Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Ngomong Seperlunya Saja. Gak Usah Bertele-tele!

Apakah kamu masih suka bertele-tele?

Bertele-tele merupakan sebuah istilah merujuk pada kebiasaan seseorang yang suka berbelit-belit dalam berbicara. Hal tersebut bukan membuat seseorang tampak pintar, namun malah sebaliknya. Apakah kamu termasuk orang yang suka bertele-tele?

Percayalah bahwa terkadang kamu perlu berbicara seperlunya saja sebabtidak semua orang menyukai kelakuanmu semacam itu. Ada beberapa alasan lain yang bisa menyadarkanmu agar tidak terlalu bertele-tele dalam berbicara. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Terlalu bertele-tele tidak akan membuatmu terlihat pintar

5 Alasan Kamu Harus Ngomong Seperlunya Saja. Gak Usah Bertele-tele!pexels.com/andrea piacquadio

Sebelumnya telah disebutkan bahwa tidak selamanya bicara dengan cara bertele-tele itu membuatmu terlihat pintar. Malahan orang yang benar-benar pintar itu cenderung berbicara seperlunya.

Mereka pasti membicarakan sesuai fakta dan berdasarkan batas kemampuan berpikirnya. Maka dari itu jika ingin dicap sebagai orang yang benar benar pintar, stop berbicara terlalu bertele-tele.

2. Orang akan menjauhimu jika kamu terlalu bertele-tele

5 Alasan Kamu Harus Ngomong Seperlunya Saja. Gak Usah Bertele-tele!pexels.com/julia larson

Percaya, deh kalau banyak orang yang tidak terlalu suka dengan seseorang yang senang berbelit-belit dalam berbicara. Hal tersebut karena mereka tidak nyaman sebab sikapmu semacam itu sangat susah untuk diajak berkomunikasi.

Yang kamu tekankah hanyalah kuantitas kata dalam berbicara, bukan kualitasnya. Alangkah lebih baik mulai sekarang cobalah untuk berbicara seperlunya saja tanpa melebih-lebihkan.

Baca Juga: 6 Tips Membangun Percakapan Agar Lawan Bicara Terkesan Padamu

3. Kamu akan susah menemukan titik inti dari omonganmu

5 Alasan Kamu Harus Ngomong Seperlunya Saja. Gak Usah Bertele-tele!pexels.com/mikhail nilov

Sadar gak, sih kalau pembicaraan yang terlalu bertele-tele akan membuatmu susah menemukan inti dari omonganmu? Hal tersebut tentunya malah akan membuatmu terlihat bodoh sebab semua yang kamu katakan itu sangat melenceng dari topik.

Tidak ada gunanya berbicara telrlau bertele-tele sebab kamu juga akan bingung dengan sendirinya. Perbaikilah caramu dalam berbicara agar orang lain bisa nyaman ketika berkomunikasi denganmu meskipun membicarakan topik apa pun.

4. Kamu akan dicap sebagai seseorang yang kurang tegas

5 Alasan Kamu Harus Ngomong Seperlunya Saja. Gak Usah Bertele-tele!pexels.com/KoolShooters

Sikap bertele-tele akan membuat seseorang terlihat kurang tegas dalam berbicara. Pembicaraan yang terus berputar-putar menjauhi inti akan membuatmu susah menentukan keputusan. Orang lain pasti akan menganggapmu tidak bisa mengambil langkah sebab penjelasan yang terlalu berbelit-belit. Alhasil, image-mu akan menjadi buruk di mata orang lain.

5. Banyak kebohongan yang akan terucap jika berbicara terlalu bertele-tele

5 Alasan Kamu Harus Ngomong Seperlunya Saja. Gak Usah Bertele-tele!pexels.com/gary barnes

Berbicara terlalu bertele-tele akan membuatmu mudah melebih-lebihkan omongan. Kamu pasti akan berusaha untuk terlihat paling vokal dengan cara yang salah. Kamu pasti akan mencari-cari perkataan yang cenderung mengarahkanmu pada kebohongan.

Hal tersebut pasti akan membuatmu terlihat bodoh dan orang lain bakal menjauhimu. Ingatalah bahwa terkadang kamu perlu berbicara sesuai fakta yang ada. Janganlah kamu malah melebih-lebihkan sebab gak ada orang yang suka dibohongi.

Mulai sekarang cobalah untuk belajar menata tiap perkataan yang terucap dari mulutmu. Ingatlah bahwa apa pun pembicaraan yang keluar dari mulutmu itu menentukan kualitas dirimu.

Baca Juga: 5 Sebab Gak Boleh Asal Bicara tentang Orang Lain, Memicu Konflik!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya