Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Bantu Mengatasi Rasa Kurang Percaya Dirimu

Jangan minder ya!

Tidak sedikit orang memiliki rasa minder yang begitu tinggi. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak terbiasa untuk bersosialisasi dengan orang lain dan cenderung menutup diri. Hal itu memiliki dampak buruk jika kamu terus-terusan bertahan pada kondisi demikian.

Mau tidak mau kamu harus bisa berubah demi hidupmu yang lebih cemerlang. Ada beberapa cara yang sangat ampuh agar kamu bisa terlepas dari rasa kurang percaya diri. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, coba simak pembahasannya berikut ini.

1. Menambah perbendaharaan kata agar mudah berargumen

5 Hal yang Akan Bantu Mengatasi Rasa Kurang Percaya Dirimupexels.com/andrea piacquadio

Rasa kurang percaya diri biasanya timbul karena masih belum mahir dalam mengolah kata. Oleh karena itu, kamu harus bisa meningkatkan perbendaharaan kata dengan cara banyak membaca buku. Rasa minder ketika mengobrol dengan orang lain pasti akan hilang dengan sendirinya.

Hal itu terjadi karena kamu telah bisa merangkai kata secara spontan dan lugas. Kamu tidak perlu bingung terhadao perkataan apa yang akan kamu lontarkan dalam bersosialisasi. Maka dari itu, mulailah banyak membaca buku dari sekarang.

2. Senantiasa membiasakan diri untuk menjadi pencerita daripada pendengar

5 Hal yang Akan Bantu Mengatasi Rasa Kurang Percaya Dirimupexels.com/christina morillo

Jika dalam tongkrongan kamu hanya menjadi seorang pendengar, maka cobalah unntuk berani berubah jadi pencerita. Hal tersebut akan sangat membantumu dalam meningkatkan kepercayaan diri ketika berbicara di depan umum.

Jadikanlah hal tersebut sebagai sarana latihan untuk mengembangkan diri. Lagipula, semua temanmu pasti tidak akan segan-segan untuk mendengarkan semua cerita yang telah kamu alami sendiri.

3. Tidak pernah ragu untuk menyapa orang lain terlebih dahulu

5 Hal yang Akan Bantu Mengatasi Rasa Kurang Percaya Dirimupexels.com/pille kirsi

Terkadang banyak orang yang cenderung gengsi untuk menyapa terlebih dahulu ketika vertemu temannya di jalan. Jika kamu adalah tipe orang yang seperti itu, maka cepat-cepatlah berbenah. Sekadar menyapa pasti akan membantunu dalam meningkatkan kepercayaan diri.

Hal itu karena kamu telah terbiasa memulai sebuah perbincangan dengan orang lain. Oleh karena itu mulai saat ini buanglah rasa gengsi atau ragu-ragu jika bertemu teman di jalan. Mereka pasti juga akan menghargai tingkah baikmu itu.

Baca Juga: Agar Percaya Diri, Ingat 5 Nasihat Ini Ketika Sedang Bercermin

4. Berteman dengan semua orang dari berbagai latar belakang

5 Hal yang Akan Bantu Mengatasi Rasa Kurang Percaya Dirimupexels.com/mentatdgt

Semua orang pasti setuju bahwa manudia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Hal tersebut dapat menjadi acuanmu untuk berteman dengan semua orang tanpa terkecuali. Jangan pernah pilih-pilih dalam berteman karena hal itu kurang dianjurkan.

Jika memiliki teman dari berbagai latar balakang, kamu pasti bisa belajar tentang kebiasaan yang mereka miliki. Dengan pelajaran tersebut, kamu pasti akan tahu ciri khas dari setiap orang. Percayalah bahwa rasa minder pasti akan hilang dengan sendirinya.

5. Percaya sepenuhnya kepada kemampuan yang dimiliki

5 Hal yang Akan Bantu Mengatasi Rasa Kurang Percaya Dirimupexels.com/kelvin valerio

Kepercayaan diri biasanya selalu dikaitkan dengan kemampuan yang dimiliki. Jika kamu menganggap bahwa dirimu lebih rendah dibandingkan orang lain, kepercayaan dirimu pasti akan ikut rendah pula. Kamu harus bisa percaya terhadap kemampuan sendiri.

Ingatlah bahwa setiap orang itu pati memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, percayalah kepada dirimu sendiri bahwa kamu mampu melewati semuanya dengan baik. Jangan dengarkan orang lain yang menganggap remeh dirimu.

Itulah kelima hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sikap kurang percaya diri. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Gak Perlu Insecure, 5 Tips Percaya Diri Saat Karier Pasangan Naik

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya