Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Menyempatkan 'Healing' di Sela Kesibukan

Jangan lupa istirahat, ya!

Boleh dibilang bahwa healing merupakan sebuah hal yang sering didengar akhir-akhir ini. Secara harfiah, healing artinya sama dengan upaya untuk mengembalikan ketenangan pikiran setelah melakukan kegiatan terlalu banyak. Biasanya, banyak orang melakukan hal tersebut saat merasa suntuk oleh pekerjaannya.

Kendati demikian, banyak yang enggan melakukan hal semacam itu dengan alasan hanya membuang-buang uang. Pola pikir semacam itu harus dihilangkan sebab sejatinya healing sangat diperlukan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus healing di sela-sela kesibukan. Simak pembahasannya berikut ini.

1. Produktivitas memang wajib dijaga, begitupula dengan kesehatan mentalmu

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Menyempatkan 'Healing' di Sela Kesibukanilustrasi berbelanja (pexels.com/Gustavo Fring)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa healing bisa membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang. Memang sih, hal tersebut biasanya identik dengan rasa malas jika dilakukan terlalu sering. Namun, kamu wajib menjaga tuas kendali agar hal tersebut tetap terjaga.

Dengan kata lain, kamu harus tetap menjaga integritasmu dalam bekerja tanpa melupakan hal tersebut. Ingatlah bahwa pada dasarnya kesehatan mentalmu itu penting.

Jangan sampai kamu mengorbankan hal tersebut hanya karena terlalu produktif. Hal itu biasanya disebut dengan toxic productivity.

2. Terlalu berlebihan dalam bekerja akan membuat gampang stres

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Menyempatkan 'Healing' di Sela Kesibukanilustrasi menangis (pexels.com/Ivan Samkov)

Setiap orang memang dituntut untuk lebih giat dalam bekerja. Namun, kamu tetap harus memerhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka lambat laun kamu akan menjadi seseorang yang gampang stres.

Alhasil, kamu juga akan dijauhkan dari yang namanya ketenangan hidup. Oleh karena itu, cobalah untuk menyempatkan waktu untuk healing selagi masih diberi kesempatan. Lakukan hal tersebut secara maksimal agar kamu tidak gampang stres.

Baca Juga: Pengertian Self-Healing dan Cara Melakukannya dengan Benar

3. Healing bisa membuat pikiranmu menjadi lebih encer

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Menyempatkan 'Healing' di Sela Kesibukanilustrasi penulis (pexels.com/Vlada Karpovich)

Dalam bekerja, setiap orang harus bisa berpikir kreatif dan inovatif agar performanya tetap terjaga. Hal semacam itu tidak akan didapat jika kamu terlalu sering stres. Terkadang, pikiran kreatif tersebut bisa muncul saat kamu sudah bisa mengendalikan diri sendiri.

Dengan kata lain, kamu wajib menyempatkan waktu untuk healing walaupun hanya sedikit. Percayalah bahwa hal tersebut pasti akan membantumu dalam meningkatkan produktivitas sebab otakmu bakal encer. Coba melakukannya sekali saja, deh.

4. Tidak hanya pikiran, fisikmu juga akan lebih lega jika melakukan healing

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Menyempatkan 'Healing' di Sela Kesibukanilustrasi merenung (unsplash.com/Japhin John)

Jika sering bekerja tanpa beristirahat, seseorang akan mudah stres serta gampang lelah fisiknya. Untuk memanipulasi hal tersebut, kamu wajib melakukan healing meskipun itu hanya sebentar. Tidak hanya pikiran, kondisi fisikmu pasti akan ikut ter-recovery.

Cobalah untuk melakukan short-escape ke luar kota agar kamu bisa menenangkan pikiran. Setelah semuanya kembali normal, percayalah bahwa pikiran serta ragamu akan menjadi bugar. Lakukan hal tersebut jika kamu merasa sudah lelah terhadap tanggung jawab yang ada di pundakmu.

5. Healing itu gak baka menguras dompetmu jika mau melakukannya dengan bijak

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Menyempatkan 'Healing' di Sela Kesibukanilustrasi merantau (unsplash.com/Anete Lūsiņa)

Di awal sudah disebutkan bahwa banyak orang yang enggan healing sebab hal tersebut identik dengan perilaku boros. Jika dilihat secara lebih lanjut, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang ketika kemampuan manajemen keuanganmu baik.

Maksudnya di sini adalah kamu juga harus memiliki tuas kendali agar tidak berlebihan dalam melakukan healing. Meskipun susah, cobalah untuk mengajak partner yang bisa menemanimu sekaligus menjadi pengingatmu. Hal tersebut pasti akan lebih efektif jika kamu memutuskan untuk healing secara low-budget.

 

Sempatkanlah untuk melakukan healing sebab kamu memiliki kapasitas fisik serta batin yang terbatas. Lakukan hal tersebut sebagai sarana untuk memulihkan rasa lelah yang menyerang dirimu.

Baca Juga: Menenangkan Jiwa, 5 Alasannya Kenapa Kamu Membutuhkan Self Healing

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya