Comscore Tracker

Bangunlah 5 Pola Pikir Ini agar Kamu Dijauhkan dari Sikap Gak Enakan

#IDNTimesLife Apakah kamu masih sering merasa gak enakan?

Banyak orang yang terjebak dalam rasa gak enakan hanya karena gak tega. Namun hal tersebut tentunya akan memberikan dampak buruk terhadap diri sendiri jika dilakukan secara berlebihan. Mau gak mau sikap gak enakan harus segera dihilangkan demi kebahagiaan diri sendiri.

Untuk menanggalkan kebiasaan tersebut memang membutuhkan usaha yang cukup keras. Namun ada beberapa hal efektif yang bisa dilakukan agar sikap gak enakan bisa hilang seketika. Cobalah untuk membangun lima pola pikir di bawah ini agar kamu tidak berlebihan dalam berbuat baik.

1. Mencintai diri sendiri lebih dari apa pun adalah sebuah keharusan

Bangunlah 5 Pola Pikir Ini agar Kamu Dijauhkan dari Sikap Gak Enakanunsplash.com/Brooke Cagle

Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang perlu mencintai dirinya sendiri melebihi apa pun agar gak mudah dibodohi. Hal itu juga akan mendorongmu untuk menghilangkan kebiasaan gak enakan dari dalam diri. Namun memang mencintai diri sendiri itu gak semudah yang diucapkan.

Kamu harus mau membiasakannya agar tidak lagi ditindas oleh orang lain. Percayalah bahwa sikap gak enakan yang ada di dalam diri itu memerlukan dorongan kuat untuk bisa menghilang. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri karena hal tersebut akan membahagiakan.

2. Gak memaksa semua orang untuk menganggapmu baik

Bangunlah 5 Pola Pikir Ini agar Kamu Dijauhkan dari Sikap Gak Enakanunsplash.com/Caleb George

Kamu pasti pernah berpikiran untuk membuat orang lain menganggapmu baik, kan? Hal itu sebenarnya merupakan salah satu penyebab sikap gak enakan bisa muncul. Saat kamu menginginkan hal itu, pasti akan ada dorongan dalam diri untuk membuat semua orang terkesan dengan cara mudah memberikan bantuan.

Mulai sekarang cobalah untuk lebih bijaksana terhadap kebaikan diri sendiri. Percayalah bahwa gak semua orang akan menganggap baik dirimu. Pasti ada satu atau dua orang yang senang mencari kesalahanmu meskipun banyak hal baik di dalam dirimu.

3. Berpikirlah bahwa mengesampingkan kepentingan pribadi itu akan menyengsarakan

Bangunlah 5 Pola Pikir Ini agar Kamu Dijauhkan dari Sikap Gak Enakanunsplash.com/Larm Rmah

Cobalah untuk berpikir bahwa mengesampingkan kepentingan pribadi merupakan sebuah hal yang cukup menyengsarakan. Hal itu karena kamu gak bisa menyelesaikan semua tanggung jawabmu dengan baik hanya karena terlalu sibuk membantu orang lain.

Dengan adanya hal tersebut, semua tanggung jawab tersebut pasti akan menjadi beban di kemudian hari karena banyak menumpuk. Coba deh utamakan kebahagiaan diri sendiri daripada membantu orang lain secara berlebihan.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Sifat Plin-plan dan Ragu-ragu, Kamu Bisa Lebih Tegas!

4. Memberanikan diri untuk menolak permintaan tolong saat sedang sibuk

Bangunlah 5 Pola Pikir Ini agar Kamu Dijauhkan dari Sikap Gak Enakanunsplash.com/Yuvraj Singh

Salah satu bentuk dari sikap gak enakan adalah susahnya mengucap penolakan ketika dimintai tolong. Hal itu memang harus diubah karena kuncinya tentu ada di sana. Jangan ragu untuk melakukan hal tersebut demi kebahagiaan diri sendiri. Jangan hiraukan perasaan orang lain karena kamu juga memiliki hati yang harus dijaga.

Gak ada ruginya untuk lebih tegas terhadap diri sendiri dengan mengucap kata "tidak" jika memang sedang sibuk. Percayalah bahwa hal tersebut akan menjauhkanmu dari yang namanya dimanfaatkan akibat terlalu berbuat baik.

5. Berpikirlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik

Bangunlah 5 Pola Pikir Ini agar Kamu Dijauhkan dari Sikap Gak Enakanunsplash.com/Allef Vinicius

Agar sikap gak enakan bisa hilang, cobalah untuk berpikiran bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itku tidak baik. Begitu pula dalam membantu seseorang, pasti ada batasan yang tidak bisa kamu lewati demi kebahagiaan diri sendiri.

Membantu orang lain secara berlebihan hanya akan membuatmu mudah dimanfaatkan. Orang lain pasti akan menganggapmu sebagai manusia baik yang tidak tega menolak jika dimintai tolong. Gak salah kok kalau mulai sekarang berpikir secara realistis demi kehidupan yang lebih baik.

Itulah kelima pola pikir yang harus dibangun agar kamu bisa dijauhkan dari sikap gak enakan. Jangan mudah menyetujui permintaan tolong dari orang lain jika kamu memang benar-benar sibuk. Ingatlah bahwa kamu juga memiliki kehidupan pribadi yang gak kalah beratnya!

Baca Juga: 5 Akibat kalau Kamu Susah Tegas, Belajar Mulai Sekarang Yuk! 

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya