Comscore Tracker

5 Alasan Masuk Akal Kamu Gak Boleh Malas Bersosialisasi di Tempat Baru

Mulai berbaur, yuk!

Ketika berada di tempat baru, kamu wajib berusaha untuk mencoba bersosialisasi. Hal ini dilakukan agar kamu mudah beradaptasi di sana. Kendati demikian, tidak semua orang ditakdirkan punya kemampuan bersosialisasi yang oke.

Alhasil, bersosialisasi pun menjadi sebuah aktivitas yang malas untuk dilakukan. Nah, lima alasan berikut bisa jadi bahan renungan, mengapa kamu gak boleh malas untuk bersosialisasi di tempat baru.

1. Keberlangsungan hidupmu setiap hari tidak jauh dari mereka

5 Alasan Masuk Akal Kamu Gak Boleh Malas Bersosialisasi di Tempat Baruilustrasi mengobrol (pexels.com/cottonbro)

Orang-orang berada di tempat baru saat ini bakal sering berpapasan denganmu setiap hari. Jika kamu tidak bisa mengambil hatinya, maka hidupmu pasti akan hambar. Tidak ada teman mengobrol sebab belum kenal dengan mereka.

Jangan pernah merasa malas dalam bersosialisasi di tempat baru. Ingatlah bahwa sejatinya kamu adalah makhluk sosial yang harus senantiasa bersosialisasi. Dengan begitu, kehidupanmu sehari-hari menjadi tidak berat.

2. Hal itu dilakukan agar kamu tidak kesepian

5 Alasan Masuk Akal Kamu Gak Boleh Malas Bersosialisasi di Tempat Baruilustrasi mengobrol (pexels.com/cottonbro)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa orang-orang yang ada di tempat baru bakal menemanimu setiap hari. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu berada di kos baru. Ketika tidak ada kemauan untuk bersosialisasi, maka kamu bakal susah beradaptasi.

Kamu pasti tidak kenal dengan tetangga-tetangga kosmu sehingga hal tersebut membuatmu terus-terusan mengurung diri di kamar. Cobalah mulai sekarang ajak ngobrol tetangga kosmu ketika berpapasan.

Baca Juga: 5 Kiat Jaga Kemampuan Bersosialisasi buat Kamu yang Pemalu

3. Menambah teman baru bukanlah sesuatu yang buruk

5 Alasan Masuk Akal Kamu Gak Boleh Malas Bersosialisasi di Tempat Baruilustrasi mengobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kamu harus senantiasa mengingat bahwa menambah teman baru bukanlah sesuatu yang buruk. Terkadang, kamu perlu memahami perihal konsep manusia sebagai makhluk sosial. Kamu diharuskan untuk senantiasa menambah relasi.

Apalagi ketika berada di tempat baru, mau tidak mau kamu harus berusaha bersosialisasi. Hal itu nantinya malah akan menambah banyak sesuatu yang positif untuk hidupmu. Ketika sedang menghadapi masalah, mereka bakal membantumu.

4. Jika bukan kamu yang memulai, orang lain gak bakal mau mengobrol denganmu

5 Alasan Masuk Akal Kamu Gak Boleh Malas Bersosialisasi di Tempat Baruilustrasi mengobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Terkadang, tidak semua orang memiliki keinginan untuk mengajak ngobrol terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena pola pikir mereka yang cenderung ingin hidup sendiri tanpa mencampuri urusan orang lain.

Itu sebenarnya sesuatu yang tak bisa dibenarkan sebab kamu masih perlu orang lain untuk hidup. Lagi pula, jika bukan kamu yang memulai obrolan, lantas siapa lagi? Tidak usah malu untuk melakukannya sebab itu demi kebaikanmu sendiri.

5. Kamu harus benar-benar merasa nyaman di tempat tersebut

5 Alasan Masuk Akal Kamu Gak Boleh Malas Bersosialisasi di Tempat Baruilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Terakhir, kamu harus senantiasa mengingat bahwa tempat barumu harus dibuat senyaman mungkin. Hal seperti ini dilakukan agar kamu bisa melewati hari-hari dengan nyaman. Jika sudah beradaptasi, kamu pun gak akan kesusahan untuk melakoninya.

Kenyamanan itu bisa didapatkan jika kamu rajin bersosialisasi. Orang-orang yang sebelumnya tampak asing pasti akan menjadi temanmu. Mereka juga akan merasa senang ketika memiliki sosok teman baru.

Setelah membaca kelima alasan di atas, apakah kamu masih ingin tetap malas untuk bersosialisasi? Jadilah sosok yang lebih terbuka agar kamu gampang beradaptasi di tempat baru.

Baca Juga: 5 Pemikiran Buruk yang Membuatmu Kesulitan Bersosialisasi

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya