Comscore Tracker

Gak Melulu ke Orang Lain, 5 Alasan Kamu Harus Menghargai Diri Sendiri

Bukan karena egois ya!

Pada hakikatnya setiap orang memang dituntut untuk selalu bisa menghargai dirinya sendiri. Namun tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut karena terjebak pada sikap terlalu baik kepada orang lain.

Tetapi ingatlah bahwa terlalu baik kepada orang juga bisa saja malah mendatangkan dapmak buruk. Oleh karena itu, mau tidak mau terkadang kamu juga harus menghargai diri sendiri melebihi apapun. Ada beberapa alasan logis mengapa hal tersebut wajib dilakukan. Berikut penjelasannya.

1. Ingatlah bahwa self-love adalah prioritas nomor satu

Gak Melulu ke Orang Lain, 5 Alasan Kamu Harus Menghargai Diri Sendiripexels.com/Maël BALLAND

Tidak dapat dimungkiri kebanyakan orang akan setuju bahwa menhargai diri sendiri adalah yang utama. Logikanya adalah ketika kamu gak bisa menghargai diri sendiri, lantas bagaimana caramu untuk melakukan hal tersebut kepada orang lain?

Oleh karena itu secara tidak langsung setiap orang dituntut untuk senantiasa menghargai dirinya melebihi apapun. Meskipun agak susah untuk dilakukan, cobalah untuk membiasakannya secara perlahan demi kebaikan diri sendiri.

2. Jika tidak menghargai diri sendiri kamu akan mudah ditindas

Gak Melulu ke Orang Lain, 5 Alasan Kamu Harus Menghargai Diri Sendiripexels.com/daniel reche

Salah satu dampak buruk yang akan didapat jika tidak menghargai diri sendiri adalah kamu bakal ditindas oleh orang lain. Hal itu karena kamu terlalu bersikap baik kepada orang lain tanpa memerhatikan diri sendiri.

Menghargai diri sendiri adalah hal yang sangat krusial dan wajib dilakukan dalam menjalani hidup. Apakah kamu rela jika dirimu terus-terusan ditindas? Oleh karena itu mulai sekarang jangan pernah lupa untuk menhargai diri sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Sederhana Kenapa Kamu Sulit Untuk Mencintai Diri Sendiri

3. Kamu akan dijauhkan dari kebiasaan approval junkie

Gak Melulu ke Orang Lain, 5 Alasan Kamu Harus Menghargai Diri Sendiripexels.com/Joanne Adela Low

Kebiasaan approval junkie dapat diartikan sebagai sebuah sikap di mana seseorang terlalu memaksakan diri dalam bersikap baik kepada orang lain hanya untuk sebuah pengakuan. Kamu akan terus-terusan mengalah demi mendapatkan simpati darinorang lain meskipun sebenarnya menurunkan harga diri.

Hal tersebut akan berdampak cukup buruk bagi diri sendiri. Maka dari itu alangkah lebih baik mulai sekarang cobalah untuk menghargai diri sendiri melebihi apapun. Jangan jadikan dirimu sebagai seseorang yang bersikap approval junkie. Ingatlah bahwa kamu berhak hidup damai tanpa dilandasi kepura-puraan.

4. Mimpi hidupmu pasti akan mudah tercapai

Gak Melulu ke Orang Lain, 5 Alasan Kamu Harus Menghargai Diri Sendiripexels.com/The Lazy Artist Gallery

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap perlu menghargai dirinya sendiri. Hal tersebut akan memberi banyak manfaat bagi keberlangsungan hidup. Salah satu contohnya adalah kamu akan mudah untuk menggapai semua mimpi hidup.

Hal itu karena kamu pasti akan lebuh fokus pada diri sendiri tanpa memerhatikan orang lain yang dapat menghambat proses tersebut. Percayalah bahwa jika kamu terbiasa menghargai diri sendiri maka nanti akan tercipta keberhasilan yanh sangat berharga.

5. Kamu pasti akan lebih tenang dan tentram dalam menjalani hidup

Gak Melulu ke Orang Lain, 5 Alasan Kamu Harus Menghargai Diri Sendiripexels.com/artem beliakin

Salah satu dampak yang cukup nampak jika selalu menghargai diri sendiri adalah kamu pasti akan lebih tenang dalam menjalani hidup. Hal itu bisa terjadi karena kamu pasti akan merasa bodo amat terkait kehidupan orang lain. Semua fokusmu pasti tertuju pada diri sendiri.

Pola pikirmu juga akan berubah yaitu perihal kebahagiaan diri sendiri adalah nomer satu. Kamu pasti akan melakukan apapun demi kedamaian batin. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk senantiasa menghargai diri sendiri.

Itulah kelima alasan mengapa kamu harus menghargai diri sendiri. Apakah kamu sudah melakukannya?

Baca Juga: 5 KDrama yang Mengajarkanmu untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya