Comscore Tracker

Meskipun Susah, Ini 5 Cara Agar Bisa Menerima Pahitnya Kenyataan Hidup

Apakah kamu sudah bisa menerima pahitnya kenyataan?

Ketika menghadapi pahitnya kehidupan, kamu pasti akan merasa bahwa semuanya terasa sulit. Hal tersebut memang tidak bisa dihindari sebab pada dasarnya roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Dengan adanya hal itu, kamu harus menyiapkan untuk terbiasa menerima kenyataan hidup yang pahit.

Apakah kamu sudah memiliki kemampuam semacam itu? Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membantumu untuk menerima pahitnya kehidupan. Hal itu dilakukan agar kamu tidak mudah menyerah dengan keadaan yang ada. Penasaran bagaimana saja caranya? Simak pembahasan berikut ini.

1. Jangan menempatkan ekspektasi yang terlalu tinggi

Meskipun Susah, Ini 5 Cara Agar Bisa Menerima Pahitnya Kenyataan Hidupilustrasi merenung (unsplash.com/ABDULLA M)

Agar bisa menerima pahitnya kenyataan hidup, kamu perlu menurunkan ekspektasimu yang tinggi. Terkadang, kenyataan hidup yang pahit itu bersumber dari keinginan-keinginanmu di luar nalar. Alhasil, hal tersebut pasti akan membuatmu rentan terjatuh.

Sebelum terlambat, cobalah untuk menyesuaikan semua ekspektasi dengan kemampuan yang kamu punya saat ini. Jangan terlalu memaksakan diri untuk meraih sesuatu yang mustahil agar kamu bisa mudah menerima semua realita.

2. Cobalah untuk menyadari dan menerima kondisi sulit seperti sekarang ini

Meskipun Susah, Ini 5 Cara Agar Bisa Menerima Pahitnya Kenyataan Hidupilustrasi merenung (unsplash.com/Dylan Ferreira)

Selain menurunkan ekspektasi, kamu juga perlu menyadari terahdap apa yang terjadi saat ini. Terkadang, hal tersebut pasti akan sangat membantumu untuk melihat bagaimana realita yang ada. Hal itu akan menghilangkan rasa kecewamu yang menggebu-gebu.

Meskipun susah, cobalah untuk menyadari bahwa segala sesuatu yang kamu harapkan tidak sesuai ekspektasi. Jika sudah membiasakan diri untuk melakukan hal semacam itu, maka kamu pasti akan mudah melewati kehidupan yang terasa sulit.

3. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri terhadap keadaan sulit yang terjadi

Meskipun Susah, Ini 5 Cara Agar Bisa Menerima Pahitnya Kenyataan Hidupilustrasi merenung (unsplash.com/Andre Hunter)

Hal yang gak boleh dilakukan jika hidupmu pahit adalah menyalahkan diri sendiri. Biasanya, seseorang akan cenderung melakukan hal tersebut karena tidak memiliki sesuatu untuk disalahkan. Apakah kamu pernah menyalahkan diri sendiri saat situasi tersebut terjadi?

Jika iya, cobalah untuk berusaha menghentikannya. Ingatlah bahwa ada banyak faktor yang membuat ekspektasimu tidak terlaksana. Oleh karena itu, mulai sekarang alangkah lebih baik jika kamu menghargai diri sendiri daripada menyalahkan keadaan yang ada.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Takut Menghadapi Kenyataan, walau Pahit!

4. Cobalah untuk menghindari kebiasaan mengeluh

Meskipun Susah, Ini 5 Cara Agar Bisa Menerima Pahitnya Kenyataan Hidupilustrasi merenung (unsplash.com/JD Mason)

Ketika menghadapi kenyataan hidup, kamu pasti terdorong untuk mengeluh. Hal tersebut biasanya terjadi tanpa kamu sadari. Namun, ingatlah bahwa mengeluh merupakan sebuah hal yang hanya akan membuatmu berhenti melakukan usaha untuk keluar dari permasalahan tersebut, lho!

Hal tersebut juga akan membuat waktumu terbuang sia-sia. Daripada mengeluh, alangkah lebih baik jika kamu fokus terhadap apa yang harus dihadapi. Dengan melakukan hal semacam itu, kamu pasti akan merasa gampang menghadapi kenyataan hidup yang pahit.

5. Selalu mengingat bahwa kamu masih tetap bisa hidup meskipun keinginan tak tercapai

Meskipun Susah, Ini 5 Cara Agar Bisa Menerima Pahitnya Kenyataan Hidupilustrasi merenung (unsplash.com/Andre Hunter)

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa gagal merealisasikan ekspektasi itu gak akan membuat hidupmu berhenti. Percayalah bahwa kamu masih bisa hidup meskipun keinginan yang ada dalam harapanmu malah berakhir pahit.

Alangkah lebih baik jika kamu mulai bersyukur terhadap apa yang terjadi. Tidak apa-apa jika saat ini kamu menderita kegagalan. Senantiasa mengingat bahwa roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, tetaplah bersemangat meskipun kenyataan hidup yang kamu hadapi terasa pahit.

Jika kenyataan hidupmu cenderung pahit, cobalah untuk menghadapinya dengan bijaksana. Buanglah berbagai macam kebiasaan negatif yang bisa membuat keadaan bertambah buruk. Yuk, praktikkan kelima hal di atas!

Baca Juga: 5 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Terima Meskipun Menyakitkan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya