkan perkataan orang lain yang menganggap bahwa kamu sudah telah untuk memperbaiki diri. Ada beberala alasan yang bisa menguatkanmu agar tak pernah menyerah untuk berbuat baik. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Ingatlah bahwa setiap orang itu tak bisa terlepas dari kesalahan

5 Alasan Mengapa Memang Tak Ada Kata Terlambat untuk Berbuat Baikunsplash.com/elijah hiett

Bisa dianalogikan bahwa manusia dengan "kesalahan" itu saling berkesinambungan. Pernahkan kamu mendengar sebuah kalimat yang mengatakan bahwa "manusia itu tempatnya salah"? Hal itu memang benar adanya dan dapat dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya hal tersebut, kamu tak lerlu minder untuk mulai berbuat baik meskipun orang lain menganggapmu terlambat. Ingatlah bahwa dia yang berkata buruk kepadamu itu dulunya juga pernah melakukan kesalahan. Tetaplah di jalan kebaikan dan tinggalkan hal-hal buruk.

2. Roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu

5 Alasan Mengapa Memang Tak Ada Kata Terlambat untuk Berbuat Baikunsplash.com/brooke cagle

Setiap orang pasti pernah merasakan berada di tingkatan paling rendah dalam hidupnya. Begitupula dirimu, kesalahanmu yang kemarin itu jadikan saja sebagai proses mendewasakan diri. Suatu saat nanti keadaan pasti berbalik karena tidak ada sesuatu yang tak terjadi di dunia.

Jangan pernah lelah dan mengeluh jika usahamu dalam memperbaiki diri itu cukup susah. Cobalah untuk berpikir maju dengan cara tak pernah mengungkit kesalahan masa lalu. Biarkanlah kenangan itu mengalir dengan sendirinya sampai kamu menemukan aura positif dalam diri.

3. Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa orang lain

5 Alasan Mengapa Memang Tak Ada Kata Terlambat untuk Berbuat Baikunsplash.com/duy pham

Semua orang yang ada di dunia ini pasti memiliki sikap untuk saling ketergantungan. Setiap orang pasti pernah merasakan kesusahan yang ada di dalam hidupnya. Dengan adanya hal tersebut, seseorang yang lebih mampu dianjurkan untuk menolongnya.

Maka dari itu alangkah lebih tepat jika kamu selalu berusaha keras dalam memperbaiki diri. Dunia ini membutuhkan orang-orang baik agar semua aspek yang membutuhkan bisa bertahan hidup. Cobalah untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan berburulah kebaikan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Balas Dendam Paling Superior adalah Berbuat Baik

4. Ingatlah bahwa hukum karma akan terus berlaku

5 Alasan Mengapa Memang Tak Ada Kata Terlambat untuk Berbuat Baikunsplash.com/ricardo mion

Apakah kamu percaya dengan adanya hukum karma? Meskipun di rasa cukup aneh dan tak masuk akal, tetapi hal tersebut senantiasa menghiasi kehidupan sehari-hari setiap orang. Karma itu sendiri memiliki sama arti dengan hukum timbal balik. Lebih lengkapnya adalah jika kamu melakukan hak baik, maka kebaikan yang akan didapat.

Oleh karena itu setiap orang yang ada di dunia ini memang dituntut untuk selalu berbuat baik. Percayalah bahwa semua hal tersebut pasti akan sangat membantumu jika sedang dilanda kesusahan. Cobalah untuk senantiasa "membaiki" orang lain jika ingin dibaiki.

5. Perasaanmu pasti akan lebih damai jika telah berbuat baik

5 Alasan Mengapa Memang Tak Ada Kata Terlambat untuk Berbuat Baikunsplash.com/fernando basil

Kedamaian dan kebahagiaan hidup itu tidak bisa dibeli dengan banyaknya harta. Namun hal tersebut bisa terjadi ketika seseorang bisa memanfaatkan kebaikan diri untuk membantu orang lain. Biasanya setelah berbuat baik, hati akan terasa tenang dan damai.

Hal tersebut dapat menjadi patokan bahwa kamu memang perlu untuk berbuat baik. Tak perlu diselimuti kemewahan maupun banyaknya harta, hatimu juga bisa adem jika selalu menyempatkan diri untuk membantu orang lain. Maka dari itu cobalah untuk selalu berbuat baik mulai dari sekarang.

Itulah kelima alasan mengapa memang tak ada kata terlambat untuk berbuat baik. Berubah mulai dari sekarang yuk!

Baca Juga: 5 Cara untuk Mengatasi Keraguan yang Muncul Saat Hendak Berbuat Baik

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya